logoblog

Cari

Tutup Iklan

Wisata Air "Planet Garden" Di Kelayu Selong

Wisata Air

Planet Garden adalah salah satu obyek wisata air yang berada di Desa Kelayu Utara, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur. Obyek wisata

Wisata Alam

Wisata Air

Wisata Air "Planet Garden" Di Kelayu Selong

ANDI MULYAN
Oleh ANDI MULYAN
07 April, 2015 22:03:46
Wisata Alam
Komentar: 1
Dibaca: 28224 Kali

Planet Garden adalah salah satu obyek wisata air yang berada di Desa Kelayu Utara, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur. Obyek wisata air ini terletak di sebuah lembah jurang yang ada di tengah kebun atau hutan kelayu dengan luas sekitar sembilan are. Jika kita ingin mengunjungi tempat ini, harus melewati kawasan kebun atau hutan dengan jarak 300 meter dari Jalan Kebun Tatar kelayu Utara ke arah utara. Setelah menemukan kawasan wisata air ini, kita pun juga harus melewati  jalanan yang berupa tangga beton yang berliku dan memanjang ke bawah sampai ke tempat wisata air yang ada di lembah jurang.

Wisata Palanet Garden bermula setelah seorang warga kampung kelayu yang bernama ILing Tunggal (43 th) menemukan sumber mata air di tengah kebun enau yang ada di Dusun Kebun Tatar ini. Sumber mata air tersebut muncul dari sela-sela tebing jurang yang di atasnya ditumbuhi oleh pepohonan yang besar, termasuk pohon beringin.

Sebelumnya, air yang mengalir dari sela-sela tebing jurang tersebut mengalir ke sebuah sungai yang berdekatan dengan sumber mata air ini. Adapun sungai tersebut merupakan jaringan sungai yang ada di kaki gunung rinjani, dan sungai di kawasan wisata air ini bernama sungain blimbing.

Bedasar dari penelitian seorang iling Tunggal bahwa sumber mata air ini tidak mengandung racun dan cukup bersih, sementara kadar air yang terkandung pada aliran sungai yang merupakan anak sungai dari sungai yang ada di kaki gunung rinjani mengandung  zat belerang, sehingga banyak pengunjung yang menjadikannya sebagai obat penyakit gatal-gatal.

Selain itu, bahwa dengan penemuan seorang Iling Tunggal terhadap sumber mata air yang ada di tengan lembah jurang kebun kelayu ini, sehingga muncul suatu ide untuk mengembangkan kepariwisataan di Lombok Timur. Menurut Iling Tunggal yang juga berprofesi sebagai kotraktor bahwa di Lombok Timur belum ada wisata air atau “water park” sehingga motivasinya sangat tinggi untuk membangun kawasan wisata di tengah kebun kelayu ini, dan pada tahun 2013, Iling Tunggal berhasil merampungkan pembangunan wisata air yang ada di Desa Kelayu Utara ini.

Fasilitas yang ada di obyek wisata Planet Garden ini adalah kolam renang, yang terdiri dari dua bagian, yaitu kolam renang untuk orang dewasa dan kolam renang untuk anak kecil. Sedangkan pada setiap kolam renang ini dilengkapi dengan “water spilled” yaitu air tumpah dari gentong besar yang dipasang pada sebuah tiang di sudut kolam. Air yang masuk pada gentong besar itu sengaja dirancang oleh pihak pengelola wisata dengam mempergunakan aliran listrik, sehingga ketika air tersebut memenuhi gentong itu, secara otomatis gentong itu akan terbalik dan menumpahkan air ke dalam kolam, sehingga menjadi sebuah permainan air pada pengunjung yang sedang mandi di kolam.

Baca Juga :


Air sungai yang mengalir dengan tenang di kawasan kebun kelayu ini, juga merupakan areal wisata pada kawasan wisata air ini. Dari pihak pengelola wisata telah menyiapkan perahu karet untuk naik perahu menyusuri aliran sungai yang diapit oleh jurang yang tinggi. Sedangkan pada bagian tebing jurang, terdapat tiga pancuran yang berderet, dan airnya terjatuh dari ketinggian sekitar lima meter. Air yang keluar dari tiga pancuran tersebut sangat dingin dan menurut pihak pengelola wisata bahwa air ini bisa memijit, yaitu ketika air pancuran jatuh pada tubuh, serasa badan terpijit. Begitupun juga karena jumlah pancuran tersebut ada tiga sehingga dinamakan “Pancuran Tiga”.

Untuk menambah keindahan obyek wisata air ini, pihak pengelola membangun sembilan  baruga yang ditata rapi di pinggir sungai yang ada di kawasan wisata Planet Garnden ini. Karena baruga yang berjejer di tepi sungai ini berjumlah sembilan sehingga dinamakan “Baruga Sembilan”.

Fasilatas lain yang ada di areal wisata Planet Garden ini adalah ruang seminar, musholah, kanting murah, kamar mandi/toilt, kamar ganti pakaian dan sebuah toko baju kaos “distro”.

Mengenai tiket masuk pada kawasan wisata air ini,  yaitu pada hari biasa dengan harga dua puluh ribu  rupiah, kecuali pada hari libur dengan harga dua puluh lima ribu rupiah. Untuk pengunjung yang ukuran tinggi badannya 80 cm kebawah tidak dikenakan harga tiket.  [] - 05



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    08 April, 2015

    menarik, kita jadi kepingin kesana.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan