logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pesona Gili Sunut Di Musim Kemarau

Pesona Gili Sunut Di Musim Kemarau

Gili Sunut merupakan sebuah gili yang terletak di bagian wilayah utara dari Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Gili yang

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
24 November, 2015 20:33:15
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 3958 Kali

Gili Sunut merupakan sebuah gili yang terletak di bagian wilayah utara dari Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Gili yang tampil megah di atas permukaan laut ini memiliki  pesona indah nan memukau. Berbagai keunikan yang tersimpan di gili ini, sehingga banyak diincer oleh pecinta wisata bahari.

Gili Sunut dulunya berpenghuni, akan tetapi pada tahun 2014 seluruh penduduk yang mendiam di wilayah gili ini direlokasi ke daratan pulau Lombok, yang mana tidak jauh dari Gili Sunut dan tetap berada pada pinggir laut. Namun rekolasi  penduduk tersebut bukan sekedar relokasi, tapi mereka ditempatkan pada perumahan yang layak huni.  Sebab mengingat juga bahwa sumber mata pencaharian penduduk yang dimaksud adalah sebagai nelayan.

Suatu alasan yang menggerakkan relokasi penduduk tersebut adalah karena kawasan Gili Sunut menyimpan keunikan-keunikan atau potensi wisata bahari yang layak untuk dikembangkan. Olehnya itu, seorang pengusaha wisata dari Singapura telah melakukan kekerjasamaan dengan pihak pemerintah setempat untuk mengembangkan atau mengelola Gili Sunut ini sebagai obyek wisata bahari yang mampu bersaing dengan obyek wisata lainnya. Salah satu tindakan awal dari pengusaha wisata dari Singapura tersebut adalah dengan melakukan rekolasi penduduk, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Keunikan-keunikan yang ada di gili sunut ini adalah bila air pasang surut, para pelancong dapat berjalan kaki di atas pasir putih dengan beranjak dari daratan pulau lombok menuju ke Gili Sunut ini. Taman laut yang dapat ditemukan di sekitar gili ini, sehingga wisatawan dapat menyaksikan aneka ragam trumbu karang yang disertai dengan sejumlah spesies ikan hias.

Tebing yang menjulang tinggi yang tepatnya di depan laut lepas, sehingga pelancong dapat melepaskan pandangan dengan sebebas-bebasnya. Di atas,  ujung tebing pelancong pun dapat menyaksikan dereretan pulau-pulau kecil yang seolah-olah muncul dari permukaan laut. Sebuah batu besar yang berbentuk perahu layar tampil menawan di dalam kawasan Teluk Sunut, yang letaknya di antara daratan Pulau Lombok dengan gili ini. Sejumlah pantai berpasir putih, seperti Pantai Pink, Pantai  Pulau Tiga, Pantai An dapat dipandangi dari ujung  tebing ini. Sungguh indah nan menabjukkan.

 

Baca Juga :


Selain keunikan di atas, bibir pantai di di Gili Sunut ini dihiasi oleh gabungan pasir putih dan merah, sehingga pantulan cahaya yang jatuh di tepi pantai ini menghasilkan biasan berwarna biru dengan pink. Inilah salah satu keunikan di Gili Sunut.

Suatu keunikan yang sangat eksotis lagi di Gili Sunut ini adalah sebuah panorama menarik di musim kemarau. Pada musim kemarau, tat kala pepohonan mengalami kekeringan, daun-daunnya pun berguguran, begitu pun juga ranting dan dahannya mengecil dan kurus, namun justru memberikan sebuah pemandangan alam yang klasik. Para potografer tentu hal ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu untuk mengabadikannya. Ilalang yang pada musim hujan tumbuh liar dan mempersebahkan bunga putih yang menjulang, ow sangat mempesona. Tapi di musim kemarau, ilalang di Gili Sunut mengalami kekeringan, sehingga daun-daunnya pun mengagas, bahkan terbaring miring oleh tiupan angin laut. Namun justru  menampilkan sebuah pesona yang unik, yang menyerupai SAVANA yang mengalami kekeringan kemarau di Afrika. Sungguh unik dan klasik. Terlebih jika hembusan angin dari selat Australia beraksi, SAVANA SUNUT ini menari-nari di bawah langit cerah dan disaksikan oleh air laut yang membiru, serta pasir putih yang membentang dari daratan Pulau Lombok menuju ke GILI Sunut ini. Inilah salah satu keunikan Gili Sunut di musim kemarau yang sulit ditemukan di gili-gili lain. [] - 05

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan