logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menikmati Sejuknya Air Terjun Jeruk Manis

Menikmati Sejuknya Air Terjun Jeruk Manis

Seribu pantai yang mewarnai wisata Lombok. Namun bukan hanya itu , Lombok pun juga memiliki bentuk keindahan lain, seperti air terjun

Wisata Alam

Tomi Masbagik
Oleh Tomi Masbagik
29 November, 2016 13:35:54
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 7031 Kali

Seribu pantai yang mewarnai wisata Lombok. Namun bukan hanya itu , Lombok pun juga memiliki bentuk keindahan lain, seperti air terjun . Salah satu permandian air terjun yang ramai dikunjungi wisatawan adalah air terjun jeruk manis yang terletak di desa tete batu kecamatan Sikur  Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Air terjun yang terletak di Lombok Timur ini adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di tengah hutan belukar. Airnya yang jernih berpadu dengan udara yang segar nan sejuk dan pemandangan alamnya yang hijau subur, menjadikan Air Terjun Jeruk Manis layak dijuluki sebagai tempat wisata yang manis.

Air yang bersumber dari kaki gunung rinjani ini mengalir di lembah yang sempit, Air Terjun ini termasuk salah satu bagian dari taman Taman Nasional Gunung Rinjani. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 Meter, kemudian mengalir ke sungai kecil yang penuh dengan bebatuan.

Untuk menikmati kesegaran dan kesejukan Air Terjun Jeruk Manis, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu sejauh 1,5 Kilometer dari gerbang masuk. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 15-20 Menit. Namun jangan khawatir, Anda akan ditemani dengan berbagai jenis tanaman dan tumbuhan. Seperti Paku-pakuan, bunga liar, Durian, Lemuru ( Ficus sp), Liuh-liluh (Lixoura sp), dan Bajur (Pterospernum javanicum). Tak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan kehidupan liar dari beragam fauna seperti Kera dan juga Rusa. Selama perjalanan, Anda akan melewati jalan setapak yang tak terlalu curam dan disusun dari batu.

Jika merasa lelah, Anda bisa beristirahat sejenak di Berugak (semacam gazebo) yang akan Anda temui di tepi jalan. Anda akan melewati tiga buah Berugak, namun disarankan agar Anda bertahan sejenak dan berhenti pada Barugak yang terakhir. Kerana Berugak ini letaknya tak jauh dari air terjun, dan disini Anda bisa menikmati pemandangan  hutan lindung yang asri sembari beristirahat.

 

Baca Juga :


Setelah beristirahat sejenak, Anda bisa segera berenang di kolam yang segar, atau bermain air di sungai di area Air Terjun Jeruk Manis. Kelelahan Anda akan sirna ketika Anda sampai di Air Terjun Jeruk Manis. Badan serta jiwa Anda akan kembali segar setelah menyapa air terjun ini.

Air Terjun Jeruk Manis terletak cukup jauh dari Kota Mataram, Lombok Indonesia, yaitu sekitar 50 Kilometer. Dengan lama perjalanan sekitar 2 jam. Air Terjun Jeruk Manis bisa Anda kunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa menempuh rute Mataram-Cakranegara-Narmada-Sedau-Mantang-Kopang Terara-Sikur-Masbagik-Desa Kembang Kuniing. Jika Anda masih memiliki waktu yang cukup, Anda juga bisa mengunjungi Desa Tetebatu. Karena letaknya tak jauh dari lokasi Air Terjun Jeruk Manis. () -05

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan