logoblog

Cari

Menikmati Hutan Bambu nan Memikat

Menikmati Hutan Bambu nan Memikat

Tidak banyak orang menyadari, bahwa selain bisa diproduksi menjadi berbagai benda pakai seperti kursi, meja, tirai, dipan serta peralatan lain, bambu

Wisata Alam

KM. Abiantubuh
Oleh KM. Abiantubuh
31 Januari, 2017 19:27:25
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 61714 Kali

Tidak banyak orang menyadari, bahwa selain bisa diproduksi menjadi berbagai benda pakai seperti kursi, meja, tirai, dipan serta peralatan lain, bambu ternyata menyimpan manfaat lain. Bambu atau bambu merupakan pohon yang berguna di masa depan. Salah satu artikel menyebut bahwa bamboo memiliki peran penting menyelamatkan lingkungan dan manfaat tersembunyi di masa depan.

Dalam fungsi lingkungan, bambu sangat signifikan dalam menjaga sistem hidrologis sebagai pengikat tanah dan air. Tanaman bambu yang rapat dapat mengikat tanah pada daerah-daerah lereng, sehingga mampu mengurangi erosi, sedimentasi dan longsor. Selain itu bambu juga merupakan salah satu tanaman yang dapat menyimpan air dan karbon, menahan kebisingan serta mempunyai nilai ekonomis (beritasatu.com)

Di Lombok, pohon bambu gampang didapat. Pohon bambu merimbuni pinggiran kali hampir di tiap dusun. Pemanfaatannya pun belum maksimal. Hanya ada beberapa penduduk desa yang mengkhususkan diri menjadi pengrajin bambu. Mereka menganyamnya menjadi benda pakai seperti pagar bambu kap lampu, bakul nasi dan sebagainya. Selebihnya di desa lain, bambu hanya dimanfaatkan untuk keperluan membangun rumah, membuat keranda saat ada warga yang meninggal.

Saya ingin mengulas keindahan pohon-pohon bambu yang berjajar rapi di hutan bambu Sembalun Lombok Timur. Dalam perjalanan menuju bukit Selong yang letaknya persis di atas rumah adat Sembalun, saya terpikat keindahan pohon-pohon bamboo nan rimbun. Penduduk setempat memagari pohon-pohon bamboo tersebut, hingga tampak seperti hutan bambu dalam film-film China. Bosan dengan spot photo gunung atau laut, saya merekomendasikan keindahan hutan bambu ini menjadi tempat selfie dan pengambilan gambar prewedding. Rerimbun nan hijau, bakal tampak memikat dipadu dengan pakaian yang kontras di tangan para photographer.

 

Baca Juga :


Saya dan keluarga, menyempatkan diri untuk berpose dan berkhayal shoting film action macam Crouching Tiger, Hidden Dragon. Hutan bambo adalah salah satu kekayaan Sembalun yang wajib anda kunjungi. [] - 01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan