logoblog

Cari

Tutup Iklan

Acara Puncak Festival Pesona Tambora 2018

Acara Puncak Festival Pesona Tambora 2018

SUMBAWA BARAT-KOMINFO. Puncak Festival Pesona Tambora telah sukses digelar. Suasana meriah dan gegap gempita mewarnainya, ribuan orang dari berbagai daerah memadati

Wisata Alam

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
12 April, 2018 15:22:02
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 1955 Kali

SUMBAWA BARAT-KOMINFO. Puncak Festival Pesona Tambora telah sukses digelar. Suasana meriah dan gegap gempita mewarnainya, ribuan orang dari berbagai daerah memadati padang savana Sarae Nduha sebagai tempat utama, kreasi seni dan budaya daerah menjadi pertunjukan diawal acara. Sarae Nduha adalah sebuah tempat dengan pemandangan yang begitu indah ditengah padang savana yang begitu luas seluas mata memandang, tempat ini memiliki dua background/latar belakang, disebelah utara terlihat puncak Tambora yang begitu megah yang terkadang puncaknya tertutup awan, dan jika dilihat ke selatan maka akan terlihat hamparan birunya lautan teluk saleh.

Undangan dan Penonton yang Hadir dibuat Terpesona oleh Atraksi Penerjun dari Kopaska Pangkalan TNI AU Lanud Surabaya, Rabu (11/4),di Padang Savana Sarae Nduha Kabupaten Dompu, ini Salah satu rangkaian acara yang paling dinantikan oleh para penonton. Atraksi 11 orang penerjun profesional dari Kopaska dan TNI AU Lanud Surabaya ini berangkat dari bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima menggunakan Pesawat TNI AU Lanud Surabaya, terbang diketinggian sekitar 6000 feet diatas permukaan laut. Kesebelas penerjun tadi masing-masing membawa bendera Kabupaten/Kota yang ada di NTB, juga bendera Provinsi NTB, serta bendera Festival Pesona Tambora. Para penerjun itu mendarat tepat disebelah selatan panggung utama dan juga seluruh undangan yang hadir. Selain Terjun Payung, tarian kolosal Dompu yang istimewa juga mewarnai acara tersebut.

Hadir di acara, Kementeri Pariwisata yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Multikultur, Hari Untoro Drajat, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko astuty, Sekda Prov. NTB, Rosiyadi Sayuti, Komisi I dan Komisi 10 DPR RI, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Danrem 162 Wira Bhakti, Kepala Dinas Pariwisata Prov. NTB, L Muhammad Faozal, Anggota Muspida Prov. NTB, wakil Bupati Dompu, Sekda Sumbawa Barat, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Dompu, Para Bupati dan Wali Kota Se-NTB, Pimpinan SKPD Pemprov NTB, Pimpinan SKPD Kab. Dompu, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Dompu, TOGA dan TOMA.

Sebelum atraksi penerjun payung tersebut, terlebih dahulu Bupati memberikan laporan singkat terkait FPT 2018. Dalam laporannya Bupati Dompu, H. Bambang M Yasin mengucap, atas nama Pemda dan masyarakat Dompu menyampaikan selamat datang kepada tamu undangan, "semoga apa yang bapak/ibu rasakan dan temui pada hari ini berkenan akan menjadi sesuatu yang sangat berkesan dan akan memberi inspirasi bagi masa depan pariwisata indonesia khususnya NTB, festival tambora tahun ini memang bergeser dari tempat yang biasa kita adakan, karena kami ingin memeberi suasana dan nuansa yang baru kepada para hadirin semuanya", ucapnya.

Lebih lanjut H.Bambang mengatakan, salah satu yang paling menantang  pada FPT 2018 adalah tambora Challenge, yakni lari sejauh 320 Km yang diikuti oleh kurang lebih 40 orang pelari dari beberapa negara dan beberapa pelari nusantara, ternyata even Tambora Challenge yang di adakan ini adalah yang terpanjang di Asia, sampai saat ini belum ada di tempat lain yang melaksanakan maraton 320 Km. Kemudian beberapa kegiatan yang menantang alam adalah trabas, indonesia rider jelajah tambora dan berbagai olahraga ,seni budaya dsb. oleh karena itu H. Bambang berterimakasi secara khusus kepada sponsor dan para pendukung terutama pemerintah pusat yang membiayai aktivitas atau kegiatan ini. Tahun depan Festival Pesona Tambora akan lebih heboh oleh berbagai atraksi yang lebih menantang selama satu minggu.

 

Baca Juga :


Puncak FPT yang di hibur oleh Anang, Ashanty dan Aurel, ditandai dengan Pemukulan Gong Oleh Pejabat yang Hadir. Sekda Prov. NTB, Rosiyadi Sayuti dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Prov. NTB akan mendukung dalam menyiapkan destinasi sebaik-baiknya dan seindah-indahnya, menyiapkan even atau sesuatu yang bisa membuat orang datang ke Tambora. "Mudah-mudahan ini akan menjadi momentum menjadikan FPT yang  lebih besar, lebih baik dari tahun lalu dan semoga terus meningkat di tahun depan", ucapnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kementrian Pariwisata yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko astuty mengungkapkan, FPT akan dijadikan momentum untuk diperingati setiap tahunnya, ini bertujuan untuk  mempromosikan pariwisata di Pulau Sumbawa, NTB bahkan Pariwisata Indonesia. selain Mandalika, FPT adalah salah satu dari 10 destinasi prioritas kementrian pariwisata, FPT juga telah menjadi  trending topik di even wonderfull indonesia. Target Presiden Joko Widodo pada tahun 2019 adalah 20 juta kunjungan wisatawan mncanegara, 275 juta pergerakan wisatawan nusantara, namun yang telah tercapai pada tahun ini adalah 17 juta kunjungan  dan 270 juta pergerakan wisatawan nusantara.

"untuk target ini perlu adanya aktivitas seperti even-even seperti FPT, ini bisa menjadi suatu daya tarik, tentunya akan mendukung pencapaian target, namun ada beberapa kendala seperti kesulitan akomodasi dan aksesibiltas, dari kendala tersebut Kementrian Pariwisata memiliki prioritas program untuk mengatasi kendala tersebut yakni Program Moment Tourisem. teman-teman dari industri pariwisata bisa meninjak lanjuti program strategis dari pemerintah pusat ini", jelasnya.(KominfoFer/Rangga/Tifah/Fit)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan