logoblog

Cari

Tolopihi, Destinasi Wisata Yang Penuh Pesona dan Bersejarah

Tolopihi, Destinasi Wisata Yang Penuh Pesona dan Bersejarah

Beberapa wisata alam di Bima masih banyak yang belum di ketahui oleh masyarakat luas. Begitu juga di kawasan Donggo yang sangat

Wisata Alam

KM rasanaebarat
Oleh KM rasanaebarat
10 Oktober, 2016 08:32:58
Wisata Alam
Komentar: 1
Dibaca: 25222 Kali

Beberapa wisata alam di Bima masih banyak yang belum di ketahui oleh masyarakat luas. Begitu juga di kawasan Donggo yang sangat luas dan menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Jika selama ini Donggo hanya terkenal dengan sejarah, wisata desa dan budayanya, yang cukup terkenal adalah desa Mbawa.

Ternyata Donggo menyimpan sawah yang unik yang tak kalah indah, bahkan lebih indah dari sawah yang selama ini dilihat diwilayah tersebut, berikut catatan KM Rasanae Barat saat berkunjung di Tolopihi Minggu (9/10/2016) kemarin.

Salah satu potensi alam di Donggo yang wajib dikunjungi adalah Tolopihi, salah satu keunikan yang masih terjaga keaslian alamnya serta dibumbui dengan kisah sejarah asal muasal terciptanya api.

Saat mendengar kata Tolopihi pasti akan terbayang tentang sawah yang ada di Bima. Namun Tolopihi mempunyai bentuk yang unik dan hijau nan indah dikala hujan. Dulu ketika jaman Ncuhi, diceritakan bahwa dulunya di Tolopihi ini tempat jatuhnya meteor sehingga keluar api dari batu tersebut, oleh sebab itu Tolo yang berarti sawah dan Pihi berarti asal api.

Tolopihi terletak di desa Kala, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima. untuk berkunjung kesini, dari desa Kala kita akan menemui jalan menuju desa Wadu Kopa, kita tinggal mengikuti jalan tersebut.

 

Baca Juga :


Setelah itu kita akan menemui persawahan dan bukit-bukit dipagari dengan semak belukar yang berjajaran menambah keasrian Tolopihi. Sangat mengesankan karena ketika kami sampai disana masih belum ada pengunjung lain, sehingga Tolopihi tenang dan serasa menjadi tempat privat untuk kami.

Pengelolaan para petani di Tolopihi sudah cukup baik hal ini dapat dilihat dari adanya fasilitas jalan buat truk yang menuju ke lahan untuk mengangkut hasil tani masyarakat sekitar. Terlepas dari fasilitas tersebut, yang paling membuat kagum tentu saja pesona keindahannya yang sangat sejuk dan hijau, yang lebih eksotik lagi katanya ketika musim kemarau Tolopihi tampak terlihat jelas kubangan tempat jatuhnya meteor.

Kita bisa bersantai duduk di barugak yang dibangun para petani untuk tempat beristirahat, sambil memanjakan mata menikmati pemandangan nan indah. Tolopihi adalah salah satu destinasi yang sangat menakjubkan untuk dikunjungi apalagi dengan sejarahnya yang sangat menarik.  [] - 05



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KIM Oi Talaga

    KIM Oi Talaga

    10 Oktober, 2016

    penamaaN kampung dan lokasi di Bima penuh dengan cerita dan sejarah rakyat.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan