logoblog

Cari

Mengapa, Rinjani Menuju Geopark Dunia?

Mengapa, Rinjani Menuju Geopark Dunia?

Rinjani, atau yang kini dengan sebutan TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani) diusulkan menjadi calon geopark dunia ke UNESCO karena memiliki sedikitnya lima hal

Wisata Alam

M Aryza Anwar
Oleh M Aryza Anwar
05 Juni, 2015 06:49:46
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 44915 Kali

Rinjani, atau yang kini dengan sebutan TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani) diusulkan menjadi calon geopark dunia ke UNESCO karena memiliki sedikitnya lima hal pokok untuk menjadi geopark global.

  1. Gunung Rinjani memiliki nilai-nilai warisan geologi penting dari aspek kegunungapian, situs warisan alam berupa kaldera, kerucut-kerucut gunung api muda, lapangan solfatara, mata air panas, dan bentangan lainnya yang mempunyai nilai estetika tinggi seperti air terjun.
  2. Situs-situs geologi gunung api mempunyai makna bagi pengembangan ilmu pengetahuan kebumian dan pendidikan.
  3. Gunung Rinjani telah mempunyai badan pengelola, yakni Rinjani Tracking Manajemen Board (RTMB), yang melibatkan warga lokal setempat secara aktif.
  4.  Penyelenggara pariwisata berbasis geologi yang telah banyak memberi manfaat berupa pertumbuhan ekonomi lokal melalui jasa pemandu, penginapan, rumah makan, transportasi, dan penjualan cendera mata.
  5. Sebagai bentuk keberhasilan pengembangan pariwisata karena Gunung Rinjani telah memperoleh tiga penghargaan internasional yakni "World Legacy Award" untuk kategori "Destination Stewardship" dari "Conservation International and National Geographic Traveler" 2004, finalis "Tourism for Tomorrow Award" masing-masing tahun 2005 dan 2008.

Pengertian UNESCO, Geopark adalah “sebuah daerah dengan batasan yang sudah ditetapkan dengan jelas dan memiliki kawasan permukaan yang cukup jelas untuk pembangunan ekonomi lokal”. GEOPARK terdiri atas sejumlah tapak KERAGAMAN GEOLOGI yang memiliki kepentingan ilmiah khusus, kelangkaan dan keindahan, yang dikenal sebagai WARISAN GEOLOGI. GEOPARK tidak hanya berhubungan dengan KERAGAMAN GEOLOGI saja tetapi juga nilai-nilai ARKEOLOGI, EKOLOGI, nilai SEJARAH atau BUDAYA.

“Geopark” merupakan jaringan organisasi di bawah organisasi "GGN" (Global Geopark Network). Jaringan tersebut berasal dari seluruh bagian dunia dan bersama-sama berbagi nilai, ketertarikan, atau latar belakang mengenai metodelogi tertentu dan pengelolaan. The Global Geoparks Network menyediakan dasar kerja sama dan pertukaran tenaga ahli dan praktisi terkait dengan permasalahan peninggalan (situs) geologi. Sementara itu, pada tahun 1990-an, UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) pun mencoba merumuskan model pemanfaatan warisan kebumian untuk keberlangsungan hidup masyarakat lokal secara berkesinambungan.

“Geopark”, bermula dari sekelompok ilmuan Eropa pada akhir tahun 1960-an yang menyadari pentingnya mencari cara-cara baru untuk melindungi WARISAN GEOLOGI DUNIA. Pada dekade 2000 muncul konsep pengelolaan keragaman geologi, yaitu Geopark yang memiliki konsep dasar KONSERVASI, PEMBANGUNAN EKONOMI, dan PENGEMBANGAN MASYARAKAT LOKAL. Kemudian Masyarakat Eropa mewujukan sebuah organisasi Geopark di seantero Benua Biru itu dan berhasil menjadi obyek GEOWISATA yang diminati masyarakat awam.

Kewajiban Anggota GGN
*Melestarikan peninggalan geologi untuk generasi saat ini dan masa depan.
*Mendidik dan mengajar masyarakat luas mengenai isu dalam ilmu geologi dan kaitannya dengan permasalahan lingkungan.
*Memastikan pembangunan sosio-ekonomi dan budaya yang berkelanjutan.
*Membangun jembatan multy-budaya untuk warisan dan dan konservasi dan pemeliharaan perbedaan budaya dan geologi, menggunakan skema partisipasi dan co-partnership.
*Merangsang penelitian.
*Memberikan kontribusi secara aktif terhadap kehidupan jaringan melalui kerjasama inisiatif (komunikasi, publikasi, pertukaran informasi, partisipasi dalam pertemuan dan proyek-proyek).
*Kontribusi artikel ke GGN Newslatter, buku dan publikasi lainnya.

Adapun Keuntungan menjadi member Global Geopark Network, yakni:

 

Baca Juga :


Terpromosikan secara internasional melalui bendera UNESCO tanpa harus disertai dengan pembiayaan besar.

Penetapan Geopark Nasional sebagai anggota GGN UNESCO akan menjadi ikon baru pariwisata Indonesia yang berbasis masyarakat dan konservasi sehingga lebih menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung.

Menarik minat investor luar negeri manakala Geopark Nasional telah resmi go-internasional, baik dari aspek konservasi, pendidikan, maupun pariwisata.

Sumber dan Referensi
Foto Header Artikel www.tnrinjani.net
Menuju Rinjani Menuju Geopark Dunia/http://www.tnrinjani.net/home
Geopark dan Penataan Ruang (Oki Oktariadi)/http://landspatial.bappenas.go.id/km/files/20141113161357_geopark_dan_tata_ruang.pdf

Kunjungi juga Website Unesco di sini http://whc.unesco.org/



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan