logoblog

Cari

Tutup Iklan

Meredefinisi Wisata

Meredefinisi Wisata

Kegiatan seorang habib  (ini Habib nama buka habib yang merupakan bentuk muprad dari Haba’ib keturunan Rasulullah), yang terus berkampanye ke setiap

Wisata Alam

KM Kaula
Oleh KM Kaula
08 Desember, 2017 04:53:19
Wisata Alam
Komentar: 1
Dibaca: 6939 Kali

Kegiatan seorang habib (ini Habib nama buka habib yang merupakan bentuk Muprad dari Haba’ib keturunan Rasulullah), yang terus berkampanye ke setiap dusun dasan soal  pariwisata, dalam hal ini pariwisata desa atau desa wisata yang digandeng dengan upaya kampanye Kampung Media. Selalu dia awali dengan penyatuan persepsi soal wisata atau berwisata.
Menurut habib hal ini perlu dilakukan, sebab jika tidak diawali dengan peyatuan pandangan soal berwisata maka boleh jadi langkah yang akan ditempuh untuk mewujudkan wisata itu sendiri tentu akan berbeda-beda.
Penyatuan pandangan yang dimaksud adalah soal definisi wisata. Banyak orang berpendapat bahwa ketika bicara soal wisata, maka yang terbayang adalah tempat yang indah, hotel yang megah, makanan yang mewah bahkan selalu di tendensikan dengan hal-hal negatif.

Padahal sesungguhnya yang namanya berwisata itu menurut Habib berdasarkan referensi dari bagai sumber yang ia pernah baca, kemudian dikaitkan dengan testimoni para wisatawan ditambah lagi dengan pengalamannya melakoni wisata selama ini, ternyata berwisata adalah Kegiatan seseorang atau sekelompok orang mendatangi suatu tempat dengan tujuan untuk mencari ketenangan, kenyamanan, penyegaran fikiran, untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru. Jadi sama sekali tidak disebut seperti yang orang bayangkan tentang wisata itu sendiri.
Oleh karena, tujuan seseorang berwisata adalah untuk mencari ketenangan dan pengalaman serta pengetahuan baru, maka setiap yang kita liat, kita dengar itu adalah hal baru yang kita belum pernah alami sebelumnya dan itu bisa memberi ketenangan dan mampu menyegarkan fikiran kita, Maka itu adalah wisata.
Dengan demikian tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan terkait dengan wisata selama kita bisa mengendalikannya, itu sebabnya sebelum kita menginstall sebuah tempat menjadi destinasi wisata, yang tidak kalah penting yang harus kita siapkan adalah generasi muda dan masyarakat yang sudah siap mental, siap segalanya sehingga mereka akan mampu melakukan filternisasi terhadap budaya yang dibawa oleh para wisatawan yang mendatangi destinasi wisata tersebut.
Kembali ditegaskan bahwa tujuan berwisata adalah untuk menyegarkan fikiran atau refresing dan mencari ketenangan, maka yang paling penting harus disiapkan ketika kita mau menjadikan tempat kita menjadi sebuah destinasi wisata adalah keamanan dan kenyamanan.
Bagaimana menyiapkan keamanan ya tentu dengan menjaga stabilitas warga, jangan sampai ada warga yang satu merasa terganggu dengan warga lainnya baik terganggu fisik maupun material yang mereka punya pun juga secara moril. Kemudian bagaimana memberi kenyamanan ya tentu dengan menyiapkan segala amenitas, menjaga kebersihan, menjaga ketenangan dengan cara jangan ada suara bising dan lain sebagainya.
 Yang pasti bahwa masyarakat sendiri harus menjaga ketertiban, kesopanan, kebersihan, keramah tamahan sehingga setiap tamu yang datang ia tidak merasa seperti orang asing tapi justru merasa seperti di tengah keluarga sendiri lantaran keramahan sang penduduk desa setempat.

 

Baca Juga :




 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    10 Desember, 2017

    seandainya di kegiatan Jambore Kampung Media Kemarin yang di hotel Lombok Astoria, ada dialog dengan kepala kampung atau Kadis Kominfo NTB, maka saya akan mengusulkan supaya ruang headline di perluas artinya tidak cuma lima yang jadi head line tapi setidaknya ada sepuluh judul. ini bukan persoalan uang lantaran jadi head line tapi soal lamanya tulisan itu bertengger di halaman utara sehingga kemungkinan dibaca oleh banyak orang lebih luas dan itu yang akan membuat sang penulis jadi berbunga-bunga.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan