logoblog

Cari

Tutup Iklan

Indahnya Sunset di Pandan Duri

Indahnya Sunset di Pandan Duri

KM. Begibung. Di sore nan indah dihiasi rona lembayung mentari di ufuk barat  sementara angin sepoi-sepoi dan rimbunnya semak belukar di

Wisata Alam

KM. BEGIBUNG
Oleh KM. BEGIBUNG
15 Desember, 2014 21:19:36
Wisata Alam
Komentar: 2
Dibaca: 34905 Kali

KM. Begibung. Di sore nan indah dihiasi rona lembayung mentari di ufuk barat  sementara angin sepoi-sepoi dan rimbunnya semak belukar di kiri kanan jalan menambah sejuknya suasana yang disuguhkan oleh eksotisnya bendungan Pandan Duri. Bendungan ini terletak di desa Pandan Duri kecamatan Terara kabupaten Lombok Timur. Jalur yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi bendungan adalah jalur menuju selatan pada pertigaan yang berada di depan toko Papilon Terara. Dari pertigaan, lokasi bendungan dapat ditempuh hanya membutuhkan waktu sekitar 10 samapi 15 menit. Sedangkan jarak tempuh dari Mataram ke bendungan membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan. Dan sepanjang perjalanan tidak akan ditemukan rintangan karena jalan menuju bendungan sudah mulus berhotmix.

Bendungan pandan duri ternyata menyimpan pesona alam yang masih alami. Di sekeliling bendungan tertata deretan bukit berbatuan yang dapat memancarkan kilau berwarna keemasan bila disinari sang mentari sore sehingga menambah indah di pandang mata. Demikian juga air jernih di setiap lekukan bendungan menambah suasana yang dapat menyejukkan hati. Beberapa bagian bendungan yang belum digenangi air dan bukit – bukit terjal dapat dimanfaatkan oleh penggemar motor trail untuk menguji nyali melawan rintangan yang cukup curam dan berbahaya. Dan tak kalah menariknya, para remaja atau anak baru gede (ABG) memanfaatkan suasana dan indahnya bendungan sebagai tempat ber-selfy ria.

Daya tarik Padan Duri bukan itu saja, tetapi yang lebih mempesona adalah indahnya sunset yang membuat mata tak mampu berkedip melihatnya. Ketika momen-momen sunset akan tiba semua pengunjung bergegas mencari dan memilih lokasi yang angle-nya paling tepat untuk menatap indahnya sunset. Kemudian suasana menjadi bertambah romantis ketika sang matari terbenam. Sensasi sunsetnya bersenyawa dengan kesenyapan alami yang menenteramkan jiwa. Para pengunjung terhening sejenak menikmati suasana sore menjelang malam sembari bercengkrama dengan temanan-teman seperjalanan. Hari semakin senja, pengunjungpun satu persatu dengan langkah berat meninggalkan lokasi, sehingga lokasi bendungan berangsur sepi.

Tak mengherankan kalau keindahan bendungan Pandan Duri menjadi buah bibir setiap orang yang telah berkunjung ke sana, sehingga dari hari kehari pengunjung terus bertambah, mereka membuktikan cerita yang didapat dari teman-teman atau oramg-orang dekat mereka. Penulispun tidak ketinggalan, pada minggu sore, 14 Desember 2014 penulis bersama anak bungsu kembali mencoba jalan jalan menuju bendungan yang mulai naik daun sebagai salah satu alternatif tujuan wisata alam di Lombok Timur.

Ternyata sejauh mata memandang, jalan yang mengelilingi bendungan dipenuhi para pengunjung yang  terus mengalir memenuhi lokasi, baik orang tua, remaja maupun anak-anak. Ada yang datang menggunakan mobil pribadi, banyak juga menggunakan sepedah motor dan beberapa pengunjung menggunakan sepeda kayuh sambil berolahraga. Tapi menurut penulis, rasanya akan lebih nyaman mengendarai sepeda motor ketimbang mobil, karena kita akan lebih bebas dan leluasa mengeksplorasi setiap lokasi yang paling cocok untuk menikmati indahnya sunset.

 

Baca Juga :


Fenomena ini akan bisa menjadikan bendungan Pandan Duri menjadi salah satu pundi baru bagi pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten Lombok Timur. Hal ini akan terealisasi apa bila bapak bupati melalui dinas pariwisata mau menata dan mempercantik kawasan tersebut. Disamping itu pemerintah juga diharapkan dapat menyediakan fasilitas berupa lapak-lapak bagi pedagang kecil, dan bangunan-bangunan asri di puncak maupun di lereng bukit untuk dijadikan lesehan. Tentunya harus disertai dengan penerangan di sepanjang lokasi bendungan agar suasana malam, khususnya malam minggu dapat dinikmati para pengunjung bersama keluarga untuk menikmati liburan akhir pekan.

Dan akan lebih menarik apa bila air bendungan dimanfaatkan sebagai wisata air dengan menyediakan penyewaan ski boat, motor boat  ataupun alat transportasi air lainnya. Dengan demikian pembangunan bendungan Pandan Duri akan mendatangkan penghasilan ganda (double income) artinya disamping dapat mengairi sawah dalam rangka meningkat produksi pertanian, tapi bisa juga dimanfaatkan sebagai alternatif tujuan wisata alam yang dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat setempat.

Bagi pemerintah kabupaten Lombok Timur akan dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD) dari hasil penjualan karcis masuk, uang parkir, maupun dari retribusi yang diperoleh dari para pedagang kecil maupun lesehan yang menggunakan lapak yang telah disediakan pemerintah. (Zul)... - 05



 
KM. BEGIBUNG

KM. BEGIBUNG

Sekretariat KM. Begibung berlokasi di Dusun Bujak, Desa Bujak, Kec. Batukliang. Lombok Tengah. KM. Begibung diinisiasi oleh Zulkarna, S,Pd., MBA, Anggota: Tanzil, Azima, Tustiana dan Filza Iyama HP. 087865194075

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM Masbagik

    KM Masbagik

    24 Mei, 2015

    alternatif lain sunsetan selain di Pantai,


  • KM Kaula

    KM Kaula

    15 Desember, 2014

    jalan memang sudah mulus, tapi kalau kendala selalu saja ada, terutama hari sabtu minggu. apa gerangan kendala itu? jelas Kecimol dan gendang beleq pada event nyongkolang.ya kan?.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan