logoblog

Cari

Kampung Nelayan Tingkatkan Kunjungan Wisata

Kampung Nelayan Tingkatkan Kunjungan Wisata

Pada tahun 2018, Madani Consulting bekerjasama dengan LPPM Universitas Mataram bersama dengan ITDC melakukan study dan penelitian Feasibility Study dan Masterplan

Wisata Alam

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
23 Januari, 2019 16:48:53
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 1122 Kali

Pada tahun 2018, Madani Consulting bekerjasama dengan LPPM Universitas Mataram bersama dengan ITDC melakukan study dan penelitian Feasibility Study dan Masterplan Pengembangan Kawasan Kampung Nelayan menjadi Kampung Bahari Pantai Kuta di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Kabupaten Lombok Tengah.

Sebagai bagian dari KEK Mandalika, dalam pengembangan pariwisata kawasan pantai, akan dibangun pemukiman atau Kampung Nelayan pantai Kuta khususnya di sebelah barat kawasan harus terintegrasi dengan rencana pengembangan kawasan wisata secara luas yang akan menjadi salah satu destinasi wisata baru.

Pengembangan perumahan dan permukiman Nelayan pantai Kuta tidak dilandasi hanya pembangunan fisik, melainkan harus dikaitkan dengan dimensi sosial, ekonomi dan budaya yang mendukung kehidupan masyarakat secara berkelanjutan.

Sehingga harapannya kawasan nelayan akan menjadi bagian terintegrasi dari suatu pengembangan kawasan terpadu, baik dari sisi penataan, pariwisata, sosial dan ekonomi.

Menurut Direktur ITDC Ngurah Wirawan, bahwa kajian study telah diserahkan secara langsung, hasil kajian kepada Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR. Bahkan sudah didesain adanya penataan Kawasan itu, untuk penataan infrastruktur seperti pasar yang lebih baik. “Penataan pasar kita kurang baik diwilayah itu,” kata Ngurah Wirawan.

Penataan Kampung Nelayan, merupakan bagian dari tugas pemerintah. ITDC akan menyusaikan diri dengan desain itu. Kami akan ikut membantu mendorong terbentuknya kampung nelayan yang lebih sehat dan lebih tertata.

“Para wisatawan yang datang ke Mandalika ketika memarkir kendaraannya disentral parkir yang sudah kita sediakan, juga bisa berkunjung ke kampung nelayan yang sudah tertata sebagai destinasi wisata,” harap Dirut Operasional ITDC saat saat Jumpa Bang Zul dan Ummi Rohmi, Jum’at (18/1)  di desa Kuta Mandalika Lombok Tengah.

 

Baca Juga :


Peran pemerintah daerah untuk mengkomunikasikan dan mengembangkan Kampung Nelayan, sangat diharapkan sebagi program peningkatan kapasitas  Kampung Nelayan dalam perbaikan wilayah destinasi wisata baru. “Ini akan menciptakan atraksi wilayah baru, sebagai destinasi wisata,” jelas Ngurah.

Dengan konsep ini masyarakat dapat melayani kunjungan wisatawan yang ingin naik perahu, ikut menangkap ikan, kemudian membakar ikan. Tentunya menghasilkan pendapatan  bagi masyarakat.

Studi itu juga mengindikasikan beberapa transformasi, bahwa sebagian nelayan agak berumur tetap mencari ikan, tetapi yang muda mulai beralih menjadi jasa wisata bahari. Sehingga bisa menyediakan papan surfing, snokling, untuk meningkatkan pendapatan Kampung Nelayan. Sehingga menjadi wisata alam dan sejarah di KEK Mandalika.

Pengambangan dan penataan tentunya harus dibahas dan dirancang oleh pemerintah bersama dengan masyarakat. “ITDC akan ikut membantu mempromosikan kampung Nelayan dan Kampung Wisata bahari sebagai destinasi wisata baru di KEK Mandalika,” kata Ngurah Wirawan didepan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan kepala OPD lingkup Pemrov. NTB. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan