logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kura-Kura Raksasa di Pantai Sungkun

Kura-Kura Raksasa di Pantai Sungkun

Pantai Kura-kura adalah sebutan bagi orang-orang yang pernah berkunjung di tempat ini. Tapi sebenarnya, pantai ini bernama Pantai Sungkun. Namun karena

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
11 Juli, 2018 21:30:40
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 15691 Kali

Pantai Kura-kura adalah sebutan bagi orang-orang yang pernah berkunjung di tempat ini. Tapi sebenarnya, pantai ini bernama Pantai Sungkun. Namun karena di tepi pantai ini, sebuah gili kecil yang unik dapat dipandang jelas dari jarak dekat. Gili itu menyerupai sebuah hewan mamalia yang berupa kura-kura.

Pantai kura-kura terletak di Dusun Sungkun, Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Atau lebih jelasnya pantai ini terletak di ujung selatan Lombok Timur.

Bila anda pernah berkunjung ke Pantai Surga atau Pantai Kaliantan Lombok Timur, tentu anda muda menemukan Pantai Sungkun, sebab jalur dari Kota Mataram menuju ke Pantai Surga atau Pantai Kaliantan adalah satu jalur jika kita ingin menemukan Pantai Sungkun. Hanya saja, ketika anda berada di pertigaan menuju Pantai Surga, kita pun lurus saja, jangan membelok ke arah kanan sebab nanti tembusnya di Pantai Surga. Nanti kita akan dipertemukan dengan sebuah pertigaan lagi yaitu pertigaan menuju Pantai Sungkun. Membelok ke arah kiri dan jangan lurus sebab nanti salah jalan. Suatu penunjuk arah setelah membelok ke arah kiri yaitu berhadapan dengan fisik jalan yang kurang menguntungkan. Di sepanjang jalan menuju Pantai Sungkun belum diperbaiki. Selain itu, kita pun harus berjaga-jaga untuk mencari sebuah Villa yang teletak di sebuah bukit. Di sekitar inilah teletak Pantai Sungkun, atau lebih tepatnya berada di bawah puncak bukit sebelah kanan. Hanya saja perlu kejelihan untuk mencari jalan menuju ke Pantai Sungkun sebab fisik jalan menuju pantai tujuan ini banyak ditumbuhi tumbuhan liar sehingga jalan sedikit tertutupi. Namun kendaraan beroda empat bisa melewati jalan tersebut.

Jalur menuju Pantai Kaliantan juga menjadi salah satu alternatif bila ingin berkunjung ke Pantai Sungkun. Hanya saja, fisik jalan yang satu ini kurang bersahabat bagi kendaraan beroda empat, sehingga umumnya dilewati kendaraan beroda dua. Selain itu, jalur Pantai kaliantan mengharuskan para pengunjung berhadapan dengan beberapa jalan setapak yang cukup kurang menguntungkan.

Jangan kuatir dengan keselamatan kendaraan. Tukang parkir siap siaga menjaga kendaraan hingga kita akan beranjak pulang. Ia pun hanya mengharapkan jazah parkir yang standar.

Sepi dan sunyi menjadi karakter Pantai Sungkun. Namun pesona keindahan di pantai ini tiada tara. Pasir putih, air laut yang membiru, tebing atau bukit, bebatuan keras di bibir pantai dan potongan gili kecil yang berbentuk kura-kura menjadi eksotika pantai ini.

Villa dan café menjadi fasilitas di Pantai Sungkun. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai di malam hari, tentu dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan harga yang terjangkau.

 

Baca Juga :


Dua bukit yang mengapit di Pantai Sungkun. Bukit yang berada di sebelah kiri adalah bukit yang menawarkan spot yang dapat menyaksikan Pantai Sungkun secara keseluruhan dari ketinggian. Di atas bukit ini pun pengunjung dapat menyaksikan potongan gili kecil yang tampak unik seperti seekor kura-kura raksasa yang sedang merayap dan ingin bertepi di atas pasir putih. Namun bila kita berada pada bagian bawah dari bukit ini, potongan gili kecil yang tampak unik itu terlihat lebih dekat.

Selain itu, Pantai Sungkun yang berada pada bagian bawah dari bukit ini berpasir putih. Eksotisnya juga, terdapat beberapa batu besar yang bebeda-beda bentuk di atas pasir putih, dan juga bebatuan keras yang menyerupai susunan beton di bibir pantai. Karakter ombaknya pun cukup tanang dan airnya dangkal, sehingga para pengunjung dapat menjelajahinya.

Sementara bukit yang berada pada bagian kanan, sulit untuk dinaiki. Namun pada bagian bawah dari bukit ini juga terdapat hamparan pasir putih yang kemilau. Karakter ombak pada Pantai Sungkun bagian kanan ini tergolong tinggi. Namun sejumlah pengunjung terlihat mandi di tepian pantai ini.   Namun jika diamati, Pantai Sungkun berhadapan langsung dengan laut lepas. Tentu berpotensi memiliki ombak yang besar, sehingga disarankan agar tidak terlalu jauh ke tengah jika ingin berenang atau bersnorekeling.

Terlepas dari eksotika Gili Kura-Kura, Rimbunan tumbuhan pandan ikut menampakkan diri di atas pasir putih, yang seolah-olah memberi pesan kalau dirinya adalah penghuni tetap di pantai ini yang tak ingin diabaikan oleh pandangan mata. Selain itu, beberapa pantai di ujung sana tampak memukau bila kita melepas pandang di atas bukit pada bagian kiri.

Inilah salah satu kepingan surga yang tersembunyi di Jerowaru-Lombok Timur. Salah satu destinasi wisata Lombok yang memiliki daya tarik yang unik, yaitu berupa kura-kura raksasa di atas pantai. Selain itu, bebatuan keras yang menyerupai susunan beton yang tampak eksotis di atas bibir pantai. []



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan