logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pantai Pondok Kerakat

Pantai Pondok Kerakat

KM. Sukamulia – Pantai Pondok Kerakat merupakan salah satu dari hamparan pantai yang berjejer di sekeliling wilayah pulau Lombok. Pantai Pondok

Wisata Alam

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
15 Desember, 2014 20:06:50
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 19078 Kali

KM. Sukamulia – Pantai Pondok Kerakat merupakan salah satu dari hamparan pantai yang berjejer di sekeliling wilayah pulau Lombok. Pantai Pondok Kerakat juga tidak kalah menarinya jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di pulau Lombok yang sudah dikenal oleh halayak ramai. Pantai ini memiliki areal seluas 700 m dari tempat berhempasnya ombak. Hamparan pasir hitam yang mengandung unsur besi menjadi pemandangan yang sangan menawan, hamparan pasir ini akan berkilauan apabila terkena sinar matahari. Pantai ini sangat cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga dan orang-orang yang kita sayangi.

Salah satu potensi wisata yang membuat Lombok dikenal oleh dunia adalah pantainya yang indah. Pantai-pantai yang indah itu berjejer di sekeliling pulau Lombok namun dari sekian banyak pantai itu, hanya beberapa pantai saja yang dikenal oleh wisatawan asing ataupun wisatawan domestik. Selain Pantai Kute, Tanjung An, Lofster Buy, Pantai Ampenan, Pantai Senggigi, dan Malimbo, masih banyak pantai-pantai lain yang juga tidak kalah menarik dan mempesona jika dibandingkan dengan pantai-pantai tersebut, hanya saja kurangnya promosi menyebabkan pantai-pantai itu tidak dikenal oleh halayak ramai, salah satunya adalah Pantai Pondok Kerakat yang berada di Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.

Pantai Pondok Kerakat dikenal juga dengan sebutan Pantai Tanjung Gali namun lebih banyak orang yang mengenal Pondok Kerakat, hal ini disebabkan oleh banyaknya pondok kerakat yang berjejer di sekitar pantai. Di pondok kerakat inilah para nelayan yang berasal dari Desa Pohgading Timur dan sekitarnya berkumpul sebelum mulai ngerakat (menangkap ikan dengan jaring yang cukup besar) dan ikan di sana pula mereka beristirahat dan membagi hasil tangkapan ikan setela selesai menangkap ikan.

Pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan local, terutama pada hari minggu, tahun baru dan hari-hari besar lainnya. Pada saat liburan sekolah, banyak anak-anak sekolah yang menghabiskan waktunya untuk berkemah di pantai ini. Banyak pula orang-orang yang melakukan separing silat dan sepak bola, latihan bermain voly pantai dan olahraga lainnya.

Ombak yang lumayan besar/tinggi juga menjadi penarik bagi pengunjung untuk mendatangi pantai ini, bermain air di sela-sela kejaran ombak adalah hal yang sangat digemari oleh para pengunjung dan bahkan sudah beberapa kali penulis melihat wisatawan asing bermain selancar di pantai ini. Selesai memanjakan diri di tengah kejaran ombak, para pengunjung biasa memanjakan tubuhnya di atas hamparan pasir hitam. Pasir pantai ini bersih, tidak berdebu dan tidak pula dikotori oleh sampah organic dan plastic sebab itulah para pengunjung tidak takut membalut kulitnya dengan pasir dan konon mandi dipantai Pondok Kerakat kemudian berjemur sambil membalutkan pasir di sekujur tubuh dapat menghilangkan penyakit kulit dan penyakit persendian. Heheeee itu sich katanya para tetua kami, namun itu betul juga kok. Oya, selesai mandi di air laut, pengunjung biasa membilas badannya dengan air tawar. Di pantai Pondok Kerakat terdapat sumber mata air bersih yang disebut dengan nama Timba Badok. Pengunjung dapat membersihkan badannya pada telaga yang ada di mat air tersebut dan airnya dijamin bersih. Di pantai ini, anda juga dapat menyaksikan Sun Rice dan Sun Set yang berkilau keemasan.

Angin yang bertiup spoi membuat pengunjung betah bermain-main bersama keluarga dan orang-orang yang mereka sayang. Perlu juga diketahui, jika anda melihat ke arah utara dan selatan di pantai ini maka anda akan melihat Long Beach yang begitu mempesona. Kemudian jika anda melihat ke arah barat maka anda akan menyaksikan hamparan pohon nyiur yang berjejer di sekitar pantai, di arah barat anad juga dapat melihat pemandangan Gunung Rinjani yang berwarna biru dengan bentuk perisai dan jika anda mengarahkan tatapan mata anda kea rah timur maka anda akan meliht hamparan lautan biru yang dimana pada ujung pandangan anad akan melihat rangkaian gunung-gunung di pulau Sumbawa.  Pokoknya pantastis kawan, untuk itu ajaklah keluarga, sahabat dan orang-orang yang anda cintai untuk berlibur ke Pantai Pondok Kerakat, heheee… promosi dikit.     

 

Baca Juga :


Pada saat terang bulan, biasanya pengunjung pantai ini cukup ramai sebab susana terang bulan di Pondok Kerakat sangat mempesona. Muda mudi biasanya bergagandeng-gandeng mesra menyaksikan lautan yang disirami oleh kilauan cahaya rembulan. Banyak pula orang yang membawa keluarganya menikmati purnama sambil betalet (menanam sebagian badannya di pasir) sebab menurut cerita orang tua, betalet di pantai ini dapat menghilangkan penyakit rematik dan sakit encok. Pada saat terang bulan juga banyak orang yang menghabiskan waktunya berkemah di Pondok Kerakat.

Demikianlah sekilas informasi yang dapat penulis sajikan di halaman Kampung Media terkait dengan Pantai Pondok Kerakat yang umumnya hanya dikenal oleh orang-orang sekitar dan belum begitu banyak orang luar yang mengenalnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Lewat tulisan ini juga kami berharap supaya Pemerintah Daerah Lotim dan Pemprov NTB dapat membantu kami memperomosikan dan membantu kami untuk membangun tempat wisata ini supaya kedepannya Pantai Pondok Kerakat dapat dijadikan sebagai tempat wisata yang tidak kalah populernya dengan pantai Kute ataupun Senggigi supaya asset ini dapat menjadi asset daerah yang nantinya bisa menambah Pendapatan Asli Daerah kita, amin ya robbal alamin. [] - 05

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan