logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kepingan Sorga Yang Ditemukan

Kepingan Sorga Yang Ditemukan

TWA gunung tunak adalah sebuah kawasan hutan dibawah naungan BKSDA Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dijadikan sebuah  destinasi wisata yang tentunya

Wisata Alam

KM Kaula
Oleh KM Kaula
23 April, 2018 08:46:47
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 5117 Kali

TWA gunung tunak adalah sebuah kawasan hutan dibawah naungan BKSDA Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dijadikan sebuah  destinasi wisata yang tentunya setelah ditata sedemikian rupa di tambah dengan berbagai fasilitas pendukung yang merupakan hibah dari pemerintah Korea yang diharapkan bisa menjadi sebuah role model tentang bagaimana mejaga konservasi hutan.

Ketika merumuskan soal upaya konservasi hutan, maka tidak selamanya harus berfikir tentang bagaimana menjaga warga untuk tidak melakukan penebangan liar di dalam kawasan, tapi justru bagaimana mengupayakan peningkatan penghasilan dan penambahan sumber penghasilan masyarakat dengan upaya-upaya kreatif diluar kawasan hutan itu sendiri.

Untuk maksud tersebut maka bksda memanfaatkan bagian dari hutan itu sendiri khususnya kawasan pemanfaatannya untuk menjadi taman wisata alam tentu sekali lagi setelah di tata sedemikian rupa dan di lengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Adapun penataan yang sudah dilakukan adalah dengan menyediakan tempat penangkaran kupu-kupu, tempat penangkaran rusa di lengkapi dengan taman, sehingga fasilitas dan penataan ini diharapkan akan mampu menjadi daya Tarik, sehingga pengunjung akan semakin banyak yang dating kelokasi tersebut yang tentunya hal itu tidak sekedar berimbas pada peningkatan PNPB tapi juga  bisa menjadi sumber penghasilan baru bagi warga, baik lantaran sebagai pemandu dari tamu tersebut maupunsebagaipedagang yang menyediakan berbagai kebutuhan para pengunjung mulai dari minuman maupun snack-snack dan lain-lain.

Sementara di pintu masuk kawasan juga sudah di sediakan berbagai fasilitas pendukung diantaranya adalah guest house, restaurant, gedung serbaguna, visitor centre, ruang pemandu dan lain-lain yang tentunya dari semua fasilitas yang ada ini akan diharafkan bisa menjadi daya Tarik sendiri bagi para tamu untuk tinggal lebih lama lagi di lokasi  yang tentunya juga akan men-spend uangnya lebih banyak.

TWA gunung tunak yang berlokasi di salah satu dusun di wilayah desa mertak kecamatan pujut ini, memang memiliki daya Tarik luar biasa khususnya view alam. Diantara daya Tarik-daya Tarik yang dimiliki adalah sarang burung gosong yang besarnya tidak melebihi besarnya induk ayam tapi mampu membuat sarang dengan membentuk gundukan tanah seperti bukit kecil, laludisituburungtersebutbikinlubang yang kedalamannyakadangsampai 3 meter an lebih danl ubang tersebut berada di celah batu atau kayu yang tentu secara akal sehat, burung tersebut tidak mungkin bisa  membikin gundukan tanah, mengangkut kayu atau batu sebagai pengaman di sarangnya tersebut. Demikian uniknya sarang ini sehingga warga  berkeyakinan bahwa burung ini adalah burung jin, atau setidaknya burung ini adalah burung piaraan mahluk halus.

 

Baca Juga :


Keunikan lain yang dimiliki TWA Gunung Tunak adalah view alamnya yang berupa pantai yang langsung berbatasan dengan hutan dengan lekak lekuk gunung karang seperti relief yang sengaja diukir. Diantaranya adalah pantai terasak  yang lengang, pantai teluk ujung yang sangat private, pantai sari goang yang seperti raja ampat dan pantai-pantai lainnya. Yang pasti semuanya sangat eksotic dan masih original.

Untuk menggambarkan keindahan TWA Gunung Tunak ini rasanya tidak cukup perbendaharaan kata yang kami miliki, sehingga untuk detailnya penulis mengundang para pembaca untuk dating ketempat ini melihat dan mengalami langsung sensasinya. Jika pembaca masih bingung soal lokasi, bagaimana mendatangi lokasi ini, pembaca bisa minta pemandu dari penulis, cukup dengan menelpon atau lewat kenomor 081 7575 8182. Pembaca jangan Tanya tarifflah karena bagi kami sama prinisipnya dengan kepala kampong bahwa uang itu nomor 2, Cuma penting diingat saja bahwa “nomor satunya, tidakada”.hehehe []



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan