logoblog

Cari

Tutup Iklan

Ekowisata Mangrove Lembar Selatan

Ekowisata Mangrove Lembar Selatan

Eco Wisata Magrove Lembar Selatan merupakan salah satu destinasi wisata lombok yang terletak di Kampung Orong Bukal, Dusun Pasanggaran, Desa Lembar

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
15 November, 2016 15:42:45
Wisata Alam
Komentar: 2
Dibaca: 124320 Kali

Eco Wisata Magrove Lembar Selatan merupakan salah satu destinasi wisata lombok yang terletak di Kampung Orong Bukal, Dusun Pasanggaran, Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Destinasi wisata yang daya tarik utamanya adalah rimbunan hutan magrove yang tumbuh hijau di atas aliran muara sungai yang tenang dirintis oleh seorang warga setempat bernama Lalu Sadikin.

Hutan magrove yang terletak dikawasan pesisir pantai selatan ini memiliki luas areal sebanyak 90 (sembilan puluh) Ha. Agar tidak terjadi abrasi pantai 60 (enam puluh)  Ha telah dibangun oleh Dinas Kelautan dan Perikanan yang bekerja sama dengan Pemuda Marritim Indonesia, serta partisipasi dari masyarakat setempat. 30 (tiga puluh) Ha merupakan lahan konservatif, yaitu yang ditumbuhi oleh pohon- pohon magrove secara alami.

Keunikan hutan magrove lembar selatan yang berbentuk huruf “O” di sepanjang aliran muara sungai ini nampak indah dan eksotis. Terlebih lagi di seberang hutan magrove yang berbentuk bundar ini terdapat barisan tumbuhan magrove yang mengikuti aliran muara sungai yang nampak memukau, dan menjadi pembatas antara muara sungai dengan daratan yang ada di sekitarnya, serta menjadi pembendung dari terjangan ombak dilaut.