logoblog

Cari

Bukit Batu Idung Ala Bukit Nanggi

Bukit Batu Idung Ala Bukit Nanggi

Ada yang suka berwisata gak..!ya pastinya berwisata adalah hobby atau keinginan untuk mencari kesenangan, mencari sensasi baru, dan menghilangkan beban pikiran.

Wisata Alam

Firman
Oleh Firman
20 November, 2018 10:42:41
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 2499 Kali

Ada yang suka berwisata gak..!ya pastinya berwisata adalah hobby atau keinginan untuk mencari kesenangan, mencari sensasi baru, dan menghilangkan beban pikiran. Wisata sudah menjadi bahan ekplore untuk di publikasikan di social media, baik oleh wisatawan local maupun mancanegara.

Wisata alam Lombok memang menampilkan keindahan dari berbagai daerah-daerah dan kawasan wisata alam dari tempat-tempat terpencil hingga yang terpopuler saat ini. Termasuk di kawasan bagian Lombok barat ini , wisata alam ini dinamakan bukit Batu Idung. Lokasinya yang cukup dekat dengan Kota Mataram, tepatnya di Desa Giri Tembesi, Gerung, Lombok Barat, kurang lebih 20 kilometer, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit membuat destinasi ini mudah di jangkau sehingga begitu cepat mendapat respon positif di kalangan traveler, blogger dan penggemar sepeda gunung yang ada.

Dinamakan bukit batu idung, konon katanya menurut orang orang sekitar bukit idung ini, karena batu yang terlentang besar di atas bukit ini terlihat seperti hidung manusia dari kejauhan sana. Jalannya juga sudah mulai ditata cukup aman dan bersahabat, meski ada beberapa tanjakan yang cukup panjang, namun hanya beberapa meter saja.

 

Kemudian kita akan melewati jalan tanah dan hutan jati milik masyarakat setempat. Selain pohon jati, banyak juga pohon-pohon buah yang subur dan kabarnya bebas dipetik siapa saja. Trek ini juga sangat cocok bagi penghobi sepeda gunung untuk mencobanya, karena cukup menantang yang akan berakhir dengan pemandangan indah dari puncak bukit.

Melihat keindahan jikalau sudah mencapai di puncak memang kerasa beda, sama dengan bukit bukit lain, seperi bukit Nanggi, Bukit Pergaingan, dan gunung Rinjani. Lelah akan terbayar kalau sudah mencapai puncak. Meskipun Bukit batu Idung ini trek dan waktu yang tidak terlalu lama buat naik namun sama saja ada rasa capek dalam diri. Dan juga meskipun tidak tinggi seperti bukit yang lain, namun keindahannya sama persis dengan keindahan di Bukit Nanggi.

melihat keindahan di bukit ini, kerasa di puncak Bukit Nanggi, heeee. Jika kalian menghadap ke sebelah timur, kalian akan di suguhkan dengan terbit matahari (Sunrise), kemudian jika kalian meliahat ke sebelah barat, sunset yang kalian tunggu akan terlihat seperti kalian di pantai. Bukan itu saja, jika kalian pernah ke sembalun, kemudian kalian di puncak nanggi ataupun pergasingan, disana pasti kalian akan melihat view sembalun dengan rumah rumah kecil dan persawahan yang di tata rapi. Dan itulah yang akan kalian lihat di Bukit batu Idung ni juga, makaknya saya mengambil tema tentang “ Bukit Batu Idung Ala Bukit Nanggi”.

  

 

Baca Juga :


Di atas bukit ini juga ada tempat kalian duduk duduk santai, berunda gurauan, berpose dan lainnya. Orang sekitaran juga lebih mengenalnya dengan Taman Batu Idung. Akan tetapi Taman wisata Batu Idung bisa dikatakan belum terlalu dikenal oleh masyarakat kota Mataram atau orang Lombok pada umumnya bahkan belum terlalu dikenal oleh sebagian para pelaku pariwisata di Lombok, saya sendiri saja yang baru pertama mengunjungi langsung mengidolakan tempat ini karena banyak hal yang bisa disuguhkan dari atas bukit Batu Idung ini. 

Selain bisa melihat pesona perbukitan di sisi barat daya Pulau Lombok dan hamparan persawahan nan hijau di bawah kaki bukit yang terpetak-petak persegi secara beraturan, nampak juga kota Mataram dengan “Land Mark” Lombok yang berupa bangunan Masjid Islamic Center atau masjid Hubbul Wathan. Dan juga Gunung Agung Ikon Bali pun tidak mau kalah menampakkan kepongahannya dari pulau sebelah (Bali) seakan menantang kegagahan Gunung Rinjani di darat pulau Lombok terutama saat langit cerah. Gunung Agung nampak jelas dengan siluet berwarna abu tebal, pesona yang menakjubkan ini bisa kita rasakan di Bukit Batu Idung ini, terutama bagi penyuka fotografi sangat saya rekomendasikan, untuk lokai ini juga sering digunakan oleh para penggemar olahraga. 

Kenapa tidak di perbaharui, agar para pecinta bukit lebih tertarik untuk datang, bahkan bisa di jadikan ladang usaha bagi orang sekitar, jadi ada manfaatnya kan. Seharusnya pemerintah yang bersangkutan harus memperhatikan juga hal ini, supaya NTB semakin terkenal lebih indah lagi.



 
Firman

Firman

Nama Firman Al Fatih, nama panggilan Firman. saya sekolah di SMKN 2 Praya Tengah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan