logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sajian Pesona Rinjani

Sajian Pesona Rinjani

  KM. Sajang Bawak Nao _ Pesona dan keindahan Gunung Rinjani menjadi andalan penginapan-penginapan yang ada di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur

Wisata Alam

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
01 Agustus, 2016 11:04:19
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 32769 Kali

KM. Sajang Bawak Nao _ Pesona dan keindahan Gunung Rinjani menjadi andalan penginapan-penginapan yang ada di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), untuk menawarkan konsep liburan menyenangkan kepada para wisatawan.

Salah satu penginapan yang terlihat sangat siap, yakni penginapan Penginapan dan Restoran Pesona Rinjani, yang dibangun di Lendang Luar, Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun. Penginapan yang berdiri di atas lahan sekitar 40 are ini menyajikan konsep penginapan alam berupa bungalow yang dibuat dominan berbahan kayu, sehingga matching dengan alam Sembalun yang natural.

Agar lebih khas, penginapan yang baru membuka 10 kamar ini kemudian dinamakan Penginapan dan Restoran Pesona Rinjani. Dengan tarif per malam hanya Rp. 500 ribu untuk kamar biasa, dengan fasilitas tempat tidur ganda, serta Rp. 650 ribu untuk Bale Geleng, merupakan bangunan khas Sembalun dari kayu yang bertingkat, sehingga tamu yang menginap lebih hangat, meski cuaca Sembalun sangat dingin.

“Bahkan kita akan membuat rumah teropong. Tujuannya adalah bagi pengunjung yang tidak punya waktu banyak atau yang tua dan tidak ada kesempatan mendaki Gunung Rinjani. Mereka bisa melihat dari sini puncak Gunung Rinjani menggunakan teropong yang telah kita siapkan,” kata Pengelola Pesona Rinjani, I Gde Bagiada, kemarin (29/1).

Dengan menggunakan teropong yang disiapkan, pengunjung akan dapat melihat berbagai aktivitas para pendaki, baik mereka yang ada di Pelawangan Sembalun, atau bahkan yang sedang mendaki ke puncak Rinjani (3762 mdpl). “Lokasi ini merupakan tempat yang paling ideal di Sembalun untuk menyaksikan pesona Rinjani,” janji Bagiada.

Ditempat ini pula sambungnya, para pengunjung atau tamu penginapan bisa menyaksikan pesona Rinjani berupa perubahan rona Rinjani dalam tiga fase saat diterpa sinar matahari pagi. Dimana Rinjani akan berubah warna dari orange menjadi kuning, kemudian hijau, dalam durasi sekitar 30 menit. “Karena inilah makanya kami beri nama Pesona Rinjani. Karena saat pagi hari, para tamu akan dapat menyaksikan tiga pesona ini sekaligus,” jelasnya.

Tidak itu saja, Pesona Rinjani juga menjual (menyewakan) tenda dengan tarif Rp. 250 ribu per malam, dengan dilengkapi kasur untuk dua orang, air mineral, handuk, air panas dan free api unggun. Ini merupakan pilihan bagi para tamu yang tidak ingin menginap di kamar.

Mereka dapat memilih untuk menginap di halaman dengan menggelar tenda, sebagaimana melakukan kemah di atas gunung. Sehingga suasana liburan akan sangat berkesan, dan tentu special, serta memberikan surprise yang tidak akan mereka dapatkan di tempat lain.

“Banyak keistimewaan kalau tamu menginap disini. Mereka juga dapat menyaksikan terbitnya matahari dari celah bukit Pergasingan, kemudian tenggelam di antara Rinjani dan Sangkareang. Tak hanya itu, para tamu juga dapat menyaksikan full moon (bulan purnama), bahkan tempat paling strategis untuk menyaksikan momen milkewey,” ungkapnya.

 

Baca Juga :


 

Milkewey jelasnya, merupakan momen kemunculan gugusan bintang panjang yang dapat disaksikan selama 21 hari setiap tahunnya. Bahkan penginapan ini menjadi pusat pengamatan penampakan langka ini bagi para pemburu bintang dari Jakarta, setahun lalu.

Sementara pada siang hari, para tamu ditawarkan paket menikmati panorama alam persawahan. Dengan harga paket Rp. 25 ribu per orang, para tamu akan dipandu keliling ke sawah-sawah, melihat tanaman pertanian masyarakat, atau menyaksikan bagaimana mereka beraktivitas dan melakukan cocok tanam. Para tamu juga diajak interaksi dan dialog dengan para petani yang ditemui. Sehingga mereka dapat memahami bagaimana para petani dalam bercocok tanam atau memanen hasil pertaniannya.

Bukan saja itu masih ada sajian alam yang sangat indah, yaitu menyaksikan mata hari tenggelam dari pesona rinjani. Bahkan mungkin anda mengataka “Tidak cukup sehari” untuk menikmati keindahan alam wisata di sembalun.

Bagaimana? Pembaca tentu ingin berlibur ke Sembalun, dan tidak ada salahnya merasakan pengalaman menginap di Pesona Rinjani. Sehingga dapat menikmati semua keistimewaan yang ditawarkan, dan yang pasti tidak ada di tempat lainnya. Sebagian suber dari kompas.com [] - 01

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan