logoblog

Cari

Jadi Guide di Masmas, Biaya Kuliah Lancar

Jadi Guide di Masmas, Biaya Kuliah Lancar

Tepat seperti prediksi awal dan juga kebiasaan selama ini bahwa setiap bulan Agustus kunjungan wisatawan Mancanegara ke Desa Wisata Masmas terus

Wisata Alam

KM Kaula
Oleh KM Kaula
09 Agustus, 2015 06:52:30
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 17994 Kali

Tepat seperti prediksi awal dan juga kebiasaan selama ini bahwa setiap bulan Agustus kunjungan wisatawan Mancanegara ke Desa Wisata Masmas terus meningkat. Hal ini mulai terlihat sejak akhir juli dan terus meningkat hingga Agustus dan biasa berakhir di awal september.
Kegiatan para wisatawanpun bermacam-macam sesuai dengan situasi yang ditemukan, kadang mereka belajar bikin bata merah, panjat kelapa, belajar menyiang dengan kiskis, belajar mengarit rumput, belajar mencangkul bahkan juga belajar makan dengan tangan.

Semua aktifitas itu jadi menarik bagi mereka, mereka selalu mendapatkan pengalaman baru yang tidak pernah mereka alami sebelumnya. Hal itulah yang membuat para wisatawan yang sudah berkunjung ke Desa Masmas sangat terkesan. Bahkan tidak jarang dari mereka yang sengaja datang ke Indonesia hanya untuk mengunjungi Desa Wisata Masmas.

Bahkan mereka yang datang, dengan sengaja mempersiapkan alat-alat tulis untuk menjadi oleh-oleh ketika mereka diajak mengunjungi sekolah terdekat. Bahkan juga demi menunjukkan kesenangan mereka dan dukungan mereka terhadap kegiatan yang diinisiasi oleh para pemuda setempat. Beberapa dari guide lokal sudah ada yang mendapatkan bapak angkat langsung. seperti Suhartini misalnya yang sekarang bisa kuliah di IKIP mataram jurusan bahasa inggris karena dibiayai oleh salah satu pasangan asal Jerman yang sudah berkunjung satu tahun lalu.

Suhartini setiap tahun mendapatkan kiriman dari jerman dengan nominal yang melebih biaya kuliahnya sehingga tidak Cuma bayaran kuliahnya saja yang bisa ditanggulangi tapi juga biaya hidupnya selama kuliah. Beda lagi dari para guide lokal yang selalu mendapatkan manfaat pragmatis dari setiap tamu yang mereka pandu, kadang mereka mendapat tip yang nominalnya  sampai lima enam ratus bahkan jutaan, kadang juga berupa alat-alat sekolah bahkan alat-alat permainan yang kadang mereka langsung bawa dari negaranya yang sudah tentu kwalitasnya diatas rata-rata.

Tamu yang datang pun berasal dari berbagai Negara. Seperti dalam minggu ini dimulai dari Austria kemudian dihari berikutnya switzelend, disusul Belgia, Prancis Jerman dan hari ini Prancis lagi yaitu Cezard Brigiffe bersama Jean Pault.

 

Baca Juga :


Kesan Yang paling menarik dari setiap tamu yang datang juga berbeda-beda, jika selama ini ada yang terkesan dengan menyiang, merampek, mengejar anak ayam, menggiring itik, mengarat atau menggembala kambing, sapi dan lain-lain ternyata beda lagi dengan tamu hari ini justru yang menarik dan lucu bagi dia adalah makan nasi dengan tangan. Mulut dan tangan mereka berlepotan karena mereka makan sambil tertawa dan saling ejek dengan pasangannya. [] - 05

 



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan