logoblog

Cari

Tutup Iklan

Berburu Air Terjun di Narmada

Berburu Air Terjun di Narmada

Ada banyak air terjun yang cantik tersembunyi di Pulau Lombok. Oleh sebab itu, sangat wajar jika banyak wisatawan yang merelakan diri

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
30 November, 2017 20:06:14
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 8401 Kali

Ada banyak air terjun yang cantik tersembunyi di Pulau Lombok. Oleh sebab itu, sangat wajar jika banyak wisatawan yang merelakan diri untuk berburuh air terjun di pulau seribu menara ini. Salah satu air terjun yang kini mulai dicari oleh wisatawan  adalah air terjun yang berada di Dusun Pesantek Desa Pakuan Kecamatan Narmada Lombok Barat. Letaknya pun diapit oleh tebing dan tak jauh dari areal persawahan. Namun entah kenapa, air terjun yang tampak mempesona ini disebut sebagai Air Terjun Batu Santet.

Menurut penuturan penduduk setempat, Air Terjun Batu Santek mulai dijelajahi wisatawan pada awal tahun 2014 dan dirintis oleh warga setempat yang ada di desa Pakuan. Informasinya pun bermula dari mulut ke mulut, yang akhirnya pula masuk di media sosial, seperti face book, instagram.

Ketinggian air pada Air Terjun Batu santet yaitu sekitar 40 meter dari atas tebing. Menurut warga sekitar, sumber mata air dari air terjun berasal dari hutan belantara Lombok Barat. Namun bila kita merendam kaki di kubangan atau kolam tempat air yang jatuh terasa dingin seperti es.

Keindahan Air Terjun Batu Santet nampak pada tetesan air deras yang jatuh dari atas tebing yang menyerupai salju putih yang lembut. Selain itu, pada bagian sisi kanan sungai ini, yang mana tak jauh dari air terjun, terdapat pula air yang terjun dari atas tebin, namun kekuatan airnya tidak besar, tapi cukup indah.

Mengenai fasilitas yang ada di lokasi Air terjun Batu Santet, boleh dikata masih jauh untuk memadai. Dimaklumi saja karena obyek wisata ini masih tergolong baru di kalangan wisatawan. Hanya ada semacam berugak di tepi sungai. Ya, tepi sungai karena air yang mengalir dari kubangan air terjun itu membentuk sebuah aliran sungai yang cukup dangkal dan hamparan batu berwarna hitam dan merah menjadi khasnya.

 

Baca Juga :


Untuk menemukan Air Terjun Batu Santet, yang mana bila kita beranjak dari Kota Mataram harus menempuh perjalanan yaitu sekitar 20 KM. Itu pun kalau kita menggunakan kendaraan pribadi. Tapi bila kita starting dari Narmada, kita pun akan bertemu dengan jalan raya yang menuju wisata hutan Suranadi, yang selanjutnya melewati Desa Sesaot dan berlanjut ke arah timur, yaitu berjarak sekitar 1 KM dari perbatasan Desa Sesaot dan Pakuan.

Setelah melewati perjalanan 1 KM, kita pun akan bertemu dengan sebuah tempat parkir yang berada di kiri jalan. Selanjutnya, barulah kita akan mulai berjalan kaki dengan menuruni sebuah tangga jalan yang terbuat dari benton, yaitu sekitar 50 meter. Setelah tiba di bawah, kita akan bertemu dengan areal persawahan. Artinya kita menjelajah dengan melewati sepanjang pematang sawah ke arat timur. Sekitar 250 meter dari pangkal tangga yang berada di dasar tebing dekat persawahan, kita akan betemu dengan sungai batu santet. Anda bisa menyelidiki tempat penurunan ke bawah sungai, sebab jalan masuk untuk menuruni sungai tersebut nyaris tak kelihatan. Namun lebih bagusnya banyak bertanya pada petani yang ada di sawah. Dan ketika anda sudah turun ke sungai, berarti anda sudah berada di lokasi Air Terjun batu Santet, sebab air yang mengalir di sungai itu berasal dari Air terjun Batu Santet

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan