logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tunak, Raja Ampat Lombok

Tunak, Raja Ampat Lombok

TWA Gunung Tunak adalah sebuah destinasi wisata yang sangat indah dan masih sangat asri, yang baru mulai dikenal banyak orang, lantaran

Wisata Alam

KM Kaula
Oleh KM Kaula
27 Februari, 2018 18:03:52
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 8585 Kali

TWA Gunung Tunak adalah sebuah destinasi wisata yang sangat indah dan masih sangat asri, yang baru mulai dikenal banyak orang, lantaran lokasinya yang masih cukup dalam dari jalan besar. Tapi kini jalan yang menuju TWA Gunung Tunak sudah mulus aliat hotmik belum lagi ditambah dengan lokasi yang masih berada di lingkar KEK mandalika resort yang menjadi salah satu prioritas dari 10 destinasi Pariwisata prioritas pemerintah, tentu hal ini menjadi penunjang utama untuk semakin ramainya kunjungan di destanasi yang diberi label oleh banyak orang sebagai Raja Ampatnya Lombok.

Tidak berlebihan memang jika tempat ini diberi label Raja Ampatnya Lombok, karena view lautnya yang diliat dari ketinggian hutan tunak yang ditengahnya berjejer bukit-bukit kecil seperti gili, sungguh merupaka pemandangan yang tidak akan pernah bosan di liat oleh para penikmat keindahan dan ketenangan.

Para pengunjung juga akan dilengkapi pengalamannya dengan berbagai pemandangan dan pengetahuan baru, ambil saja misalnya sebagai contoh soal kehidupan burung gosong. Burung ini diyakini sebagai salah satu burung misteri yang kehidupannya penuh mistis. Gimana tidak seekor burung yang besarnya tidak melebihi seekor ayam, ternyata mampu membuat sarang dengan membuat gundukan tanah laksana bukit kecil, lalu diatas gundukan itulah burung tersebut membuat lubang dengan kedalaman bisa mencapai tiga meteran lebih. Dan lebih unik lagi menurut keterangan beberapa warga di sekitar Hutan Gunung Tunak bahwa di dalam lubangnya penuh dengan kayu-kayu besar yang secara akal sehat tidak mungkin diangkut oleh seekor burung yang besarnya berkisar antara 30-35cm. bagi anda yang mau menambah informasi tentang burung gosong ini bisa di buka di blog saudara kita yaitu : https://dody94.files.wordpress.com/2013/10/burung-gosong-indonesia.jpg dan http://silvia9bp2.blogspot.co.id/p/hewan-langka-di-indonesia-5-burung.html, karena di sini kami ingin lebih focus berbagi tentang keindahan Alam Gunung Tunak dengan Pantainya.

Dari testimony para pengunjung yang pernah mengeksplor destinasi ini, tidak ada yang tidak mengakui keindahannya. Cuma saja keindahannya ini tidak berbanding lurus dengan banyaknya para penikmat keindahan alam yang mengenali lokasi ini. Hal ini karena adanya isu miring yang sengaja dihembuskan oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab yakni soal keamanan. Padahal sejatinya lokasi ini sangat amat dan nyaman, karena lokasi ini di kelola oleh seluruh masyarakat yang diwakilkan oleh sekelompok remaja tunak yang mengatasnamakan dirinya dengan nama Tunak Besopok.

Kelompok masyarakat yang diberi nama Tunak Besopok inilah yang sekarang anggotanya 75 orang yang terus berkoordinasi dan berkonsolidasi dengan seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjaga kemanan dan kenyamanan di sekitar lokasi TWA Gunung tunak mulai dari luar pintu masuk hingga keseluruh destinasi yang menyimpan keindahan tersebut.

Upaya-upaya yang sudah dilakukan untuk menjaga kondusifitas area dan kebersihan sekitar area termasuk sepanjang jalan masuk adalah kelompok tunak besopok bekerja sama dengan kades dan kadus setidaknya di tiga dusun yang di lalui yaitu dusun batu guling, dusun bung bang dan dusun dusun takar akar setiap pagi minggu melakukan gotong royong untuk melakukan pembersihan dan menjaga keamanan. Dan satu lagi bagi pengunjung yang tidak puas menikmatinya dalam sehari. Di TWA Gunung tunak juga sudah di siapkan kamar yang dijamin nyamin dengan harga terjangkau bahkan yang punya uang kurang juga masih bisa nginap dengan membooking paket camping di tengah hutan pinggir pantai dan tidak perlu repot bawa makanan karena pengelola sudah menyiapkan semuanya.

 

Baca Juga :


Yang pasti bahwa TWA gunung Tunak adalah tempat yang sangat indah, aman dan nyaman.

Jika para pembaca ragu, maka datanglah untuk membuktikannya. Jika masih bingung dimana lokasinya bisa hubungi penulis di 081 7575 8182 atau hubungi ketua Tunak Besopok Damar di nomor 085 338 204 062 atau zohri di 085 237 280 747 atau anom di 085 333 133 520 atau manager langsung L. Sandika di 081 917 394 284

 



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan