logoblog

Cari

Tutup Iklan

Festival Pesona Tambora 2018 Dihelat Lebih Unik

Festival Pesona Tambora 2018 Dihelat Lebih Unik

200 tahun lalu tepatnya 11 April 1815 Gunung Tambora meletus dengan dahsyatnya dan membuat langit di separuh bumi menjadi gelap dan

Wisata Alam

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
12 April, 2018 13:54:24
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 19584 Kali

200 tahun lalu tepatnya 11 April 1815 Gunung Tambora meletus dengan dahsyatnya dan membuat langit di separuh bumi menjadi gelap dan kelabu. Bahkan memicu perubahan iklim dunia secara signifikan. Kejadian maha dahsyat ini kini diperingati setiap tahunnya. Selain menandakan bencana alam super dahsyat juga menjadi titik balik terbentuknya Kabupaten Dompu.

Event tahunan skala nasional yang digelar setiap bulan April ini nampaknya menjadi moment istimewa bagi Kabupaten Dompu. Peringatannya dilakukan dengan menyelenggarakan festival berjudul Festival Pesona Tambora. Pelaksanaan festival selain sebagai peringatan hari lahir Kab. Dompu juga bertujuan untuk mengenalkan pariwisata Pulau Sumbawa kepada Dunia. Memasuki Tahun Ketiga pelaksanaanya selalu disambut dengan antusias oleh seluruh masyarakat NTB dari ujung Poto Tano Kab. Sumbawa Barat hingga Sape Kab. Bima. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya rangkaian kegiatan yang melibatkan seluruh Kabupaten/Kota se NTB.
Penyelenggaraan Festival Pesona Tambora tahun lalu diadakan di savana Doro Ncanga Kec. Pekat, Dompu. Tahun ini, Festival Pesona Tambora kembali dilaksanakan di Lokasi yang berbeda yakni di padang Savana Sarae Nduha Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara.Sekitar 2 km dari savana Doro Ncanga.

Agenda tahunan yang diadakan sejak tahun 2015 dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo ini layak untuk dimasukkan pada rencana liburan anda. Hamparan padang savana nan luas di kaki Gunung Tambora yang kerap diselimuti awan di puncaknya selalu memiliki daya tarik tersendiri karena lokasi ini berhubungan langsung dengan destinasi wisata Pulau Moyo yang telah melegenda.

Di festival ini ada dapat menyaksikan sekaligus keunikan budaya dan adat istiadat Kab. Dompu. Tak hanya alam yang menantang dan keunikan budaya festival ini juga menawarkan cara berlibur dengan camping bersama dengan keluarga. Di lokasi sudah dsediakan berbagai fasilitas umum baik Kamar Mandi, Air, listrik dan sinyal yang cukup memadai. Persiapan demi persiapan dilakukan oleh panitia penyelenggara FPT 2018, mulai dari penataan lokasi sampai pada persiapan panggung yang akan dijadikan pusat acara.

Puncak perayaan Festival Pesona Tambora 2018 yang bertemakan Tambora Challenge The World ini dijamin akan lebih seru dan meriah. Karena akan di meriahkan oleh kehadiran penyanyi ibu kota, Erie Suzan, Anang Hermansyah berserta Ashanty dan Aurel yang dijadwalkan hari ini dan besok (10 dan 11 April 2018) Menurut Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. Lalu Moh Faozal, pada saat menghadiri acara Semalam Dalam Loka beberapa waktu lalu di Kab. Sumbawa mengatakan, kehadiran artis ini tanpa biaya/gratis, Karena ingin melihat potensi dan suasana Pulau Sumbawa.

"kami ingin memberikan nuansa berbeda dengan menghadirkan Anang dan Ashanty. Dengan popularitas mereka sebagai artis dan akan mengekplorasi keindahan Pulau Sumbawa tentu menjadi nilai plus. Dengan begitu destinasi di Pulau Sumbawa akan ikut terkenal". Ucapnya saat menyampaikan pidato di depan Istana Dalam Loka.

Kawasan Savana Sarae Nduha sendiri sudah ramai oleh tenda-tenda pengunjung, warung yang menyajikan makanan khas sumbawa, dan pedagang kaki lima. Kawasan ini serasa perkemahan nasional dengan warna warni tenda tersebar diarea yang luasnya ratusan hektar tersebut.

Kenyamanan dan keamanan wisatawan tetap diperhatikan. Aparat Kepolisian dan TNI di tempatkan di pos-pos penjagaan. Pasokan listrik yang memadai, membuat suasana pada malam hari menjadi terang dan meriah. Fasilitas kesehatan pun telah disiapkan dilokasi.

Mau liburan dengan rasa yang berbeda dan menantang? Agenda ini layak masuk dalam list rekomendasi liburan anda bersama keluarga. Ayo ke Tambora.. (KominfoFer/Angga/tifa/fit)

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan