logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pesona Wisata Alam Kab Dompu yang Indah

Pesona Wisata Alam Kab Dompu yang Indah

SELAMAT DATANG DI KABUPATEN DOMPU, KOTA KECIL PENUH MAKNA & KEINDAHAN ALAM. KM Kampo Samporo - Kabupaten Dompu Adalah sebuah Kabupaten di Provinsi

Wisata Alam

KM. NEWS
Oleh KM. NEWS
24 September, 2016 15:34:37
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 97859 Kali

SELAMAT DATANG DI KABUPATEN DOMPU, KOTA KECIL PENUH MAKNA & KEINDAHAN ALAM.

KM Kampo Samporo - Kabupaten Dompu Adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Dompu. Kabupaten ini berada di bagian tengah Pulau Sumbawa. Wilayahnya seluas 2.321,55 km² dan jumlah penduduknya sekitar 218.000 jiwa. Kabupaten Dompu berbatasan dengan Kabupaten Sumbawa dan Teluk saleh di barat, Kabupaten Bima di utara dan timur serta Samudra Hindia di selatan.

Di Kab Dompu juga tidak hanya terkenal dengan penghasil Susu Kuda Liar dan Madu, akan tetapi juga banyak potensi alam yang luar biasa indahnya untuk di kunjungi khusunya bagi anda (pembaca) yang suka pertualangan sekaligus holiday. Adapun beberapa tempat yang paling populer dan memiliki keunikan tersendiri yaitu : 

1. Pantai Lakey

Adalah pantai yang teletak di arah selatan Kab Dompu Kec Hu’u ini sudah terkenal wisatawan terutama di kalangan penyuka selancar atau surfing. Pantai ini memiliki ombak berbedah dengan ombak di pantai lain, ia terkenal dengan istilah ombak kidal karena memiliki arah ombak sapuan ke kiri bukan kekanan. Keunikan ini juga didukung oleh keindahan pantainya yang sudah terkenal bahkan pernah menjadi ajang selancar kelas dunia pada tahun 2007, Dompu Indonesia Open 2007 melalui International Surfing Championship.

Selain itu juga, pantai ini memiliki Spot sunsite dan sunrice yang cantik, karena letak sunset ada di sebelah kiri pantai dan sunrise ada di sebelah kanan pantai. Sayang sekali jika pembaca tidak mengabadikan kenangan ini dengan mengambil bingkai gambar bersama teman, sahabat, keluarga dan kekasih tercinta tentunya.

Tetapi biasanya bulan April-Oktober adalah saat terbaik mengunjungi pantai ini, terutama puncak kunjungan terjadi pada bulan April dan Mei. Pada saat-saat tersebut, akan di kunjungi sampai 300 wisatawan asing yang menghabiskan waktu hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan tinggal disana untuk berselancar.

2. Gunung Tambora

Pada tahun 2015 kemarin, Kab Dompu menyambut peringatan 2 abad meletusnya Gunung Tambora dengan kegiatan bertanjuk “Tambora Menyapa Dunia” kawasan di sekitar gunung ini telah ditetapkan sebagai taman nasional oleh Presiden Indonesia Joko Widodo. Di Tambora juga ada dua rute pendakian yang paling banyak dipilih traveler, pertama rute dari desa Pancasila dan rute lainnya melewati jalur Doro Ncanga dimana menjadi rute favorit lantaran traveler bakal melewati hamparan padang savana yang seperti di Afrika.

Gunung Tambora juga tidak hanya terkenal dengan letusan mahadahsyatnya, namun kaya akan potensi pesona dan komodi andalan yang sangat penting bagi pengembangan social ekonomi, pariwisata dan budaya serta sector lainya. Salah satu komoditi andalan di lereng Tambora adalah Kopi Tambora sendiri. Perkebunan Kopi Tambora berawal dari tahun 1930. G Bjoklund, salah seorang pengusaha asal swedia mendatangani kontrak kerja sama dengan Kesultan Bima berupa penanaman kopi di Labuan Kenangan seluas 80.000 hektar. Sejak saat itulah, aroma dan cita rasa Kopi Tambora yang berjenis Arabika mulai dikenal di mancanegara. Selain Kopi dan pemangan Padang Savanna pembaca juga bisa melihat ternak yang berjejeran sebagai jalan menuju Tambora. Karena area sisa dari Letusan tambora itu pemerintah Kab Dompu sudah meresmikan sebagai area pelepasan ternak untuk peningkatan perekonomian masyarakat Dompu.

3. Pulau Santonda

 

Baca Juga :


Pulau Satonda ini tidak jauh dari Gunung Tambora, jika anda ingin ke Pulau Satonda setelah mendaki Gunung Tambora hingga puncak, maka anda hanya memerlukan waktu 30 menit untuk sampai ke Pulau Satonda baik menggunakan motor ataupun mobil, Pulau Satonda terkenal dengan Danau Air Asing sehingga menjadi destinasi wisata buah bibir khusunya para Traveler dan fotografer, dimana danau ini mempunyai keunikan karna air asing seperti laut. Tetapi dulunya, air pada Danau ini adalah air tawar. Namun karna adanya Tsunami Letusan Gunung Tambora tahun 1815 membuat air di danau Satonda menjadi asin. Di perkirakan air danau asin karena tercapurnya dengan air laut yang meluap dan terperangkap di danau pada saat Gunung Tambora meletus.


Selain itu, kelebihan lain Pulau Satonda ini adalah ada di tengah-tengah pulau satonda yang menyimpan kekayaan terumbu karang juga sangat sangat menarik jika anda seorang peneliti, satonda juga menjadi destinasi yang pas. Satonda masih menyimpan berjuta misteri yang siap diungkap para ilmuwan. Bermacam-macam penelitian dapat dilakukan, seperti meneliti kenadungan sedimen, mikrobiologi, biokarbonat, atau bahkan penelitian berbasis kimiawi.

4. Nisa Sapudu

Nisa sapudu adalah pulau kecil tak berpenghuni dan terletak di kawasan teluk saleh yang juga terkenal akan keindahannya. Suasana pulau ini tampak sangat tenang, nyaman dan romantis, dengan ombak yang cukup tenang sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk bersantai dan melepas penat dalam tumpukan kesibukan anda. Pemadangan dari pulau ini juga sangat menarik, bagaimana tidak di beberapa pesisir pantai ini dihiasi dengan haparan pasir putih, warna laut yang jernih ada dua warna jenis air lautnya yaitu biru dan hijau sehingga sangat cocok bagi anda penikmat snorkeling. selain lautnya, orang-orang disekitar pulau sangat ramah dalam menyediakan transportasi menuju pulau yang dinamai bot/sampan hanya membutuhkan waktu 15 menit dari rumah warga. Pulau ini terletak di Desa Soro, Kecematan Kempo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Jika berada di Kota Dompu maka hanya cukup 45 menit untuk sampai di Kecematan Kempo desa Soro.

5. Air Terjun Oi Panca

Air terjun panca merupakan air terjun yang tersembunyi di dalam hutan dengan memiliki pemandangan alam yang sangat sejuk, indah, dan rupawan. Sangat cocok sekali bagi anda yang suka Adventure, kenapa? Karna perjalanan dari Desa Sane’o hingga mencapai tempat tujuan bisa membutuhkan waktu yang lama, di perkirakan sampai 1 jam tergantung kecepatan jalan.  Namun bisa juga menggunakan Motor, tetapi harus motor trabas atau motor kross yang sudah berwariasi menjadi motor balap. Motor yang tidak di motif menjadi motor cross juga bisa namun lebih sulit. Selain perjalanan ternyata Air terjun ini merupakan air terjun yang paling tinggi dari beberapa air terjun lainya yang berada di kab Dompu. Sehingga orang-orang di sekitar menyebutnya sebagai surge baru setelah lakey beach dan pulau satonda.

6. Bukit Matompo

Bukit ini memiliki ketinggian hanya 100 meter yang menghadap langsung dengan laut lepas, bukit ini terletak di Mbuju kec Kilo Kab Dompu. Bukit ini menawarkan pemandangan indah berupa padang rumput hijau serta sayup-sayup puncak Gunung Tambora. Selain itu bukit ini juga merupakan tempat yang sangat faforit untuk berselfi, karna view pemandangan yang sangat natural dan segar, bagaiaman tidak di bukit ini langsung terlihat keindahan gunung, aspal jalan juga pantainya yang masih segar tanpa kotoran sedikitpun. Dalam beberapa waktu terakhir Bukit Matompo sangat ramai dikunjugi wisatawan domestic terutama biasanya pada sore menjelang sunset. Karna pemandangan langit jinga khas matahari terbenam bisa dinikmati dengan sempurna dari atas bukit ini.

7. Padang Savana Tambora

Saya hampir lupa untuk menuliskan wisata paling indah, yaitu padang savanna tambora. Yahh sebuah kawasan padang rumput hijau kekuningan yang terdapat di kaki lereng tambora dan membentang luas ini sudah tidak asing lagi di mata para traveling dan fotografer. Di sini, pembaca bisa melihat langsung ribuan ternak seperti sapid dan kerbau secara liar terlepas begitu saja. Ternak sendiri menjadi penyumbang besar peningkatan indeks pendapatan manusia, dari hasil ternak orang tua bisa menyekolahkan anak-ankanya hingga sarjana.
Di tempat ini juga sangat asik untuk berkumpul bersama keluarga, berfoto, bersantai dan melihat indahnya teluk saleh dan gunung tambora. Selain itu, ketika senja hari ribuan sapi dan kuda merumput. Bunyi lonceng di lehernya seperti sebuah simponi music padang ilalang, bunyinya nyaring dan berirama. 

(Gambar & isi sebagaian di ambil dari beberapa sumber) -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan