logoblog

Cari

Pesona Gili Sunut

Pesona Gili Sunut

Gili Sunut merupakan salah satu pulau kecil yang terdapat di Lombok Timur.  Pulau mungil ini merupakan obyek wisata bahari, namun belum

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
09 April, 2017 23:22:23
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 61226 Kali

Gili Sunut merupakan salah satu pulau kecil yang terdapat di Lombok Timur.  Pulau mungil ini merupakan obyek wisata bahari, namun belum menjadi tujuan wisata seperti gili-gili lain yang ada di Bali atau Lombok Utara. Letak pulau imut dan indah ini tergolong sangat jauh dari Kota Mataram. Selain itu, gili yang memiliki pasir putih yang halus dan cantik ini masih tersembunyi. Olehnya, belum banyak yang mengenal keindahan dari gili yang sungguh mempesona ini. Alamat Gili  Sunut adalah di Lombok Timur Bagian Selatan, tepatnya di Dusun Temeak, Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Jaraknya sekitar 70 km dari Kota Mataram atau sekitar dua jam perjalanan  jika menggunakan kendaraan pribadi.

Gili Sunut memiliki garis sejajar dengan wilayah Tanjjung Ringgit. Gili ini juga berdekatan dengan Tanjung Bloam maupun Pantai Tangsi atau Pantai Pink. Hanya saja, kondisi fisik jalan menuju Gili Sunut masih memprihatinkan. Olehnya, butuh usaha dan perjuangan untuk mencapainya. Sekitar 2 km mendekati lokasi gili tersebut masih berupa jalan tanah. Pada musim penghujan, kondisi fisik jalannya pun tentu sangat licin dan sulit dilewati, kecuali pada musim kemarau.

Keunikan yang terdapat di Gili Sunut adalah pantainya yang indah dan cukup ramai dikunjungi, pemandangan sekitarnya yang memukau, obyek wisata yang cukup gencar ditata, serta lokasi budidaya mutiara yang cukup kesohor.

Kondisi fisik Gili Sunut adalah relatif landai dengan ombak yang sangat bersahabat. Hal ini menyebabkan sangat cocok untuk melakukan berbagai jenis aktifitas seperti snorkling, rafting, banana split, berjemur, berenang dan bahkan hanya sekedar untuk menikmati keindahan alam yang terjaga rapi.

Kondisi pantai di Gili Sunut adalah memiliki kesamaan dengan pantai-pantai yang ada di sekitarnya. Tekstur pasir yang ada di pantai Sunut adalah kurang lebih sama dengan yang ada di Tanjung Ringgit,maupun pantai-pantai yang ada di kawasan Jerowaru, seperti pasir putih pink berbentuk butiran merica. Demikian pula tekstur batu karang yang ada di di Gili Sunut adalah semuanya berwarna pink dan sangat indah dipandang mata.

Keindahan bawah laut yang ada di Gili Sunut adalah ditemukannya berbagai jenis bintang laut, baik yang berwarna biru maupun yang berwarna merah jinggak. Demikian juga aneka ragam terumbukarang yang memukau serta kawanan ikan yang sedang berkerumun dan mondar-mandir dari permukaan air.

 

Baca Juga :


Lebih indah lagi jika kita naik ke puncak sebuah bukit kecil, yang mana kita dapat menyaksikan sensasi indah pantai Sunut terlihat jelas dari ketinggian. Bahkan, pemandangan ke tengah lautan pun sangat menakjubkan sekaligus menyajikan ciri khas kawasan ini. Ditengah-tengah pantai terdapat beberapa gili yang nampak sangat anggun dan mempesona, seperti rangkaian pulau yang oleh masyarakat setempat disebut dengan Gili Petelu, Gili Bembeq dan Gili Pasir yang tidak berpenghuni. 

Kondisi air laut di sekitar pantai Gili Sunut memiliki karakter air yang tidak berombak dan relatif tenang, mengingat terdapat beberapa pulau atau ili-gili kecil yang berfungsi sebagai penghalang ombak dari Samudera Indonesia atau Samudera Hindia. Kondisi inilah sangat mendukung untuk pengembangan atraksi wisata air yang banyak digemari oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Kegiatan wisata pantai seperti menyelam, berenang dan berjemur santai juga banyak dilakukan dengan nyaman di kawasan ini, sehingga sangat cocok menjadi tujuan wisata keluarga. Selain itu, keindahan pantai ini didukung dengan kebersihan dan kealamiannya, sehingga tidak membosankan.

Gili Sunut dengan induk Pulau Lombok hanya dipisahkan oleh selat dangkal. Olehnya itu, bila air laut lagi surut akan timbul pasir putih yang membentang luas dan panjang di antara ke dua pulau tersebut, sehingga kitapun dapat berjalan kaki di atas pasir putih itu menuju Gili Sunut. Pada saat air laut pasang, menuju Gili Sunut harus menggunakan sampan yang telah disediakan oleh nelayan di Gili Sunut Baru(induk Pulau Lombok). Bisanya air laut akan surut dari pagi hingga sore di sore dan pasang kembali di malam hari. Olehnya itu, mengunjungi Gili Sunut sebaiknya pada pagi hari karena kita pun dapat menyeberang ke pulau kecil atau gili cantik itu dengan cukup berjalan kaki.

Jalur lain untuk menuju Gili Sunut Wisata adalah dengan melalui Dermaga Telong-Elong dengan mempergunkan perahu atau sampan. Selain itu juga, para pengunjung dapat melalui kawasan PT. Mutiara Indah. Dari kawasan PT. Mutiara Indah merupakan salah satu kawasan yang paling dekat dengan Gili Sunut Baru, yaitu hanya dengan jarak tempuk sekitar 15 menit dengan mempergunakan perahu. Dari kawasan ini, pengunjung dapat mempergunakan perahu-kapal milik perusahaan tersebut, tapi itu pun harus ada persetujuan sebelumnya atau minta izin untuk di antar ke Gili Sunut. Ataupun jika ingin lewat darat, yang mana bila beranjak dari Praya- Lombok Tengah, teruskan perjalanan ke arah timur (Keruak/Tanjung Luar) hingga tiba di sebuah pertigaan dengan rambu-rambu di Desa Sukaraja, tak jauh dari SPBU (SPBU kedua setelah Praya). Silahkan belok kanan hingga bertemu dengan sebuah pertigaan, kemudian belok kanan lagi hingga tiba di pertigaan lagi, selanjutnya silahkan belok kiri hingga bertemu dengan desa Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru. Dari pertigaan Desa Pemongkong, yang mana di dekat sebuah sekolah (tanpa rambu-rambu atau penunjuk arah), silahkan belok kiri hingga tiba menemukan sebuah jalan bercabang tiga yang ada di tengah hutan, dan mana terdapat sebuah warung dan sebuah plang bertuliskan “Kegiatan Reboisasi Kerjasama Indonesia - Jepang.” Silahkan mengambil arah jalan jalan yang tengah (jalan aspal yang cukup rusak) dan teruskan perjalanan hingga tiba di sebuah pertigaan dengan jalan tanah ke arah kanan (sekitar 2 km dari pertigaan tadi). Setelah itu, silahkan belok kanan dengan menyusuri jalan tanah hingga tiba di sebuah bukit, di ujung pulau. Di ujung pulau ini dapat kita memarkir kendaraan. Berikutnya, kita tinggal berjalan kaki di atas pasir putih di saat air laut lagi surut hingga tiba di Gili Sunut. () -03

 

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan