logoblog

Cari

Mengintip Dermaga Labuhan Lombok Di Atas Bukit

Mengintip Dermaga Labuhan Lombok Di Atas Bukit

Berada di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut, saya  bertengger di atas pematang sawah. Sepoi-sepoi angin bergerak lembut melewati permukaan

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
09 Mei, 2018 17:28:37
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 22151 Kali

Berada di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut, saya  bertengger di atas pematang sawah. Sepoi-sepoi angin bergerak lembut melewati permukaan terasiring sawah hijau hingga merasuk ke seluruh tubuh. Sejuk dan indah adalah karakter khas pada sebuah bukit yang berhadapan dengan panorama alam laut yang ada di wilayah timur. Inilah sensasi yang menyenangkan di atas Bukit Jeringo yang terletak di Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Selain menjelajah di atas terasiring persawahan indah, saya leluasa melihat beranda Labuhan Lombok yang berhias dermaga penyeberangan Lombok-Sumbawa yang bercabang dua. Pada wilayah bagian kiri dari dermaga penyeberangan itu, tampak sebuah teluk berwarna biru yang konon informasi penduduk sekitar adalah bekas dermaga lama yang kini menjadi tempat berlabuhnya para perahu ikan yang baru saja pulang dari laut lepas.

Pada sudut yang paling jauh, gugusan bukit yang memanjang di tepian Pulau Sumbawa tampak eksotis. Langit biru di waktu senja tanpak halus dan bersih dan seolah-olah memayungi perairan Lombok-Sumbawa di seberang sana. Perahu-perahu nelayan dan kapal very tampak sibuk dan menawan mengatur diri dalam menjalankan aktifitas mereka.

Tak jauh dari kaki bukit ini, pemukiman-pemukiman penduduk di sekitar dermaga turut pula menjadi pemandangan indah. Demikian juga dengan bukit indah yang lain, dapat dipandang keelokannya dari atas Bukit  Jeringo.

 

Baca Juga :


Petakan-petakan sawah yang berbentuk terasiring atau bertingkat-tingkat tampak indah dan memukau di atas bukit ini. Terlebih jika musim padi, hamparan daun padi yang tertiup oleh angin laut nampak melambai dan seolah-olah melakukan interaksi dengan pesona laut biru yang nampak dekat dan jelas di depannya.Lain halnya pada lereng bukit ini, tanaman jagung yang di saat sudah mulai dipanen, daunnya pun tampak kering berwarna coklat keputihan dan serasi dengan warna alami dari bebatuan yang bertengger di sudut-sudut pematang.

Terlepas dari keindahan laut yang dapat dipandang dari Bukit Jeringo, dimensi keindahan lain adalah hutan-hutan belantara yang berisi rimbunan pepohonan tampak hijau dan rindang. Keberadaan hutan di sekitar perairan itu seolah-olah menjadi pembatas laut dengan petakan-petakan ladang jagung dan jambu mente yang berada di lereng-lereng pebukitan yang tampak luas. Kebun-kebun warga sekitar turut pula menjadi pewarna keindahan di bukit ini, yang mana penataan tanaman produkif yang amat rapi dan teratur sehingga indah dipandang mata.

Keindahan bukit Jeringo tidak tampak pada waktu malam, namun jika kita sempat menginap di rumah warga penduduk atau mendirikan tenda di lereng bukit ini, kita pun dapat menyaksikan sebuah panorama indah yang sangat luar biasa. Panorama indah yang terfokus pada perairan Lombok-Sumbawa justru sangat eksotis. Walaupun permukaan laut tertutup oleh nuansa kegelapan, namun kilauan cahaya lampu dari perahu-perahu nelayan, kapal Very, dan aneka warna cahaya lampu dari warga penduduk yang bermukim di sekitar dermaga dan di sekitar pantai membentuk biasan sinar yang eksotis di sudut-sudut permukaan laut. Pada momen inilah kita dapat menikmati betapa indahnya malam yang jauh di atas permukaan laut Lombok-Sumbawa. Serasa kita memandang bagunan-bangunan gedung yang menjulang tinggi dan rapi di sebuah kota meropolitan pada waktu malam.



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan