logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tumpasan Adazan, Magnet Jantung Ketapang

Tumpasan Adazan, Magnet Jantung Ketapang

KM. Sukamulia – Tumpasan Adzan, merupakan salah satu objek wisata alam yang dimiliki oleh Desa Madayin Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur

Wisata Alam

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
26 November, 2017 21:38:11
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 6137 Kali

KM. Sukamulia – Tumpasan Adzan, merupakan salah satu objek wisata alam yang dimiliki oleh Desa Madayin Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur yang berupa Air Terjun. Air terjun yang satu ini berada di Jantung Hutan Ketapang Desa Madayin yang berada sekitar 1,5 Km di bawah Air Terjun Kampung Media. Air terjun ini diketahui sejak lama oleh masyarakat setempat dan keberadaan air terjun tersebutlah yang menyebabkan masyarakat sekitar dan wisatawan luar tertarik untuk menyusuri Hutan Ketapang yang begitu lebatnya. Sehingga tidak salah jika kami mengatakan bahwa Tumpasan Azan merupakan maghnet di Jantung Hutan Ketapang.

Desa Madayin memiliki potensi wisata yang cukup besar, dimana setelah kami adakan survey dan pemetaan objek wisata maka kami dapat berencana untuk membangun 8 titik objek wisata yang ada di Desa Madayin, yakni; 1) Pantai Beburung, 2) Bukit Tele Tubis Beburung, 3) Rumah Adat Dusun Beburung, 4) Goa Tibu Langit, 5) Situs Bersejarah Gunung Batua, 6) Tumpasan Adzan, 7) Air Terjun Sigar Penjalin dan 8) Air Terjun Ajal atau Air Terjun Kampung Media dan artikel kali ini hanya akan membicarakan mengenai Tumpasan Adzan.

Keberadaan air terjun (tumpasan) Adzan merupakan sumber inspirasi pemerintah dan masyarakat Desa Madayin ingin mengembangkan Desa Madayin sebagai Desa Wisata sebab atas keberadaan Tumpasan Adzan tersebutlah sehingga Karang Taruna Desa Madayin melakukan survey dan pemetaan titik wisata Desa Madayin yang pada ahirnya ditemukan Air Terjun Sigar Penjalin dan Air Terjun Kampung Media yang juga merupakan destinasi wisata alam Desa Madayin yang berlokasi di Jantung Hutan Ketapang.