logoblog

Cari

Tutup Iklan

Mangku Sakti, Air Terjun Terindah di Lombok

Mangku Sakti, Air Terjun Terindah di Lombok

Masa masa libur menjadi keinginan semua orang untuk pergi bersantai. Saat saat inilah yang saya tunggu untuk melihat berbagai macam wisata

Wisata Alam

Firman PurnaWirawan
Oleh Firman PurnaWirawan
08 September, 2017 09:13:04
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 2086 Kali

Masa masa libur menjadi keinginan semua orang untuk pergi bersantai. Saat saat inilah yang saya tunggu untuk melihat berbagai macam wisata alam yang belum pernah saya kunjungi. Dan kali ini saya penasaran tentang keindahan air terjun yang berada di kaki gunung rinjani Lombok yaitu Air Terjun Mangku Sakti.

Melangkah dari rumah menuju lombok timur akan menjadi perjalan jauh bagi saya bersama teman-teman, akan tetapi dengan tekat yang kuat insaallah saya tidak akan merasakan lelahnya perjalan ini. beberapa jam kami dijalan kami akhirnya sampai di lombok timur didaerah Sembalun lawang yang menjadi pusat perhatian wisatawan.

Sembalun Lawang adalah sebuah desa kecil yang berlokasi di sebelah utara kaki Gunung Rinjani. Desa kecil yang indah di ketinggian sekira 1.156 m ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah sekaligus menjadi salah satu jalur populer titik awal pendakian ke Gunung Rinjani (3.726 m dpl). Selain Desa Sembalun Lawang, Desa Senaru adalah pintu gerbang lainnya untuk mencapai kemegahan Gunung Rinjani yang berlokasi di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat.

Desa Sembalun Lawang yang bersuhu sejuk menjadi favorit sebagai titik awal pendakian karena membuat pendaki dapat menghemat energi dan waktu untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Dalam perjalanan menuju desa ini selama kurang lebih 4 jam dari Mataram, Anda akan disodori pemandangan alam hijau permai berlatar Gunung Rinjani yang gagah. Perjalanan dari kota Mataram menuju Sembalun melewati jalan aspal yang berkelok-kelok, hutan, ladang pertanian, dan bahkan pemadangan laut Gili Trawangan dari kejauhan. Ladang-ladang pertanian terhampar apik, ditanami sayur-sayuran betingkat-tingkat. Nuansa pedesaan kental terasa terutama saat melihat petani melakukan aktivitas mereka dengan cara tradisonal.

Setibanya di Desa Sembalun, pemandangan alam yang lain sudah menunggu untuk dikagumi. Selain hijau oleh pepohonan dan vegetasi pegunungan, desa ini nyaris dikelilingi oleh megahnya tebing-tebing batu yang kemiringannya nyaris mencapai 90 derajat. Dinding batu ini adalah hasil pembekuan materi letusan atau lava yang dimuntahkan Gunung Rinjani ratusan tahun lalu.  Di beberapa bagian, tampak lumut dan rerumputan melapisi batuan tersebut menambah pesona kecantikannya. Udara segar pegunungan akan memenuhi paru-paru Anda. Sungguh nuansa dan pemandangan alam tropis yang eksotis dan berkesan.

Melihat sekitar keindahan bukit bukit disekitar membuat saya teringat ketika mendaki ke bukit nanggi yang ketinggiannya 2300 mdpl. Dengan ingatan mendaki itu saya pun ingin lagi melakukannya, akan tapi bukan waktu yang tepat karena persiapan yang tidak ada. Itupun bukan tujuan kami yang sebenarnya ke Sembalun tapi Air Terjun Mangku Sakti.

Mangku Sakti yang berlokasi di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur ini membuat saya penasaran berat saja setelah diceritakan oleh teman saya yang tempat tinggalnya di sembalun. Mangku Sakti ini adalah tujuan utama kami dari rumah meskipun terhalang dengan keindahan lain yang membuat kami keseringan berhenti.

Sore hari pun telah tiba, keinginan kami untuk pergi pun tertunda. Akhirnya kami berencana untuk berangkat besok pagi pagi buta. Kami pun kembali kerumah teman untuk beristirahat dan solat magrib. Sambil kami istirahat sambil kami diceritakan keindahan keindahan di desa sembalun ini. dari mulai gunungnya bukitnya air terjunnya rumah pohonnya dan masih banyak lagi yang kami dengar. Canda tawa bahagia yang kami lakukan malam itu.

Keesokan harinya, kami pun bergegas untuk memulai perjalanan. Perjalan yang begitu menarik yang kami lewati, dari turun naik turun naik jalan yang kami lewati. Namun niat kami tetep saja ke air terjun mangku sakti itu.

 

Baca Juga :


Keberadaan air terjun ini memang belum ramai diketahui khalayak umum khususnya wisatawan dari luar Lombok, termasuk saya. Hanya karena diceritakan oleh teman kami yang di sembalun, membuat saya merasa wajib untuk mampir kala sudah berada di kaki Gunung Rinjani waktu itu. Jadilah, perjalanan seharian di sekitar kaki Gunung Rinjani, setelah puas melihat keindahan sekitar

Nah kemana arah dan jalannya menuju ke Air Terjun Mangku Sakti dari lokasi penginapan kami di Desa Sembalun? Pastinya, saya gak tau ya gaes, untungnya ada teman yang tau jalannya. Intinya, setelah berjalan kurang lebih setengah jam dari Desa Sembalun, maka tibalah kami di tepian jalan yang ada belokan jalan masuk ke arah air terjunnya. Jadi patokannya adalah adanya palang kayu bertuliskan Air Terjun Mangku Sakti, lengkap dengan arah panahnya yang mengarahkan kita untuk belok masuk ke jalan yang lebih kecil dan tidak beraspal.

Setelah melewati medan perjalanan yang diawali dengan hamparan padang rumput, kemudian semakin jauh ke dalam jalannya pun semakin sempit dengan medan yang naik turun bukit serta jalanan yang berpasir dan berbatuan, akhirnya kami sampai di satu tempat parkir yang ada saungnya untuk berteduh. Di spot inilah kita bisa melihat papan nama Air Terjun Mangku Sakti ini yang tersembunyi di antara pepohonan dan ternyata setelah saya perhatikan, tidak hanya Air Terjun Mangku Sakti yang ada di sekitar sini, melainkan ada beberapa air terjun kecil lainnya yang juga letaknya berdekatan dan bisa dijangkau dari titik ini.

Setelah motor diparkir, kamipun mulai berjalan trekking memasuki hutan kecil dengan kondisi jalan relatif menuruni bukit, disisi kiri dan kanan jalan setapak tersebut dipenuhi pepohonan dan sesekali terdengar bunyi burung-burung serta binatang hutan lainnya. Hmmm…udaranya sangat sejuk gaes, apalagi saat itu masih pagi hari sekitar jam 8 pagi, jadi memang enak sekali trekking di tempat ini, hingga akhirnya kami tiba di area yang berbatuan cukup besar dan disinilah diperlukan sedikit energi untuk dapat memanjat batu-batu besar.

Dan finally, kamipun disajikan pemandangan sungai dengan bebatuan unik yang mengelilinginya, impas sudah semua kelelahan ini dan mari kita nikmati kesegaran air pegunungan di Mangku Sakti Waterfall. Dan ini lah poto keindahan Air Terjun Mangku Sakti.

 

 



 
Firman PurnaWirawan

Firman PurnaWirawan

Nama saya Firman Purnawirawan. Saya kuliah di IAIN MATARAM dan masuk organisasi para sahabat yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Saya anak ke dua dari tiga bersaudara.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan