logoblog

Cari

Indahnya Terasiring Persawahan Tete Batu

Indahnya Terasiring Persawahan Tete Batu

Pemandangan terasiring ala Bali sungguh menyejukkan mata. Inilah Desa Tete Batu dengan model persawahan indah yang cukup mengundang perhatian di mata

Wisata Alam

ANDI MULYAN
Oleh ANDI MULYAN
27 April, 2018 23:06:56
Wisata Alam
Komentar: 1
Dibaca: 43435 Kali

Pemandangan terasiring ala Bali sungguh menyejukkan mata. Inilah Desa Tete Batu dengan model persawahan indah yang cukup mengundang perhatian di mata pengunjung. Pantas saja kalau kawasan persawahan ini tak jarang dikunjungi oleh wisatawan asing.

Description: E:Terasing PersawahanFB_IMG_1516026214075.jpg

Keindahan nyata pemandangan persawahan Tete Batu menjadi daya tarik wisatawan. Warisan leluhur berupa sumber mata pencaharian utama bagi masyarakat Tete Batu terjaga dan terawat baik oleh para sang pewaris. Kesuburan tanah yang seolah-olah terjatuh dari langit adalah memihak pada kelompok masyarakat Tete Batu, menjadikan para petani ulung tak segan untuk mengolah sawah mereka hingga menuai hasil. Tapi bukan hanya itu, sumber mata air yang mengalir deras dari kaki Gunung Rinjani turut berperan dalam membantu sistem irigasi pertanian pada kawasan persawahan Tete Batu.

Description: E:dokter Soedjonoimages-3.jpg

Kontur tanah pebukitan adalah karakteristik lahan persawahan Tete Batu. Kehandalan masyarakatnya pun tak kalah dengan pemberian alam. Mereka mampu merubah gejala alam itu hingga melahirkan model persawahan dengan mengikuti kontur tanah pebukitan. Inilah model terasiring persawahan Tete Batu yang telah diwarisi dari nenek moyangnya.

Berkat areal persawahan indah dengan mengikuti kontur tanah pebukitan, Tete Batu  tak jarang dikunjungi oleh wisatawan asing, terutama dari Negara Belanda. Dari berbagai sisi, garis-garis sawah dalam berbagai ukuran dan bentuk tampak jelas dan menyejukkan mata.

Description: E:dokter Soedjonoimages-4.jpg

 

Baca Juga :


Bila cuaca lagi mendukung, kehadiran petani dengan pakaian kontras di tengah sawah menjadi bagian dari pandangan pengunjung. Eksoitisnya lagi, tatkala lekukan Gunung Rinjani pada bagian belakang areal persawahan tampil mempesona dan membentuk keterpaduan warna dengan hutan belantara yang ada di depannya.

Menjelajah di areal persawahan Tete Batu, bukan hanya sebatas menyejukkan mata. Desa tete Batu berada pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut (dpl), letaknya pun pun juga berada di sekitar hutan lindung nasional sehingga para pengunjung dapat merasakan udara sejuk. Inilah keunikan Desa Tete Batu yang terletak di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur.

Description: E:dokter Soedjono	egalalang-rice-terrace-ydc-bali-tour5-compressed.jpg

Berkunjung ke Desa tete batu tidak cukup jika hanya meluangkan waktu dalam beberapa jam saja. Sebab di desa ini terdapat sejumlah destinasi wisata yang cukup mempesona, seperti pesona Air Terjun Jeruk Manis, Waterfall Sarang Walet, Kolam Renang Tete batu, Pesona Hutan Monky, Wisata Perkebunan, bahkan kearifan lokal masyarakat Tete Batu yang cukup menarik untuk dijelajahi. Olehnya itu, jangan sungkam untuk menginap di desa ini, apalagi desa wisata ini telah menyiapkan sejumlah penginapan, di antaranya Wisama Soedjono, Pondok Bulan, bahkan pengunjung pun dapat menginap di rumah warga penduduk.

Desa Tete Batu berjarak enam puluh Kilo Meter dari pusat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Menyusuri rute perjalanan menuju Desa Tete batu, pengunjung dapat melewati jalur Kopang (Lombok Tengah), Terare (Lombok Timur), Kota Raja (Lombok Timur) hingga Desa Tete Batu. Hal yang lebih baik adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi sebab anda dapat mengunjungi spot yang indah di sepanjang perjalanan menuju Desa Tete Batu, atau pun berkunjung di beberapa titik keindahan wisata di Desa Tete Batu.    



 
ANDI MULYAN

ANDI MULYAN

Andi Mulyan, Tinggal di Kota Mataram Bintang : Aries Hobby : Musik Dangdut dan Menulis

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. Habiburrahman

    Habiburrahman

    27 Mei, 2018

    Berwisata ketete batu memang is the best, sejuk suara2 burung menyejukkan hati, aliran angin lembah pegunungan rinjani menyegarkan tubuh.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan