logoblog

Cari

Nostalgia di Air Terjun Gerung

Nostalgia di Air Terjun Gerung

KM. Sukamulia – Apakabar kawan ngtrip ? rasanya sudah lumayan lama kita tidak bersua dan saling bertukar cerita tentang wisata daerah

Wisata Alam

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
03 Mei, 2017 09:18:52
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 27646 Kali

KM. Sukamulia – Apakabar kawan ngtrip ? rasanya sudah lumayan lama kita tidak bersua dan saling bertukar cerita tentang wisata daerah kita (NTB). Kali ini, saya datang membawa sebuah cerita mengenai satu air terjun yang kiranya cukup potensial untuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata alam di wilayah Lombok Timur sebab air terjun ini menyimpan pesona dan nostalgia. Air terjun yang saya maksud ini disebut dengan nama Terjun Gerung yang berada di wilayah Desa Selaparang Kecamatan Suela.

Terjun Gerung, demikianlah masyarakat sekitar menyebut Air Terjun yang berada di wilayah aliran sungai yang melintasi wilayah Kecamatan Suela (Ketangga – Selaparang) dan Kecamatan Pringgabaya ini. Sungai ini bermuara di sekitaran pantai wilayah Kecamatan Pringgabaya. Terjun Gerung berketinggian sekitar 8 meter dengan tumpahan air yang membentuk telaga dengan ukuran yang lumayan luas. Tumpahan air terjun ini membentuk telaga yang cukup luas (sekitar 7 x 9 m) dengan kedalaman antara 40 cm hingga 2 meter.

Air terjuan ini cukup potensial untuk dijadikan sebagai salah satu objek wisata alam sebab suasana alam sekitar air terjun ini menawarkan pesona wisata alam yang indah dan nyaman. Air terjun ini tertumpah dari aliran sungai yang terbentuk dari batu cadas yang halus dan kokoh. Tebing-tebing yang berada di sekitaran aliran sungai terbentuk dari konstruksi batu cadas yang terlihat begitu indah dan mempesona.

Di atas air terjun ini terdapat beberapa genangan air yang membentuk telaga atau dalam bahasa setempat disebut lingkok yang biasa dijadikan sebagai tempat bermain air oleh warga sekitar.  Pada umumnya masyarakat Selaparang dan sekitarnya menggunakan tempat tersebut sebagai tempat berwisata sambil mandi dan mencucui. Namun sayangnya, hingga saat ini tempat yang memiliki potensi wisata tersebut belum pernah diperomokan sebagai objek wisata alam dan semoga cerita ini dapat membangkitkan ketertarikan pembaca untuk berkunjung dan menikmati destinasi wisata Terjun Gerung dan indahnya tebing-tebing batu serta hamparan batu cadas yang tersusun rapi di sepanjang aliran sungai tersebut.

Warga dan pencinta kampung media yang kami banggakan, Terjun Gerung dan Lingkok yang berada di sekitaran aliran sungai tersebut ternyata menyimpan cerita nostalgia yang cukup menarik. Menurut keterangan warga sekitar, pada zaman berkembangnya Kerajaan Selaparang, wilayah Terjun Gerung merupakan tempat dimana biasanya keluarga kerajaan berwisata dan menenangkan diri, terbukti dengan adanya lubang-lubang yang digunakan untuk bermain batu yang dalam Bahasa Sasak disebut dengan permainan Ciwe.

Sekitar 500 meter di atas Terjun Gerung terdapat genangan air (Lingkok), yakni Lingkok Bokah dan Lingkok Muter. Diseiktaran Lingkok Bokah dan Lingkok Muter terdapat beberapa Balen Ciwe yang konon pada zaman dahulu merupakan tempat keluarga kerajaan bermain-main. Permainan Ciwe adalah salah satu permainan yang sering dilakukan setelah mereka berendam atau bermain air di Terjun Gerung dan kedua lingkok tersebut.

Yachhhh demikianlah cerita yang kami dapatkan mengenai Terjun Gerung. Tidak heran jika wilayah terjun ini dulunya digunakan sebagai tempat berwisata oleh keluarga besar Kerajaan Selaparang sebab Terjun Gerung berada sekitar 800 meter dari Makam Selaparang yang konon merupakan bagian dari Pusat Kota Kerjaan Selaparang. Dengan demikian, jika anda berkunjung ke Terjun Gerung maka anda akan merasakan bagaimana suasana wisata keluarga Kerajaan Selaparang pada masa lalu. Untuk itu, jika anda hendak merasakan bagaimana indahnya nostalgia wisata para leluhur Kerajaan Selaparang maka berkunjunglah ke Terjun Gerung.

Selain menyimpan nostalgia, di sekitaran Terjun Gerung, anda dapat menikmati indahnya suasana wisata air dan indahnya pemandangan alam sekitar. Di tumpahan Terjun Gerung, anda bisa berenang dan berendam sepuasnya. Di sana, anda juga dapat bermain lompat-lompatan dari tebing-tebing batu yang berada di sekitaran tumpahan air terjun tersebut.

 

Baca Juga :


Di sekitaran Lingkok Bokah dan Lingkok Muter, anda dapat main hanyut-hanyutan (beleler-eler: Bahasa Sasak). Di sana, anda juga bisa bernostalgia dengan bermain Ciwe bersama kawan-kawan dana tau orang-orang yang anda sayang.

Oya,,, tempat ini setiap hari diramaikan oleh warga Selaparang, terutama anak-anak remaja yang senang bermain air. Setiap hari Minggu, tempat ini diramaikan oleh warga Selaparang yang mencuci dan mandi. Perlu juga kami sampaikan, bahwa Terjun Gerung paling tepat dikunjungi pada sekitaran bulan April hingga September (selama musim panas) sebab pada musim hujan, air sungai tersebut terlihat keruh.

Bagi anda yang penasaran dan berkeinginan untuk berkunjung ke tempat ini maka anda bisa mendatanginya melalui jalur Suela atau jalur Pringgabaya. Keberadaan Air Terjun ini tidak begitu jauh dari jalan raya Pringgabaya – Suela. Jika anda kebingungan menemukannya, anda dapat bertanya pada warga sekitaran Desa Selaparang atau warga Desa Ketangga sebab secara umum warga sekitar mengetahui keberadaan terjun tersebut.

Warga dan pencinta Kampung Media yang kami banggakan, demikianlah cerita yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang senang ngtrip dan cinta akan wisata alam yang berupa air terjun. Terimakasih dan salam dari kampung.

_By. Asri The Gila_ () -03



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan