logoblog

Cari

Melihat Mataram Dari Batulayar

Melihat Mataram Dari Batulayar

Ketika menyebut nama Mataram, yang terbayang di dalam pikiran adalah kota dengan segala pernak-pernik yang ada di dalamnya. Peradaban yang ada

Wisata Alam

KM. Layarstone
Oleh KM. Layarstone
05 Juli, 2015 12:43:37
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 8747 Kali

Ketika menyebut nama Mataram, yang terbayang di dalam pikiran adalah kota dengan segala pernak-pernik yang ada di dalamnya. Peradaban yang ada di kota tentu berbeda dengan peradaban yang sering ditemukan di desa-desa. Dan, jika ingin melihat serpihan-serpihan bagian kota Mataram dari Mataram, tentu tidak terjangkau dengan indra mata manusia pada umumnya. Kecuali anda menaiki gedung tingkat lima atau bahkan sepuluh, mungkin serpihan-serpihan bagian akan terlihat dengan mata telanjang. Dari gedung tingkat sepeluh itulah mungkin akan terbaca Islamic Centre, gedung-gedung megah, yang menjadi icon dan kebanggaan kota yang awalnya termasuk bagian dari Kabupaten Lombok Barat ini.

Lalu bagaimana jika ingin melihat keindahan Kota Mataram dari sebuah pemandangan alam? Salah satu yang akan menjawab view keindahan Kota Mataram adalah alam yang terletak perbukitan dan pegunungan Batulayar. Seperti yang terlihat dalam gambar yang penulis tempelkan ini. View ini adalah view keindahan kota Mataram dari kejauhan pandangan alam Batulayar. Serpihan bagian Kota Mataram akan bisa dinikmati dari Batulayar tanpa harus pergi ke Mataram. Ini masalah pemandangan.

Ada beberapa perbukitan atau pegunungan yang ada di Batulayar menjangkau dan bisa digunakan untuk menikmati serpihan keindahan Kota yang dipimpin oleh H.M. Ahyar Abduh ini. Daerah yang memungkinkan melihat keindahan kota dari kejauhan pandangan adalah Batulayar, Bengkaung dan Batulayar Bagian Barat. Ketiga desa ini memiliki panorama alam yang indah bila ingin menyaksikan keindahan Kota Mataram dari kejauhan. Hamparan hijau sawah, menara-menara dan gedung-gedung tinggi menjulang persis terbaca jika menaiki salah satu wilayah desa yang disebutkan.

Hal ini memungkinkan karena banyaknya wilayah atau dusun yang ada di seputaran Batulayar terletak di daerah perbukitan atau pegunungan. Desa Batulayar memiliki Dusun Penanggak salah satunya. Dari Penanggak keindahan Mataram akan terlihat dengan indah di waktu pagi maupun sore hari, malam harinya akan terlihat gemercik lampu-lampu yang bertengger dan bertebaran dari pandangan Dusun ini. Desa Bengkaung memiliki Dusun Seraye dan Bunean yang tidak kalah menarik, jika menelusuri jalan menuju Seraye dan Bunean, di sebelah Selatan Anda akan tersaji keindahan pemandangan Mataram dengan segala yang dimilikinya.

 

Baca Juga :


Tak jarang para wisatawan, bahkan pejabat seperti Gubernur NTB pun terkesima saat mengayuh sepedanya menapaki keindahan pemandangan di Dusun Seraye dan Bunean. Hembusan angin yang meniup tubuh, suara burung, dan tentunya air nira yang menjadi minuman khas masyarakat setempat akan menggoda saat mengunjunginya.

Terkait dengan rute menuju tempat yang telah disebutkan di atas, tidak perlu khawatir karena akses jalan sangat mendukung. Menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor adalah pilihan ideal untuk mengabsahkan tulisan ini. Selanjutnya, tipikal dan karakter masyarakat yang ada di bagian perbukitan masih terbilang lugu tidak seperti kebanyakan orang kota. Ini merupakan sedikit dari banyak kenyataan yang bisa diceritakan melalui tulisan. Nikmati keindahan Kota Mataram dari kejauhan Batulayar. [] - 05



 
KM. Layarstone

KM. Layarstone

Batulayar sebagai daerah Wisata masih menjadi Target Utama untuk mengembangkan Pariwisata di NTB dan Menciptakan Lapangan Kerja guna mengurangi Resiko Pengangguran

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan