logoblog

Cari

Air Jadi Alat Pengirim Barang

Air Jadi Alat Pengirim Barang

Air yang mengalir di irigasi tentu cukup banyak kita temukan hampir di semua tempat, airnya yang mengalir pun kadang dijadikan hanya

Wisata Alam

pauzan basri_jack
Oleh pauzan basri_jack
19 November, 2018 12:39:16
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 4845 Kali

Air yang mengalir di irigasi tentu cukup banyak kita temukan hampir di semua tempat, airnya yang mengalir pun kadang dijadikan hanya sebagai untuk mengairi sawah-sawah yang membutuhkan air.

Di Desa Bujak memiliki potensi yang cukup besar dalam bidang pertanian, karena semua kalinya hidup dan mengaliri air sawah-sawah yang ada di desa tersebut.

Namun ada yang berbeda dengan irigasi yang mengairi sawah ini. Irigasinya persis dengan abangan, dan irigasi ini pun kerap dijadikan sebagai sarana pengiriman barang-barang seperti Kayu, Bambu dan juga barang yang lainnya. Karena irigasinya melewati dusun yang satu dengan yang lainnya.

Jika masyarakat setempat ingin membawa barang ke dusun itu, maka dia bisa menggunakan irigasi ini untuk dibawa oleh arus airnya hingga dusun tujuannya. Karena debit air yang mengalir pada irigasi ini cukup keras dan tajam. Sehingga masayarakat tidak lagi memikul barangnya sendiri, melainkan dia tinggal menunggu dimana tujuannya. 

Irigasi ini mengelilingi perkampungan dan dusun yang ada di desa Bujak Kecamatan Batukliang Lombok Tengah. 

Irigasi ini juga dijadikan tempat bermainnya anak-anak desa setempat, karena air ini licin dan bisa menggerusnya kearah yang lebih jauh. Hampir sama dengan permainan yang ada di Kura-kura Mataram. Namun ini tentu lebih Khas dan alami serta tidak membutuhkan biaya apapun.

Kadang tempat juga dijadikannya sebagai tempat rekreasi para penduduk desa Bujak. Karena tempat ini di kelilingi oleh sawah-sawah yang hijau mempesona. Siapa sangka desa Bujak memiliki keindahan alam seperti ini. Air ini juga sering dijadikan tempat pemandian masyarakat desa Bujak. Airnya pun masih sangat jernih dan bersih, meskipun airnya digunakan untuk mengairi sawah. Tapi kualitas airnya hampir sama dengan air PDAM pada umumnya.

Ayo datang dan nikmati keindahan air irigasi/sungai desa Bujak Kecamatan Batukliang Lombok Tengah. Maka anda akan mebikmati keindahan alamnya dan persawahannya yang masih sangat hijau dan alami. (Januar/zan). 

 

Baca Juga :




 
pauzan basri_jack

pauzan basri_jack

Saya tinggal di desa Gumantar kecamatan kayangan Kabupaten Lombok utara NTB Indonesia kontak person:087865745337/085367337320 email :fauzanwirabakti@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan