logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kalate Mbira Tempat Yang Pas Untuk Berwisata

Kalate Mbira Tempat Yang Pas Untuk Berwisata

Berbicara tentang destinasi wilayah, tak akan ada habisnya. Apalagi bagi para pecinta alam. Banyak orang yang rela melakukan perjalanan jauh demi

Wisata Alam

KM SANGAJI MBOJO
Oleh KM SANGAJI MBOJO
09 Maret, 2018 09:18:45
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 3026 Kali

Berbicara tentang destinasi wilayah, tak akan ada habisnya. Apalagi bagi para pecinta alam. Banyak orang yang rela melakukan perjalanan jauh demi mengunjungi wisata alam yang mereka ingin nikmati. Bahkan rela merogok rupiah untuk memenuhi keinginan menuju tempat wisata kesukaannya. Di kabupupaten Bima khusunya, terdapat banyak tempat destinasi wisata alam.

Tempat-tempat tersebut, bahkan sangat indah nan sejuk dibanding dengan tempat-tempat yang sudah terkenal sebelumnya. Salah satunya adalah destinasi wisata alam yang terletak di kampung Diha desa Sie kecamatan Monta. Namun, tempat ini lumayan jauh dari perkampungan, maklum di atas gunung. Disamping jauh, infrastruktur juga menjadi kendala di tempat yang satu ini. Dua hal itulah yang menjadi sebab menjadi tempat  ini tak dikenal oleh masyarakat. Sehingga tak heran jika jarang yang mengunjunginya. Untuk menuju destinasi wisata tersebut, para pengunjung harus berjalan kaki sekitar lebih kurang 10 kilometer. Untuk itulah salah satu pemuda kampung Diha berharap kepada pemerintah desa khususnya untuk memeprhatikan tempat itu untuk dijadikan destinasi wisata.

“Kami sangat berharap Kalate Mbira ini menjadi perhatian pemerintah khsusnya pemerintah Desa, syukur kalau ada pemerintah Daerah,” harap Muhsana salah satu warga kampung Diha.

Seperti yang sudah ditulis sebelumnya bahwa destinatinasi wisata tersebut tak akan habis dibahas. Walaupun lokasinya jauh dari jalan raya, suasananya tak kalah menarik dengan destinasi-destinasi wisata alam lainnya. Kenapa tidak, di tempat ini, para pengunjung disuguhkan dengan kolam renang yang masih alami. Kolam yang berbentuk bundar diapit oleh bebatuan yang tersusun rapi memebentuk tebing-tebing layaknya tembok yang sengaja disusun, sedangkan di dalamnya terdapat air yang jernih. Air tersebut berasal dari pegunungan, terasa dingin dan sejuk. Keindahan itulah yang menjadi pengobat rasa lelah bagi para pengunjung (lelah karena berjalan kaki).

“Tempat ini sangat menarik tapi kurang ditata,” tambahnya

Tempat itu terdapat dua tingkatan, di tingkat satu para pengunjung dapat menikmati nikmatnya mandi di kolam. Sedangkan di tingkat dua, para pengunjung dapat beristrahat dibebatuan yang membentang rata layaknya permadani yang sengaja dibentangi. Sewaktu-waktu para pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai tempat peristrahatan atau berjemur ketika lelahnya atau bosan merendamkan diri.

 

Baca Juga :


Bagi kami warga setempat, di tingkat dua kalate mbira tersebut, kami gunakan untuk berjemur ketika kami sudah meresa puas bermandi di kolam. Keadaan hutan yang masih hijau alami menambah keindahan pemandangan para pengunjung. Selain itu pula, banyak pepohonan yang masih rindang. Ditambah lagi dengan suasana angin yang sejuk, membuat rasa kelelahan berjalan kaki itu hilang seketika. Suasana yang adem dan sejuk itulah yang membuat para pengunjung ketagihan mengunjungi tempat itu. Itulah keindahan alam  yang disuguhkan oleh Kalate Mbira. Kalate mbira merupakan pilihan yang pas untuk refreshing atau berwisata.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Suharmajid. Salah seorang warga kampung Diha. Menurutnya, bahwa kalate mbira perlu ditata dengan rapi sehinga para pengunjung merasa nyaman ketika mereka berkunjung. Selain itu, infrastruktur juga perlu diperbaiki sehingga memudahkan para pengunjung untuk datang berkunjung ke kalate mbira.

“Infrastruktur menuju kalate mbira itu perlu mendapat perhatian, baik itu masyarakat lebih-lebih pemerintah desa, jika saja infrastrukturnya bagus, maka saya yakin bahwa kalate mbira akan ramai pengunjungnya,” jelasnya

Saat ini, lanjutnya, kami sedang merencanankan untuk membuat taman baca di kalate mbira tersebut, sehingga para pengunjung yang datang tidak hanya menikmati keindahan alam yang disuguhkan oleh wisata kalate mbira, tapi juga mereka akan mendapatkan informasi melalui buku-buku hasil bacaan mereka di kalate mbira tersebut.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan