logoblog

Cari

Pesona Pantai Baturusung

Pesona Pantai Baturusung

(19/11)Pantai adalah potensi  terbesar pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat dengan nilai historis dan budaya tersendiri. Pantai Baturusung/Baturengala adalah salah satu lokasi pantai

Wisata Alam

Tiffa_baingna
Oleh Tiffa_baingna
19 November, 2014 15:09:41
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 13124 Kali

Pantai adalah potensi  terbesar pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat dengan nilai historis dan budaya tersendiri. Pantai Baturusung/Baturengala adalah salah satu lokasi pantai indah nan permai di ujung Desa Kertasari Kecamatan Taliwang. Berjarak sekitar 15 Km dari Kota Taliwang, dengan kondisi jalur transportasi berupa jalan pengerasan hingga ke ujung pantai. Lokasi ini cukup mudah untuk dijangkau oleh pengunjung nantinya. Saat ini sedang dalam tahap pengaspalan, namun tak mengurangi daya tariknya bagi pengunjung.

“Asal-usul disebut Baturengala/Baturusung adalah karena keberadaan gunung yang ada di lokasi tersebut yang menjulang dan bentuknya seperti “rengala” (sejenis kayu yang dibentuk sedemikian rupa dan diletakkan  di atas punuk 2 ekor kerbau untuk membajak tanah pertanian-red)” ujar Burhanuddin, SH, Kepala Desa Kertasari.

Ibarat gadis desa nan cantik alami, pantai ini kian eksotis di sore hari dengan pemandangan sunsetnya yang memanjakan mata. Debur ombak yang tenang, air laut yang jernih dan pasir putih yang bersih membuat lokasi ini layak untuk dipromosikan sebagai lokasi wisata berpotensi. Tak hanya cocok untuk wisata keluarga, lokasi ini juga cocok bagi para pecinta surfing. Uniknya, Pantai ini seakan terpecah dua sisi. Di Satu sisi dengan ombak yang tenang sementara sisi yang lain dengan ombak dahsyat yang bergulung-gulung. Belum ada fasilitas apapun di lokasi ini bagi pengunjung, baik pusat jajanan ataupun fasilitas penginapan.

Mayoritas penduduk Desa Kertasari berasal dari suku Bugis Selayar dengan mata pencaharian 90 % Petani Rumput Laut. Selain penghasil rumput laut dengan kualitas tinggi, Desa Kertasari  juga merupakan Sentral Pembibitan Kelapa Hibrida dan penghasil Jagung terbesar selain Kecamatan Poto Tano.

 

Baca Juga :


“Kami berencana akan mengembangkan agromina wisata yaitu  memadupadankan potensi wisata pantai Baturusung/Baturengala ini dengan wisata rumput laut. Jadi, Pengunjung yang datang ke pantai ni bisa mencoba langsung panen rumput laut bersama-sama petani rumput laut di Kertasari. Harapan kami, dengan program ini akan meningkatkan jumlah pengunjung ke Desa Kertasari khususnya pantai Baturusung ini sehingga dapat meningkatkan dan memberdayakan ekonomi masyarakat Desa Kertasari” Pungkasnya lagi. [] - 05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan