logoblog

Cari

Tutup Iklan

Wisata Bukit Nanggi Sembalun

Wisata Bukit Nanggi Sembalun

KM. Sukamulia – Tidak salah jika Pulau Seribu Majid (Lombok) mendapatkan penghargaan nasional dalam bidang pasriwisata sebab pulau Lombok memang indah

Wisata Alam

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
16 Juni, 2015 23:30:21
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 38958 Kali

KM. Sukamulia – Tidak salah jika Pulau Seribu Majid (Lombok) mendapatkan penghargaan nasional dalam bidang pasriwisata sebab pulau Lombok memang indah dan sangat kaya oleh asset wisata pantai, gugusan bukit dan pegunungan, wisata sejarah dan religi serta taman wisata alam yang sengaja dibuat dan dikelola oleh orang-orang bermodal. Salah satu asset wisata alam pulau Lombok yang saat ini sedang buming adalah wisata bukit di sekitar wilayah Kecamatan Sembalun. Jika beberapa minggu yang lalu penulis mendeskripsikan mengenai destinasi Bukit Pergasingan yang dikenal juga dengan nama Gunung Penggasingan, maka kali ini penulis akan mendeskripsikan destinasi wisata Bukit Nanggi yang juga tidak kalah indahnya dengan destinasi Wisata Bukit Pergasingan.

Bukit Nanggi merupakan salah satu bukit yang berada di sekitar wilayah Kecamatan Sembalun. Saat ini ada 5 bukit di wilayah Sembalun yang sedang diperomosikan oleh Pengelola Treacking Rinjani (RTC), yaitu Bukit Selong, Bukit Pergasingan, Bukit Nanggi, Bukit Dedaun dan Bukit Anak Dara. Dari lima bukit itu, hanya Bukit Pergasingan yang jumlah kunjungan wisatanya sudah membeludak, sedangkan empat bukit lainnya masih minim pengunjung yang padahal keempat bukit tersebut juga memiliki destinasi wisata yang tidak kalahnya dengan destinasi Bukit Pergasingan.

Menurut pengamatan penulis, kurangnya jumlah kunjungan keempat bukit tersebut disebabkan oleh kurangnya promosi yang dilakukan oleh pengelola asset wisata tersebut. Hal ini terbukti dari kurangnya tulisan/artikel di halaman internet/web yang menceritakan (mendeskripsikan) destinasi wisata keempat bukit tersebut. Untuk itu, kali ini penulis akan mencoba mendeskripsikan mengenai destinasi wisata Bukit Nanggi dengan harapan supaya Bukit Nanggi dapat dikenal oleh khalayak ramai dan tentunya itu akan membuat kaki para pembaca terasa gatal untuk segera melakukan perjalanan wisata ke tempat tersbut.

Bukit Nanggi terletak di Desa Sembalun Bummbung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Bukit ini memiliki ketinggian 2300 meter di atas permukaan air laut (mdpl) dengan kemiringan sekitar 40 hingga 85 derajat. Untuk menikmati destinasi wisata Bukit Nanggi maka anda bisa masuk melalui jalur pendakian yang telah dibuat oleh pengelola bukit ini. Jalur pendakian Bukit Nanggi terletak sekitar 600 m di sebelah selatan Kompleks Rumah Adat Sembalun Bumbung/Lapangan Umum Sembalun Bumbung. Anda tidak perlu bingung untuk mencari jalur pendakian sebab di pangkal jalur pendakian terdapat papan nama Bukit Nanggi yang dibuat dengan menggunakan bener yang berukuran sangat besar.

Selain lewat jalur di atas, anda juga bisa melalui jalur yang berada di sekitar Rumah Adat Sembalun Bumbung, dimana jika anda datang dari arah Pusuk Sembalun, ketika anda tiba di persimpangan Rumah Adat maka anda harus mengambil arah kanan dan masuk melalui jalan rabat yang berada di sebelah Lapangan Umum Sembalun Bumbung. Teruslah berjalan hingga anda menemukan sungai yang berada di tengah perkampungan Sembalun Bumbung, dari sana anda harus mengambil arah kiri sehingga anda akan menemukan jembatan dari bambu. Dengan demikian maka anda harus meninggalkan kendaraan bermotor dan mulailah anda untuk menapaki track menuju pincak Bukit Nanggi dengan berjalan kaki. Jika anda kebingungan menemukan jalur pendakian ini maka anda tinggal bertanya kepada warga sekitar, insyallah mereka akan memberikan anda informasi lengkap tanpa biaya. Perlu penulis sampaikan bahwa jika anda berangkat dari Kota Mataram menuju Desa Sembalun Bumbung maka anda akan menempuh jaraknya sekitar 90 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Demi keamanan dan kenyamanan perjalanan wisata anda maka anda harus membeli tiket masuk areal wisata Bukit Nanggi. Harga tikrt masuknya tidak mahal kok, cumin Rp. 10.000,-/orang, murah banget kawan. Hanya dengan uang Rp. 10.000,- anda mendapatkan destinasi yang luar biasa dan tidak akan pernah anda temukan di tempat lainnya. Oleh karena itu, ayo langkahkan kaki anda menuju puncak Bukit Nanggi Sembalun Bumbung dan nikmatilah destinasi wisata yang ditawarkan oleh areal wisata soft treacking yang satu ini. Tiket masuk track pendakian dapat anda beli pada pengelola Bukit Nanggi yang stay di pangkal jalur pendakian.

Alat transportasi yang anda bawa (speda motor ataupun mobil) dapat anda titipkan pada rumah warga yang sudah diberikan tanda sebagai tempat parkir oleh pengelola wisata Bukit Nanggi dan yakinlah bahwa kendaraan anda dijamin kemanannya hingga anda kembali dari puncak bukit itu. Untuk satu sepeda motor ditarik bajet sebesar Rp. 10.000,-/malam. Di sekitar areal wisata ini juga terdapat tempat penyewaan tenda, oleh sebab itu anda tidak pelu khawatir jika anda tidak membaw tenda dari rumah sebab anda bisa menyewa tenda pada tempat-tempet penyewaan tenda yang ada di sekitar areal wisata ini. Oya, untuk satu tenda disewakan dengan harga Rp. 100.000,-/malam.

Jika anda sudah bosan dengan destinasi wisata Bukit Pergasingan maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk menjajali destinasi wisata bukit yang satu ini (Bukit Nanggi). Oya, pada dasarnya Bukit Nanggi llebih indah dari Bukit Pergasingan sebaba puncak Bukit Nanggi lebih luas dari puncak Bukit Pergasingan. Puncak Bukit Nanggi juga diperindah oleh hamparan sabana yang berwarna hijau berkemilau dan track menuju puncak bukit ini juga tidak terlalu panas sebab di sepanjang track-nya terdapat barisan pohon cemara dan pohon-pohon berukuran besar lainnya.

 

Baca Juga :


Untuk mencapai puncak Bukit Nanggi, anada akan menghabiskan waktu sekitar 5 jam (perjalanan normal), namun jika anda berjalan pelan dan sering istirahat maka paling tidak anda akan menghabiskan waktu sekitar 6 jam atau lebih untuk sampai di pincak bukit yang indah ini. Selama 3 jam perjalanan, track yang ditempuh lumayan adem sebab di sepanjang treck pendakian terdapat pohon cemara dan pohon-pohon besar lainnya yang berbaris di kanan kiri jalur pendakian. Selanjutnya, satu jam terahir menuju pincak Nanggi anda tidak akan menemukan pepohonan serimbun pepohonan namun udara pegunungan akan membuat anda tetap nyaman selama di perjaanan.

Tiga jam perjalanan akan membawa anda melewati jalur pendakian dengan kemiringan 40 hingga 70 derajat dan perjalanan satu jam terahir sebelum sampai di puncak, anda akan menemukan jalur yang cukup terjal dan cukup menguras tenaga anda sebab tracknya cukup curam, yakni sekitar 80 hingga 85 derajat. Bagi anda yang mengaku sebagai petualang maka itu bukanlah suatu masalah besar dan di sinilah anda akan membuktikan nyali adventur anda. Jangan ngaku sebagai pendaki sejati jika anda belum menapakkan kaki di puncak Bukit Nanggi.

Di sepanjang perjalanan menuju puncak Bukit Nanggi, anda dapat menyaksikan keindahan alam Sembalun dan hamparan hutan di Kaki Rinjani. Setelah sampai puncak maka anda akan menemukan destinasi wisata yang sungguh luar biasa, suasananya lebih indah dari Bukit Pergasingan sebab areal Bukit Nanggi masih sangat alami dan jauh dari sampah anroganik yang merusak pemandangan. Setelah berada di puncak, anda bisa memilih lokais yang nyaman untuk mendirikan tenda perkemahan dan nikmatilha destinasi wisata di Puncak Bukit Nanggi yang begitu istimewa ini.

Dari puncak Bukit Nanggi anda dapat menyaksikan Sun Rice pada pagi hari, mata hari terbenam (sun set) di balik Rinjani yang agung pada sore hari, indahnya Gunung Rinjani, hamparan persawahan masyarakat Sembalun yang terlihat kuning dan hijau berkimilau tersapu cahaya matahari. Dari puncak Nanggi, anda juga dapat menyaksikan barisan tiga gili di wilayah Sugian Kecamatan Sambalia, Barisan Pegunungan Tambora yang menyegarkan mata.

Bukan hanya itu, anda juga dapat menyaksikan hamparan desa di sekitar wilayah Sambalia, Pringgabaya, Suela dan hamparan hutan dan perkampungan di sekitar wilayah Lombok Utara. Pokoknya berwisata di atas puncak Bukit Nanggi akan memberikan anda pengalaman wisata yang begitu luar biasa dan destinasinya lebih banyak dari destinasi wisata Bukit Pergasingan. Untuk itu, berkunjunglah ke tempat wisata yang satu ini. Penulis yakin bahwa anda tidak akan menyesal jika telah menapakkan kaki di puncak bukit yang indah ini sebab Bukit Nanggi adalah tempat yang cocok sebagai tempat berlibur dan menghabiskan waktu ahir pekan anda.

_By. Asri The Gila_ [] - 01



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan