logoblog

Cari

Tutup Iklan

Jelajah Sungai Menuju Air Terjun Sarang Walet, Tete Batu

Jelajah Sungai Menuju Air Terjun Sarang Walet, Tete Batu

Tete Batu merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur. Desa yang menyimpan ragam pesona alam

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
09 April, 2018 21:56:12
Wisata Alam
Komentar: 1
Dibaca: 23239 Kali

Tete Batu merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur. Desa yang menyimpan ragam pesona alam dan budaya ini, kini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan lokal. Hal ini tentu disebabkan oleh kreatifitas masyarakat atau kelompok pemuda yang bergerak di bidang pengembangan wisata baru, yang notabenenya adalah untuk mengembangkan dan memajukan Lombok-Nusa Tenggara Barat di sektor pariwisata. Salah satu destinasi wisata yang masih tergolong baru di desa ini adalah Air Terjun Sarang Walet yang ditemukan di Dusun Mencerit.

Air Terjun Sarang Walet mulai dikelola oleh kelompok pemuda sadar wisata setempat pada tahun 2015. Pada awalnya, air terjun yang tersembunyi di balik areal persawahan dan tebing sungai ini jarang dikenal oleh masyarakat luas yang ada di Pulau Lombok. Namun berkat keuletan dan kesadaran wisata yang dimiliki oleh pemuda desa yang ada di kawasan wisata ini, sehingga wisata air terjun yang tingginya berkisar 500 meter ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan manca negara dan lokal.

Pemberian nama air terjun yang tampak memukau di desa wisata ini disesuaikan dengan banyaknya burung walet yang bersarang di sekitar air terjun ini, yaitu di dalam goa pinggir sungai yang bermuara pada air terjun. Hanya saja, setelah air terjun yang tampak seperti salju ini mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan, komunitas burung walet tersebut berpindah di tempat lain.