logoblog

Cari

Tutup Iklan

Mengintip Eloknya Pantai Surga

Mengintip Eloknya Pantai Surga

Pulau Lombok bukan hanya terkenal dengan “seribu masjid”, akan tetapi juga terkenal dengan “seribu pantai” yang indah. Pantai berpasir putih yang

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
12 November, 2015 12:11:22
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 14810 Kali

Pulau Lombok bukan hanya terkenal dengan “seribu masjid”, akan tetapi juga terkenal dengan “seribu pantai” yang indah. Pantai berpasir putih yang ada di pulau ini cukup alami hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Tidaklah mengherankan jika orang bilang bahwa Lombok pada saat ini menjadi sebuah destinasi wisata favorit di mata wisatawan. Selain itu, ada banyak artikel yang bertutur tentang keelokan Pulau Lombok, sehingga mampu mencetak populariritas hingga ke negeri seberang. Salah satu pantai yang sering tampil di berbagai artikel media sosial, bahkan di media eletronik adalah Pantai Surga.

Bila dipandang, Pantai Surga bagaikan sebuah potongan surga yang terdampar di bumi Lombok. Wisata pantai di kawasan ini menyimpan seribu pesona yang dapat membuat wisatawan untuk  merasa aneh, dan merasa berada di planet lain.

Letak Pantai Surga yaitu di Desa Ekas, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat atau sebelah timur dari Teluk Ekas. Suasana di kawasan pantai ini masih tergolong cukup sepi, belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini.

Secara geografis, Pantai Surga berada di ujung teluk, Lokasinya relatif terpencil, namun pesonanya dapat dibilang melebihi pantai-pantai lain yang ada di Pulau Lombok. Pantai ini diapit oleh dua tebing yang tinggi, sedangkan pantai utamanya terletak ditengah-tengah dua tebing tersebut. Pantai Surga membentang tak lebih dari 600 Meter. Bentuknya seperti huruf U, dengan tepi pantai yang keseluruhannya tertutup oleh pasir putih.

Ketika anda bertemu dengan Pantai Surga, anda bisa melakukan berbagai aktivitas. Anda bisa berjalan-jalan atau berkeliling untuk menikmati pemandangan dan suasana yang romantis, dapat berenang, menyaksikan keindahan taman laut dengan mempergunakan snorkeling. Selain itu, anda dapat berselancar dan juga dapt memancing ikan. Bagi anda yang menyukai olahraga ekstrim, anda bisa memanjat tebing yang berada di sebelah kanan pantai ini seraya menikmati pemandangan nan menakjubkan, atau menjelajah ke areal sekitar pantai.

Ketika anda berada di ujung atau di atas tebing, anda bisa beristirahat di sebuah berugak  dan menikmati pemandangan dari ketinggian. Bagi yang senang berselancar tadi, anda dapat bermain dengan ragam jenis ombak.. Mulai dari ombak reguler sampai ombak yang tinggi nan menantang. Untuk mendapatkan ombak yang “indah” nan elok, anda bisa berkunjung pada bulan Juni hingga Oktober.

 

Baca Juga :


Selain itu, Pantai Surga memiliki hamparan pasir pantai berwarna putih. Garis pantainya pun tidak terlalu panjang, sehingga sangat memungkinkan bagi pengunjung untuk menjelajahi semua sudut pantai. Air lautnya berwarna biru dan cukup jernih. Suasananya pun cukup sejuk dengan panorama bukit hijau di sekitar kawasan pantai. Tak lupa beberapa pohon kelapa turut menghiasi bibir pantai. Pantai ini memang masih sepi pengunjung.

Hanya saja, di kawasan pantai ini juga tidak ditemukan warung makan dan minum. Artinya, anda harus membawa bekal sendiri. Akan tetapi, di sini sudah tersedia fasilitas resort dan penginapan. Selain itu, Anda juga bisa menginap di beberapa rumah penduduk yang berjarak sekitar satu kilometer dari pantai.

Mengenai akses jalan menuju ke Pantai Surgaantai Surga, yaitu jika anda berangkat dari pusat kota Mataram, anda dapat melewati jalur Cakranegara, Praya, Ganti, Sepapan, Kecamatan Jerowaru, kemudian masuk di desa Pamongkang, terus ke desa Ekas, dan anda menemukan Pantai Surga. Jalan menuju ke lokasi pantai pada dasarnya cukup baik, hanya saja lima kilometer terakhir anda akan menemukan jalan berupa tanah dengan kondisi yang kurang baik. Waktu tempuh dari pusat kota Mataram ke lokasi pantai membutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan [] - 05

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan