logoblog

Cari

Opening West Sumbawa Cruise Di Gelar Di Pulau Kenawa

Opening West Sumbawa Cruise Di Gelar Di Pulau Kenawa

Sumbawa Barat. Kominfo - Untuk memperkenalkan Destinasi Lombok Sumbawa di mata dunia, Pemda Sumbawa Barat melalui Dinas Pariwisata Sumbawa Barat bekerja

Wisata Alam

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
24 Juni, 2018 22:40:35
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 18020 Kali

Sumbawa Barat. Kominfo - Untuk memperkenalkan Destinasi Lombok Sumbawa di mata dunia, Pemda Sumbawa Barat melalui Dinas Pariwisata Sumbawa Barat bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat, PT. ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan), ASITA (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata dan Perusahaan Agen Pariwisata Lombok Cruise adakan launching "Opening West Sumbawa Lombok Cruise" yang diadakan di salah satu pulau cantik yang memiliki daya pikat tinggi yakni pulau kenawa, Sabtu (23/6).

Acara yang diadakan selama dua hari, 23-24 Juni tersebut menyedot perhatian wisatawan lokal NTB, bahkan ada beberapa wisatawan yang datang dari Surabaya dan Jakarta. Tak sampai disitu, para wisatawan yang awalnya telah membeli paket wisata sebesar Rp750 ribu perorang tersebut diajak keliling Gili Balu (pulau kenawa, Paserang dan pulau-pulau kecil di sekitarnya) menggunakan kapal Ferry yang sudah dirubah dan didesain menjadi semi Cruise atau mirip kapal pesiar, kapal ini disediakan khusus oleh ASDP Cabang Kayangan untuk expose destinasi Gili Balu.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM yang ikut hadir dan memberi sambutan mengatakan, walaupun susah payah dengan keadaan yang terbatas namun semangat membangun bidang yang memang punya prospektif ke depan khususnya pariwisata harus terus berkobar. "Ini harus menjadi perhatian bagi kita semua, Anggota DPR, Pemerintah Provinsi dan semua pelaku pariwisata, harusnya pulau ini sudah tertata dengan baik sehingga wisatawan akan termotivasi untuk datang kesini, sama juga dengan pulau kalong, pulau Paserang yang telah tersedia beberapa fasilitas."tuturnya. Pulau Ini, lanjutnya, dikelola oleh sebuah perusahaan dari swedia, ada rumah botol yang dibuat oleh perusahaan tersebut, dan ada 64 konsultan yang datang belajar untuk membuat rumah seperti itu.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Inisiator dan semua pihak, PT.ASDP yang mengembangkan sayapnya pada pariwisata Sumbawa Barat, serta kepada PT. DAMRI yang telah mendukung pariwisata Sumbawa Barat." Transportasi ini menjadi sangat penting pada akses sebuah pariwisata, Nanti kalau memang pelabuhan bisa dikembangkan untuk pariwisata maka kami akan dukung. Destinasi Sumbawa Barat bukan saja di sini, namun banyak destinasi yang ciamik yang berada di Kertasari, Mantar, jelengah dan sekongkang yang akses dan infrastrukturnya cukup baik."Ungkapnya.

Bupati juga menjelaskan, Sumbawa Barat akan menjadi tuan rumah pada Even Surfing Dunia yang akan diadakan di pantai Sekongkang dan pantai Jelengah pada Agustus mendatang yang diadakan oleh Word Surfing Liga (WSL). Peresmian Wild West Sumbawa Cruise oleh Bupati Sumbawa Barat ditandai dengan Pemukulan Gong.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbawa Barat, Ir. IGB. Sumbawanto, M.Si dalam laporannya menyampaikan, terimakasih kepada semua pihak yang mendukung acara tersebut. Target utama untuk Wild West Sumbawa ini adalah tamu atau wisatawan lokal dan mancanegara, "kami telah membangun kerjasama dengan Lombok Utara dan Lombok Cruise, sehingga kami akan mengambil langsung wisatawan dari tiga Gili yng ada di Lombok utara yakni Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, sehingga tamu yang berkunjung sebanyak 3700 perhari di Lombok Utara sebagiannya bisa berkunjung juga di pulau kenawa". Jelasnya.

 

Baca Juga :


Menurutnya, Pulau Kenawa adalah salah satu titik awal kebangkitan Destinasi pariwisata Sumbawa Barat, karena bekerjasama dengan pihak swasta dan pemerintah sehingga gaungnya akan lebih besar. Ia yakin Destinasi Pulau ini akan menyerap banyak pengunjung lokal dan mancanegara. "Sumbawa Barat ini sangat indah, pulau kenawa hanya bagian kecil saja dari keindahan Sumbawa Barat, ada banyak destinasi indah disini." Ungkapnya.

Hadir pada acara launching tersebut, Anggota DPR RI Ir. H. Nanang Samudra, Msc. Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ir. H. Rosiadi H Sayuti, M.Sy.Phd, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB, H.LALU MOH.FAOZAL, S.Sos, M.Si. Komisaris Utama PT.ASDP, H. Lalu Cuk Sudarmadi, Direktur Utama PT. DAMRI, Miliati Mumin, General Manageman PT. Jasa Raharja. Danlanal, Kolonel Ludi Muharjo. Danlanud, Kolenel Bambang Handoyo, Ketua ASITA, Ketua Astindo, PHI, PHRI, Dandim 1628/Sumbawa Barat, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Acara Opening West Sumbawa Cruise di akhiri dengan pengguntingan pita peresmian oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB didampingi oleh Bupati Sumbawa Barat, Anggota DPR RI, dan sejumlah penjabat lainnya, serta acara keliling Gili Balu bersama 70 wisatawan lokal yang berasal dari Sumbawa, Sumbawa Barat, Lombok, Surabaya, dan Jakarta yang sebelum telah membeli paket pariwisata serta tamu lainnya yang jumlah totalnya sebanyak 240 pengunjung. Kominfo Sumbawa Barat/Feryal/tifa.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan