logoblog

Cari

Tutup Iklan

Geo Park Taman Gunung Rinjani, Keindahan Lombok Untuk Dunia

Geo Park Taman Gunung Rinjani, Keindahan Lombok Untuk Dunia

Tidak henti hentinya Pulau Lombok menjadi tempat pariwisata yang mendunia, dan tidak henti hentinya juga Pulau Lombok di eksplore di semua

Wisata Alam

Geo Park Taman Gunung Rinjani, Keindahan Lombok Untuk Dunia

Geo Park Taman Gunung Rinjani, Keindahan Lombok Untuk Dunia

Geo Park Taman Gunung Rinjani, Keindahan Lombok Untuk Dunia

Firman PurnaWirawan
Oleh Firman PurnaWirawan
27 September, 2017 18:29:08
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 980 Kali

Tidak henti hentinya Pulau Lombok menjadi tempat pariwisata yang mendunia, dan tidak henti hentinya juga Pulau Lombok di eksplore di semua sosial media dengan keindahannya.

Pulau Lombok yang dikenal dengan pulau seribu masjid ini memang sudah menjadi tempat wisata yang indah. Pulau Lombok memang memiliki  wisata alam yang sangat indah diantaranya wisata alam pegunungan, wisata sejarah, kuliner, dan masih banyak lagi, terlebih lebih juga Gunung Rinjani yang sebagai ikon Pulau Lombok.

Gunung Rinjani yang sudah di umumkannya menjadi Geopark dunia beberapa tahun lalu menjadikannya ramai pengunjung setiap tahunnya. Gubernur Nusa Tenggara Barat M. Zainul Majdi yang menghadiri sidang UNESCO untuk menentukan Gunung Rinjani sebagai salah satu Geo Park Dunia. Tidak Salah memang, mengingat Gunung Rinjani merupakan wisata alam yang menyuguhkan keindahan yang sangat luar biasa.

Keanekaragaman geologi, dan keanekaragaman budaya. Secara keseluruhan area geopark  Gunung Rinjani mencakup kawasan seluas 2.800 kilometer persegi. Area ini masuk dalam wilayah seluruh kabupaten Lombok Utara, bagian utara Lombok Barat, bagian utara Lombok Tengah, bagian utara Kota Mataram, dan bagian utara dan timur Lombok Timur.                               

Memang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Baik di pagi hari, siang hari, sore hari, serta malam hari, pesona Gunung Rinjani selalu terlihat dengan megahnya. Terutama di malam hari, dimana Anda akan melihat keindahan langit yang bertabur bintang. Apalagi jika Anda memandangnya sambil tiduran di luar tenda Anda, hmmm…bagaikan indah berselimutkan bintang-bintang yang gemerlapan..sungguh suatu pengalaman yang tak akan terlupakan pastinya. Banyak hal yang bisa disaksikan di Gunung Rinjani yang begitu indah di Gunung Rinjani.

Tidak salah lagi jika Gunung Rinjani diusungkan menjadi Geo Park dunia, dengan keindahan luar biasa panorama yang indah saat dilihat.  Keindahan  yang serta merta yang tidak menginginkan pulang jika kalau sudah berada di punyak Gunung Rinjani. Kah Muncak Juk Gunung Rinjani, Laun Ndekm Mele Olek.

Anda pecinta alam dan penikmat gunung? Belum lengkap rasanya jika Anda belum merasakan sensasi mendaki di gunung yang terkenal sangat cantik akan pesona alamnya ini. Dengan ketinggian 3.726 mdpl dan terletak di utara Pulau Lombok, Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektar merupakan pemandangan yang asri bagi Gunung Rinjani.

Baca Juga :


Untuk menuju ke Gunung Rinjani, Anda bisa memulainya dari Mataram menuju Sembalun, Lombok Timur dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Jika Anda berada di luar Lombok, Anda bisa memulainya dengan mengunjungi Lombok menggunakan pesawat. Setelah tiba di bandara, Anda harus menuju ke Selong, Lombok Timur dengan menggunakan kendaraan. Dari Selong, teruskanlah perjalanan Anda ke Pasar Air Mel, Lombok Timur. Dari Pasar Aik Mel, barulah Anda menuju ke Sembalun, Lombok Timur untuk memulai pendakian Anda

Ada 2 jalur pendakian untuk mencapai Puncak Rinjani, yaitu Jalur Sembalun dan Jalur Senaru. Jalur Sembalun merupakan jalur favorit para pendaki karena meskipun treknya lebih panjang namun bisa menghemat 700 m ketinggian.

Di Jalur Sembalun, pendaki akan melalui hamparan padang savana yang sangat luas dan cantik. Ada 3 pos peristirahatan di jalur ini, dan selepas dari pos 3 pendaki akan menghadapi tanjakan terjal dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Sedangkan di Jalur Senaru, pendaki akan melewati hutan tropis yang cukup lebat dan terjal. Sama halnya dengan Jalur Sembalun, jalur ini juga terdapat 3 pos peristirahatan sebelum nantinya sampai ke pos pelawangan yang biasa digunakan sebagai area perkemahan.

Diberikan status National Geopark pada tahun 2013, Gunung Rinjani telah menarik cukup banyak jumlah wisatawan. Di nasional Geopark Rinjani ini juga terdapat sebuah danau kawah berbentuk seperti bulan sabit, yang dikenal sebagai Segara Anak. Pada tahun lalu saja tercatat ada 70.000 pengunjung yang menyambangi geopark nasional Rinjani ini dimana 27.000 pengunjungnya adalah pengunjung asing atau datang dari negara lain.

Jangan main main dengan keindahan yang berada di Lombok ini. karena Wisata Alam Lombok adalah surga sebelum surga sebenarnya. Dan semoga wisata alam Lombok akan tetap indah selamanya. Harapannya semoga kedepannya Lombok akan menjadi tempat pariwisata yang luar biasa. []



 
Firman PurnaWirawan

Firman PurnaWirawan

Nama saya Firman Purnawirawan. Saya kuliah di IAIN MATARAM dan masuk organisasi para sahabat yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Saya anak ke dua dari tiga bersaudara.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan