logoblog

Cari

Wild West Sumbawa Cruise Ikon Kebangkitan Pariwisata Sumbawa Barat

Wild West Sumbawa Cruise Ikon Kebangkitan Pariwisata Sumbawa Barat

Sumbawa Barat. Kominfo - Gili Balu khususnya Pulau Kenawa adalah ikon kebangkitan pariwisata Sumbawa Barat, demikian yang dikatakan oleh Kepala Dinas

Wisata Alam

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
24 Juni, 2018 23:07:17
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 28696 Kali

Sumbawa Barat. Kominfo - Gili Balu khususnya Pulau Kenawa adalah ikon kebangkitan pariwisata Sumbawa Barat, demikian yang dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumbawa Barat, Ir. IGB. Sumbawanto, M.Si saat menikmati alam pantai Kenawa dalam acara West Sumbawa Cruise yang diadakan di Pulau Kenawa, Sumbawa Barat, Minggu (25/6).

Ia juga mengatakan, pengunjung pulau Kenawa telah mencapai 400 orang pada setiap hari Minggu dan Sabtu, bahkan tercatat pada saat lebaran kemarin pengunjung di pulau kenawa mencapai 1500 pengunjung.

Hal yang masih menjadi kendala, lanjut Sumbawanto, adalah Sampah dari wisatawan yang berkunjung menumpuk. "Petugas yang membersihkan sampah-sampah itu sebanyak 12 orang petugas sukarelawan, namun masih terasa kurang jika pengunjung pulau ini makin banyak, kami sedang mencari solusi bagaimana sampah ini bisa diatasi agar tidak mengganggu keindahan p

Spot Gili Balu adalah pulau Kenawa, Pulau Paserang dan enam pulau-pulau lainnya yang memiliki keindahan yang memukau. Namun keindahan pulau-pulau ini belum seberapa karena masih banyak spot dan destinasi lain yang ada di KSB seperti Mantar, Jelengah, sekongkang, wisata budaya makam Seran, Gua Mumber dan banyak lagi. "Kami yakin dengan kerjasama kita dengan ASITA maka destinasi yang ada di KSB ini akan bisa di eksplore lebih luas. Hari ini kita mulai bekerja untuk kebangkitan pariwisata KSB". Ucapnya.

 

Akses dan transportasi dari dan ke KSB juga masih sangat terbatas namun pemerintah KSB merencanakan akan melengkapi akses seperti bandara dan kapal cepat sehingga wisatawan bisa dengan mudah mengakses spot dan destinasi wisata yang ada di KSB.

 

Sementara itu Direktur utama Perusahaan Cruise, Sahlan M. Saleh yang menjadi salah satu perusahaan penyelenggara Wild West Sumbawa Cruise mengatakan, bahwa dalam mensukseskan dan mengenalkan destinasi pariwisata KSB pihaknya bekerjasama dengan beberapa pihak yakni Pemda KSB, Pemprov NTB dan PT. ASDP. "Kegiatan ini bekerja sama dengan empat komponen yakni Astindo (asosiasi travel agen Indonesia), PT. ASDP, Dinas perhubungan dan PT Lombok Crush."tuturnya.

 

Wisatawan yang mengikuti Wild West Sumbawa Cruise, lanjutnya, berjumlah 70 orang yang berasal dari kota Mataram, Lombok tengah,Surabaya dan Jakarta, ditambah lagi pengunjung lain dari pulau Sumbawa yang berjumlah 170.

 

 

Baca Juga :


"Paket pertama ini kami jual untuk wisatawan lokal saja, namun kedepannya akan kami jual hingga ke wisatawan mancanegara, karena wild west Sumbawa Cruise akan diadakan hingga tiga kali dalam waktu dekat". Ungkapnya. Ia juga mengatakan bahwa kendala terbesar dalam kegiatan ini adalah mobilisasi barang, persiapan kapal Fery yang dirubah menjadi semi crush/kapal pesiar.

 

"Harapan kedepan agar wisata kita banyak pilihan, kami buat paket ini sebagai alternatif paket wisata dan alternatif destinasi yang ada di pulau Sumbawa dan lombok. Kenawa ini belum dikelola dengan maksimal sehingga kami dari Perusahaan Lombok cruise yaitu perusahaan yang bergerak di agen pariwisata ini akan mulai mengelola dan membuat Kenawa ini agar menjadi destinasi yang laku dijual agar nantinya bisa memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal". Tuturnya.

 

Salah satu nelayan Poto Tano, Arifin yang menawarkan jasa penyebrangan Poto Tano - Kenawa mengatakan, sangat senang dengan adanya acara seperti ini karena pendapatannya meningkat dua kali lipat. "Saya berterimakasih kepada Pemda KSB yang mengadakan acara ini, saya sangat senang apalagi banyak pendatang dari jauh, pendapatan saya sangat lumayan".tuturnya. Ia juga mengungkapkan bahwa pendapatannya jika ramai seperti ini adalah mencapai Rp1,2 juta perhari.

 

Diwaktu yang berbeda, Seorang pengunjung pulau Kenawa yang berasal dari Gerung Lombok Barat, Muslim (26) mengungkapkan, bahwa destinasi ini lumayan keren, karena terdapat padang rumput serta bukit dibagian baratnya, pengunjung juga bisa menikmati sunrise dan sunset, selain itu pemandangan bagus dan pantainya bersih.

 

"Ini baru pertama kali saya kesini, kendala yang kami dihadapi hampir tidak ada, pertama kenal pulau Kenawa dari media sosial dan kami langsung datang kesini". Tuturnya. Ia datang ke pulau kenawa bersama lima teman nya yang berasal dari Sumbawa dan Gerung. Kominfo Sumbawa Barat/Feryal/tifa.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan