logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pesona Tiu Sabangka

Pesona Tiu Sabangka

KM Gempar. Jika anda berkunjung ke Sumbawa, kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati langsung objek wisata Tiu Sabangka yang ada di

Wisata Alam

KM. Gempar
Oleh KM. Gempar
23 Agustus, 2017 08:23:22
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 3522 Kali

KM Gempar. Jika anda berkunjung ke Sumbawa, kurang lengkap rasanya jika tidak menikmati langsung objek wisata Tiu Sabangka yang ada di Desa Mapin Kecamatan Alas Barat. Alamnya yang asri menawarkan sejuta pesona yang sayang jika anda lewatkan. Sungai yang jernih mengalir dari perbukitan hijau yang menjulang tinggi. Tiu Sabangka merupakan Salah satu keindahan alam yang masih terjaga keasliannya di Sumbawa.

Tidak sulit untuk menjangkau objek wisata ini. Dari pusat Kota Sumbawa ke arah Barat menuju Dermaga penyebrangan Poto Tano, anda hanya memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan atau sekitar 30 menit dari Dermaga Penyebrangan Poto Tano. Setibanya di Kecamatan Alas Barat selanjutnya kita menuju Desa Mapin. 15 menit dari Desa Mapin kita sudah mencapai lokasi Tiu Sabangka.

Setelah memasuki gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang di Obyek Wisata Tiu Sabangka”, Sesekali angin sepoi sepoi akan menerbangkan ingatan kepada syahdunya alam. Semakin dekat dengan objek wisata tersebut, kita akan melewati perbukitan hijau yang masih asri. Meski kondisi jalan ketempat Wisata ini masih butuh sentuhan Pemerintah Daerah, namun keindahan, kesejukan dan keasrian Tiu Sabangka akan mampu membayar keletihan dan rasa penat selama perjalanan.

Di objek wisata Tiu Sabangka ini tidak ada karcis tanda masuk yang diberikan dan bahkan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) setempat siap mendampingi para tamu. Tempat parkir khusus pengunjung pun telah disediakan. dari sinilah Objek wisata Tiu Sabangka sangat cocok sebagai tujuan liburan bersama keluarga. selain mengutamakan keamanan dan kenyamanan, anda bisa minikamti sejuknya permandian di bawah air terjun setinggi 3 meter yang begitu jernih dan bersih.

Namun sayangnya, Pemerintah Daerah kurang memperhatikan objek wisata ini dengan baik termasuk kondisi jalan serta upaya penataan dan pemanfaatan UMKM yang ada untuk menambah pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.Tidak menutup kemungkinan hal ini juga ada pada masalah anggaran pengelolaan hingga tidak ditemukan juga tempat sampah di objek wisata tersebut. Fasilitas penunjang seperti kamar ganti dan toilet pun tidak disediakan. Praktis realita tersebut membuat objek wisata alam yang begitu  indah ini menjadi kurang lengkap.

 

Baca Juga :


Karenanya, Pemkab perlu menjadikan objek wisata Tiu Sabangka ini menjadi lebih baik lagi. Pembangunan fasilitas dengan membenahi segala kekurangan yang ada, sehingga keindahan alam, semilirnya angin, benar benar menjadi sempurna dengan kelengkapan fasilitas. Konsep agrowisata setidaknya bisa dikembangkan di kawasan ini. Apalagi jika dibangun penginapan bagi wisatawan, sambil menawarkan wisata pertanian yang dikelola bersama masyarakat setempat. Pengunjungpun bisa semakin dimanjakan dan mendapatkan pengetahuan tentang kehidupan pertanian masyarakat. Sehingga ke depan Tiu Sabangka bisa tetap  menjadi “syurga” alam yang memikat hati wisatawan untuk berwisata ke Kabupaten Sumbawa

"Jangan Mengambil Apapun selain Foto, Jangan Meninggalkan Apapun Selain Jejak" agar generasi generasi yang akan datang juga dapat menikmati keindahan alam sebagai warisan yang turun temurun dan tetap lestari. ***Ryan Muammar () -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan