logoblog

Cari

Tutup Iklan

Aroma Klasik Pantai Lungkak

Aroma Klasik Pantai Lungkak

Sejarah mencatat bahwa wisata Lombok selalu mengalami perubahan dan perkembangan.  Kuantitas obyek wisata, entah dengan tampilan pesisir yang menawan, alam pegunungan

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
08 Januari, 2018 21:21:15
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 1511 Kali

Sejarah mencatat bahwa wisata Lombok selalu mengalami perubahan dan perkembangan.  Kuantitas obyek wisata, entah dengan tampilan pesisir yang menawan, alam pegunungan yang tampak rupawan, ataupun adat-istiadat yang kini masih tetap bertahan. serta ragam tradisi yang cukup mewarnai kehidupan masyarakatnya menjadikan pulau ini selalu mengalami peningkatan. Peningkatan kuantitas obyek wisata di pulau indah ini, tak lain karena sumber daya manusianya cukup kreatif dalam menggali potensi wisata dan sarana pendukungnya. Salah satu obyek wisata yang kini mulai dikembangkan oleh kelompok generasi muda yang ada di Pulau Lombok adalah Wisata Pantai Lungkak.

Pantai Lungkak terletak di Dusun Lungkak, Desa Ketapang Raya, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pantai yang berpasir hitam ini cukup aktif sebaga tempat berlabuhnya perahu-perahu nelayan. Namun, karena pantai ini memiliki hamparan pasir yang landai dan indah, sehingga oleh kelompok pemuda yang menamakan diri sebagai kelompok pemuda sadar wisata (POPDARWIS) memiliki ide kreatif  untuk menggali dan mengembangkan kawasan pantai ini sebagai obyek wisata pantai.

Ide kreatif dari kelompok pemuda sadar wisata Lungkak mendapat tanggapan positif dari pemeritah setempat, yaitu dari pihak kepala Desa Ketapang Raya. Akhirnya ide cemerlang yang berlandaskan atas kebersihan, indah, ramah lingkungan, sehat dan sejahtera mengkapling wilayah pantai yang terletak di depan komplek bantuan perumahan nelayan hingga di sebuah muara sugai yang banyak dtumbuhi oeh hutan magrove. Pada pertengahan tahun 2017, pembangunan wisata di kawasan pesisir Lungkak berhasil diterobos oleh kelompok pemuda sadar wisata (POPDARWIS), dan obyek wisata pantai tersebut bernama Wisata Pantai Lungkak.

Keunikan dari Wisata Pantai Lugkak, selain memilki hamparan pasir hitam yang landai, para wisatawan dapat menikmati permainan ombak kecil yang hendak bertepi. Beberapa gili indah yang tidak jauh dari pantai ini tampil mempesona dengan beragam karakter. Demikian pula dengan aktifitas perahu nelayan yang sedang sibuk di tengah laut turut menyegarkan padangan mata bila kita berdiri di tepi pantai ni. Deretan rumah apung yang setia menampung bibit-bibit  udang lobster hingga besar menjadi pemandangan klasik dari pantai yang berair jernih ini. Inilah keindahan pesisir pantai yang dapat diraih bila kita mengunjunginya.