logoblog

Cari

Tutup Iklan

TNGR, Pariwisata Berbasis Ekowisata

TNGR, Pariwisata Berbasis Ekowisata

Pesona objek wisata di Lombok tak habis-habis dibicarakan dan dinikmati. Aneka ragam bentuk wisata dan atraksi budaya yang dapat dinikmati di

Wisata Alam

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
27 Oktober, 2015 18:12:33
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 8129 Kali

Pesona objek wisata di Lombok tak habis-habis dibicarakan dan dinikmati. Aneka ragam bentuk wisata dan atraksi budaya yang dapat dinikmati di pulau ini. Wisatawan hanya tinggal memilih motif wisata yang diinginkan. Ingin berwisata pantai,berwisata sejarah, berwisata flora dan fauna, ataupun menikmati pemandangan alam sekitar.

Pulau Lombok dengan luas wilayah, yaitu sekitar 5.435 km memiliki magnit tersendiri pada wisatawan yang datang menikmati nuansa wisata yang berbeda.  Pantai pasir putih dan gili-gili yang ada di kawasan ini menjadi primadona bagi pecinta wisata bahari.

Di sisi lain, Pulau Lombok juga memiliki pesona alam pegunungan yang elok dan rupawan. Sebuah gunung yang menjulang tinggi di wilayah Lombok Timur menjadi alternatif favorit bagi pendaki. Wisatawan asing pun banyak yang mengenal kawasan pendakian ini. Kawasan tersebut bernama Taman Nasional Gunung Rinjani.

Taman Nasional Gunung Rinjani merupakan salah satu objek wisata alam yang pernah menerima penghargaan dunia berupa  “World Agency Aword” dari “National Geographic”. Keberhasilan Taman Nasional Gunung Rinjani tersebut karena merupakan salah satu objek wisata alam yang berhasil mengembangkan pariwisata berbasis ekowisata, yaitu pada tahun 2004. Keberhasilan ini pula membuat Lombok-NTB dikenal oleh masyarakat Internasional.

Prestasi lainnya, di tahun 2008 Taman Nasional Gunung Rinjani berhasil masuk ke dalam tiga finalis “Tourist For Tourism Award” untuk kategori “Destination Award” yang diselnggarakan oleh “World” Tourist and Torism Council (WTC)” yang bermasrkas di London, Inggris.

Salah satu keunggulan Taman Nasional Gnung Rinjani pada event “Tourist For Tourism Award” adalah Danau Segara Anak yang berada pada ketinggian 2.010 meter dari permukaan laut. Danau Segara Anak berada di bagian wilayah dari Gunung Rinjani yang ketianggiannya sekitar 3.726 dari permukaan laut. Danau Segara Anak sendiri memiliki luas wilayah, yaitu sekitar 1.1000 Hektar.

 

Baca Juga :


Keindahan Danau Segara Anak yang muncul pada bagian wilayah dari Gunung Rinjani membuat para pendaki berbondong-bondong untuk datang menikmatinya. Bahkan Danau Segara Anak pun menjadi favorit dari para pendaki.

Keunikan lain yang dimiliki oleh Danau Segara Anak adalah airnya yang mengalir melewati jurang dan curam.  Airnya pun juga membentuk air terjun yang sangat indah dan menawan. Salah satu air terjun yang sumber mata airnya dari Danau Segara Anak adalah Air Terjun Mayung Putih yang terletak di lembah Sembalun. Ketinggian Air Terjun Mayung Putih berkisar 200 meter.

Selain itu, air Danau Segara Anak dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar yang ada di lembah kaki Gunung Rinjani. Air Danau ini mengalir di berbagai anak-anak sungai dan menyebar di berbagai pemukiman penduduk.  Masyarakat petani pun juga turut memanfaatkan air danau ini di lahan pertaniannya.

Bagi wisatawan domestik dan wisatawan manca negara yang sering melakukan pendakian di kawasan Taman Nasinal Gunung Rinjani, memang sangat melelahkan karena sangat jauh dan memilki fisik jalan yang sangat terjal. Namun kelelahan itu akan terbayar ketika mereka berhasil menemukan Danau Segara Anak yang sangat elok dan rupawan. [] - 05



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan