logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pesona Mayung Putik Tetap Menawan

Pesona Mayung Putik Tetap Menawan

KM. Sukamulia - Pulau Lombok merupakan salah satu kawasan pegunungan yang tinggi dan bahkan tahun 2014 ini Gunung Rinjani dinobatkan menjadi

Wisata Alam

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
11 Desember, 2014 17:13:04
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 5634 Kali

KM. Sukamulia - Pulau Lombok merupakan salah satu kawasan pegunungan yang tinggi dan bahkan tahun 2014 ini Gunung Rinjani dinobatkan menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan pulau Lombok dibanjiri oleh wisatawan asing dan domestik. Keindahan alam dan panorama lingkungannya menyebabkan Lombok menjadi tujuan wisata yang sangat diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah dan negara-negara duna.

Salah satu tujuan wisata yang banyak diminati di pulau Lombok adalah taman wisata alam yang berupa air terjun. Setidaknya ada 10 titik air terjun air terjun mempesona yang menambah khazanah wisata di pulau Lombok, diantaranya adalah Air Terjun Sendang Gila, Air Terjun Tiu Kelep, Air Terjun Tiu Pupus, Air Terjun Batara Lenjang, Air Terjun Tiu Teja, Air Terjun Jeruk Manis, Air Terjun Benang Setukel, Air Terjun Joben, Air Terjun Geripak, dan Air Terjun Mayung Putik, dan Air Terjun Mangku Sakti yang baru-baru ini ditemukan di wiayah Desa Sajang Kecamatan Sembalun.

Artikel kali ini hanya akan membahas mengenai Air Terjun Mayung Putik yang kini hanya menjadi kenangan manis bagi para pengunjung/wisatawan yang pernah berwisata ke sana. Air terjun ini berada di wilayah Administratif Desa Bilok Petung Kecamatan Sembalun. Sebelum Air terjun ini matai, ketinggian terjunnya mencapai 60 meter. Selain tergolong cukup tinggi, air yang deras menghujam ke bawah itu ternyata mengandung belerang karena berasal langsung dari Gunung Rinjani. Airnya yang berwarna putih dengan bebatuan yang indah dan curam menambah pesona wisata alam itu. Sensasi wisata alam ini sangat menakjubkan dan menggelitik nyali para pengunjungnya.

Menurut cerita orang-orang sekitar air yang berwarna putih itu mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit sebab air yang berwarna putih itu mengandung kadar belerang yang cukup tinggi. Tempat wisata ini cocok untuk didatangi beramai-ramai dengan kerabat atau teman. Sambil menikmati deburan air yang jatuh ke bumi, kita juga bisa menikmati panorama pegunungan yang menawan dengan batu-batu cadasnya yang sangat menakjubkan. Selain itu, kita bisa bercanda bersama keluarga atau kawan-kawan sambil menikmati nyanyian alam yang begitu menawan di liang telinga. Kawasan ini juga masih sangat alami dengan udara yang bersih. Pemandangan indah dan menawan karena berada di kawasan kaki pegunungan Rinjani. Pada musim liburan, banyak wisatawan yang memanfaatkan waktu luangnya untuk bersantai dan meregangkan syaraf-saraf yang regang akibat kerja dan fikiran selama menjalankan tugas. Sayangnya, semua itu tinggal kenangan sebab sejak ahir tahun 2013, air terjun ini mati total dan yang tinggal hanyalah tebing terjal dan hamparan bebatuan yang putih berkilauan.

Namun demikian, anda tidak pelu berkecil hati sebab meskipun Air Terjun Mayung Putik sudah mati akibat pembangunan PLTM di wilayah itu tetapi suasana terbing-tebing curam dan hamparan bebatuan dan sisa-sisa ceburan air terjun itu masih cukup indah untuk menghilangkan pengap anda. Akses jalan raya menuju lokasi ini juga cukup memadai, dimana jalan raya menuju lokasi Mayung Putik adalah jalan aspal yang cukup halus sehingga kita cukup nyaman menikmati perjalanan wisata di tempat itu. Suasana huma yang berjejer hijau di samping kiri kanan jalan juga begitu menawan sehingga membuat otot-otot pengelihatan kita rilex olehnya. Bagi kawan-kawan yang senang dengan dunia grafis (potografer), sisa-sisa Air Terjun Mayung Putik adalah tempat yang spektakuler sebagai background model anda demikian juga bagi kawan-kawan yang senang berkelimbing/memanjat tebing, lokasi ini cukup menantang dan menakjubkan sebagai tempat anda menguji jiwa pemanjat yang anda miliki. Oleh sebab itu, janganlah berkecil hati atas matinya mata air yang dulu tertumpah dari tebing curam menghunjam ke dasar sungai Mayung Putik.

Jika anda ingin berkunjung ke taman wisata ini, anda dapat menempuh perjalanan sekitar 2 km dari pertigaan Desa Bilok Petung yang berada di sebelah timur Puskesmas Pembantu Bilok Petung. Jika anda telah sampai di sana maka berjalanlah kea rah utara mengikuti jalan aspal yang terbentang lebar menuju ke lokasi. Jika anda telah sampai di tempat parkiran yang ditandai dengan sebuah berugak/gazebo yang berdiri tegap dibawah pohon-pohon besar maka anda tinggal turun dengan menapakkan kaki pada anak-anak tangga yang terbuat dari bahan semen dan pasir, kalau tidak salah hitung, anak tangga itu berjumlah 346. Setelah semua anak tangga anda lewati maka berjalanlah ke arah barat menyusuri sungai kering yang dipenuhi oleh hamparan bebatuan yang cukup menawan. Untuk sampai di tebing bekas luncuran Air Terjun Mayung Putik maka anda harus menyusuri sunagi sepanjang kurang lebih 500 m.

 

Baca Juga :


Perjalanannya asyk ko sebab di kanan kiri sungai terdapat tebing-tebing yang curam dengan susunan yang unik dan menawan dan jangan lupa untuk mengambil dokumen/poto anda selama berada dalam perjalanan sebab sangatlah rugi jika momen perjalanan di lokasi yang menawan itu anda siasiakan. Uihhhhhhhhhhhh, promosi kawan namun kata-kata saya ini tidaklah muluk dan jika anda tidak percaya maka ajaklah kawan-kawan anda berkunjung ke lokasi itu untuk membuktikan kata-kata promosi yang saya ucapkan. Dan jika anda betul-betul penasaran dan ingin mengunjungi lokasi ini tetapi anda tidak tahu jalan untuk kesana maka hubungilah nomor kontak atau account fb penulis, insyallah penulis akan menemani ada menikmati keindahan tempat wisata ini. Heheeeeeeeeeeeeee, kerenkan ?

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua, terimakasih atas segala perhatian, mohon maaf jika ada salah-salah kata dan Salam dari Kampung. [] - 05

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan