logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sejarah dan Pesona Semenanjung Sanggar.

Sejarah dan Pesona Semenanjung Sanggar.

kadang Sanggar dan Tambora disebut sebagai satu daerah, Sanggarpun ditutupi oleh nama besar Tambora, sebelum pembagian wilayah tak bertuan Tambora selatan

Wisata Alam

KM Samparaja
Oleh KM Samparaja
02 Oktober, 2017 06:42:58
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 2136 Kali

kadang Sanggar dan Tambora disebut sebagai satu daerah, Sanggarpun ditutupi oleh nama besar Tambora, sebelum pembagian wilayah tak bertuan Tambora selatan dan Utara.

32 tahun berlalu paska letusan dahsyat gunung Tambora, tepatnya tahun 1847 Zolinger menuju Tambora dan singgah di Kerajaan Sanggar yang terletak di lereng utara semenanjung sanggar, di sambut oleh seorang raja muda sanggar Daeng Manassa.

paska Tambora penduduk Sanggar tersisa 275 Jiwa dan 1100 jiwa meninggal kemudian mereka membangun kerajaan baru, dulunya kerajaan sanggar terletak disekitar Tampiro.

keberuntungan berpihak pada Sanggar, wilayah tak bertuan sisa dari Pekat dan Tambora diberikan pada Sanggar.

 

Baca Juga :


lereng Tambora, alam yg jarang di jamah akibat begitu besarnya kepercayaan masyarakat pada pengaruh mistis, namun sebaliknya saya takut akan malaria.

dalam catatan Zolinger di Insel Sumbawa, mulai dari Tampiro hingga Nanga Miro begitu banyak macam2 pohon untuk dipelajari. namun sekarang sebaliknya pada taman nasional begitu banyak illegal logging dan pungli yg merusak citra tambora.

perebutan wilayah semenanjung sanggar tak terelakan sering terjadi, paska 1815 korban meninggal terhitung total 10.100 jiwa, ditambah peperangan tahun 1861 hingga 1862 korban jiwa semakin banyak berjatuhan akibat perebutan wilayah. 

gubernur jendral bosch di makassar menyerahkan semua wilayah Tambora kepada Sanggar di tahun 1866, paska peperangan Daeng Manrangka dengan Sultan Dompu Muhammad Salahuddin.

tanah terkutuk yg kerap menjadi incaran, dibalik keindahannya ada bencana besar yg pernah terjadi, membuatmu berpikir bahwa murka-Nya lebih dahsyat dibanding murka manusia.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan