logoblog

Cari

Tutup Iklan

Festival Mengkele Tongkol di Meninting

Festival Mengkele Tongkol di Meninting

Minggu (17/12), warga Desa Meninting Kecamatan Batu Layar berjubel di Pantai Meninting. Pasalnya, pemerintah desa setempat menggelar acara syukuran yang bertajuk

Wisata Alam

Ali Marwansyah
Oleh Ali Marwansyah
20 Desember, 2017 21:57:03
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 3318 Kali

Minggu (17/12), warga Desa Meninting Kecamatan Batu Layar berjubel di Pantai Meninting. Pasalnya, pemerintah desa setempat menggelar acara syukuran yang bertajuk Festival ‘Bekele’ Tongkol di pinggir pantai Meninting tersebut.  Ratusan warga setempat tumpah ruah, riuh dalam kegembiraan mengingat acara tersebut baru pertama kali diadakan. Selain Bekele Tongkol atau makan ikan tongkol yang dipanggang sendiri oleh masyarakat, acara tersebut juga dirangkai dengan lomba mendayung kano. Untuk acara lomba kano tersebut, tidak hanya orang dewasa, melainkan juga diramaikan oleh kalangan anak-anak kecil yang memang sudah mahir bermain kano.

Kepala Desa Meninting H. Iskandar Zulkarnain dalam kesempatan itu mengatakan bahwa digelarnya Festival Bekele Tongkol merupakan bentuk rasa syukur dirinya dan pemerintah Desa Meninting. “Acara ini adalah bentuk syukur kami di desa, bahwa saat ini sudah satu tahun kami menjadi Kepala Desa,” katanya.

Namun syukuran masa jabatannya itu bukanlah hal yang utama, menurut dia, festival tersebut merupakan pesta rakyat yang nampaknya sangat cocok untuk dilakukan. Bahkan, ke depan, dia berencana akan menjadikan festival Bekele Tongkol itu menjadi agenda rutin pemerintah desa Meninting. “Tahun depan kita akan adakan kembali dengan lebih tertata dan meriah, sehingga bisa juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” katanya.

Untuk itu, dia pun berpesan kepada masyarakatnya untuk tetap menjaga kebersihan pantai. Menurutnya, jika pantai bersih, maka wisatawan akan sangat senang untuk datang baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. “Dan lagi-lagi hasilnya bisa kita nikmati bersama. Kami akan upayakan ini menjadi agenda tahunan Desa Meninting,” tegasnya kemudian.

Sementara itu warga yang hadir dalam acara tersebut merasa sangat senang. Bahkan warga berharap agar kegiatan semacam itu bisa diadakan setiap pekan, sehingga Pantai Meninting selalu ramai. Dengan begitu, pantai Meninting bisa menjadi objek wisata baru selain Senggigi. “Kalau bisa diadakan setiap minggu, jadi warga bisa menikmati liburan. Dan tentunya ikan tongkol gratis,” kata salah seorang warga.

 

Baca Juga :


Selain acara bekele 500 ekor ikan tongkol dan lomba kano, warga juga dihibur oleh artis lokal yang namanya sudah sangat dikenal oleh masyarakat Lombok yakni Ari Julian. Ari Julian sendiri merupakan warga Meninting yang sudah cukup lama malang melintang di dunia musik Lombok.

Kegiatan ini, juga merupakan awal membentuk kesadaran masyarakat agar tetap bisa menjaga kesebrsihan Pantainya, Di Mana Pemerintah Desa Meninting memberikan dukungan kepada BUMDES untuk mengelola WIsata Pantai dengan unit usaha penyewaan kano dan life jacket melalui Dana Desa Dan kedepannya diharapkan bisa terus berkembang dan menjadi asset desa yang bisa terus dimanfaatkan dan menjadi salah satu sumber PADes dan sumber income warga desa meninting dikawasan pesisir tentunya. []



 
Ali Marwansyah

Ali Marwansyah

Alamat: Desa Meninting, Dusun Montong Buwuh, Kecamatan Batulayar. Passion: Jurnalis Freelance Hp/WA: 085205964220 email: ali.marwansyah@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan