logoblog

Cari

Tutup Iklan

Terowongan di Ujung Tanjung

Terowongan di Ujung Tanjung

Alam menganugerahkan sejuta keindahan dan keunikan pada Bumi Lombok. Laut yang biru’ hamparan pasir yang landai, gugusan batu karang yang tampak

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
23 Januari, 2018 13:14:18
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 8508 Kali

Alam menganugerahkan sejuta keindahan dan keunikan pada Bumi Lombok. Laut yang biru’ hamparan pasir yang landai, gugusan batu karang yang tampak eksotis, dan aneka ragam biota laut dalam rahim laut tampak menawan, adalah wujud persembahan alam yang patut diterjemahkan. Demikian pula dengan gugusan tebing yang tertancap kokoh di belahan laut, dan pisahan-pisahan bukit yangh berjarak, serta bilangan gunung yang beratap kerucut tampil bersahaja di bawah langit. Tapi bukan hanya itu, kuantitas air terjun dengan berbagai karakter tampil mempesona di balik hutan-belukar. Ragam keunikan tanjung di pulau seribu menara ini menjadi tuturan indah bagi para jurnalis di berbagai media sosial, salah satunya adalah sebuah tanjung kecil yang terletak di Pulau Maringkik, Kecamatan Kruak. Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Potongan daratan itu memanjang di atas Bukit Maringkik dan tampak menjolok ke laut, itulah tanjung kecil yang cukup menarik perhatian bagi setiap pengunjung yang menjelajah di Pulau Maringkik. Tanjung kecil yang sudah tidak asing lagi dengan sorotan matahari muda, seolah-olah tak pernah merasa letih menerima kunjungan orang-orang yang datang bersiarah.

Kalau akan dihitung,  sudah berapa lama tanjung kecil ini dijelajah oleh orang-orang, adalah semenjak adanya peradaban manusia yang berkembang di wilayah pulau kecil ini. Hanya saja belum ada pembuktian autentik tentang awal peradaban manusia di pulau ini, sehingga untuk menghitung jarak waktu atas kunjungan orang-orang di tempat ini ada kesulitan.

Ada banyak sudut keindahan yang dapat ditemukan di Pulau Maringkik. Namun, diantara titik-titik keindahan yang tersembunyi di pulau nelayan ini, penampilan tanjung kecil yang mengarah ke lautan lepas sungguh unik nan mempesona. Bila dicermati dan dimasukkan ke dalam sebuah sketsa ilusinasi, wujud tanjung  yang setiap waktunya terhajar oleh ombak menyerupai ekor buaya putih yang sedang merayap ke daratan.

 

Baca Juga :


Ukuran luas dari Tanjung Bukit Maringkik hanya berkategori kecil dan sempit. Bila kita berjalan di atas permukaannya, serasa jiwa kita meniti di atas sebuah titian bambu yang membentang di atas sungai kecil. Akan tetapi, tatkala kita mampu untuk uji nyali, yaitu dengan menjelajah di atas permukaannya hingga ke ujung, kita pun serasa berada di tengah lautan luas yang membiru. Apalagi pada bagian ujung dari permukaan tanjung ini, terdapat sebuah batu karang yang  berdiri kokoh, dan sangat tepat untuk di tempati beristirahat sembari melepas pandang ke laut yang luas.

 Pada bagian bawah dari ujung permukaan Tanjung  Bukit Maringkik, sebuah terowongan mini tampak eksotis. Kelincahan loncatan-loncatan air di permukaan laut tampak indah dan berakhir ketika menghempaskan diri pada dinding teluk hingga menembus ke dalam rongga terowongan. Inilah yang membedakan karakter tanjung di Bukit maringhkik dengan tanjung lainnya.

Konon tuturan warga sekitar,  terowongan yang menghias pada bagian bawah dari ujung permukaan tanjung kecil Maringkik telah ada sebelum kaum penajajah dari negara Belanda menginjakkan kaikinya di Pulau Maringkik. Bahkan kaumpenajah pu n sering melewati rongga terowongan tersebut di masa penajajhan. Tapi kini, terowongan kecil yang tampak indah ini menjadi kunjungan wisata.Auratik terwongan tanjung Bukit Marinkik akan lebih tepa dinikmati ketika air pasang laut lagi naik, sebab para pengunjung dapat menyaksikan antraksi gelombang air laut hingga terhempas ke dinding teluk dan mengalir deras menembus rongga terowongan . Namun ketika air laut lagi surut, rongga terwongan itu hanya menyisahkan hamparan pasir dan batu-batu cadas yang terbawa oleh arus gelombang. Inilah sensasi indah dari tereowongan mini di ujung tanjung.

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan