Cari

Tutup Iklan

Air Terjun AI KETIMIS, pesona dalam galau

Air Terjun AI KETIMIS, pesona dalam galau

 Rampak Nulang;     Libur sekolah yang bertepatan dengan libur akhir tahun, air terjun Ai Ketimis ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat. Tak hanya

Wisata Alam

Air Terjun AI KETIMIS, pesona dalam galau

Air Terjun AI KETIMIS, pesona dalam galau

KM. Rampak Nulang
Oleh KM. Rampak Nulang
26 Desember, 2013 12:18:27
Wisata Alam
Komentar: 0
Dibaca: 4652 Kali

 Rampak Nulang;

    Libur sekolah yang bertepatan dengan libur akhir tahun, air terjun Ai Ketimis ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat. Tak hanya warga sekitar, pengunjung dari Kota Sumbawa Besar juga ramai mengunjungi air terjun ini. Berada di sebelah barat Desa Pernek Kecamatan Moyo Hulu atau sekitar 20 menit dari Sumbawa Besar, Ai Ketimis menyajikan pesona penuh sensasi ketika kita merasakan derasnya aliran air terjun ini. Hal ini disebabkan oleh kemiringan tanah dan tingginya debit air yang ada.

Tampak para pengunjung sangat menikmati suasana liburan mereka. "selain jaraknya cukup dekat dari kota, akses jalannya juga cukup baik ke tempat ini" demikian alasan seorang ibu yang menemani anaknya mengunjungi air terjun ini. Selain itu, di Desa Pernek, pengunjung juga dampat membeli penganan Pernek yang sudah terkenal di Sumbawa karena cita rasanya yang khas berupa "Poteng" atau yang biasa kita kenal dengan tapai ketan.

      Namun sayangnya keberadaan air terjun ini hanya dapat dinikmati pada musim hujan saja, saat musim kemarau debit airnya sangat berkurang drastis dan air terjun ini berlalu dari pandangan. Kondisi ini disebabkan oleh minimnya ketersediaan sumber mata air dikarenakan berkurangnya area hutan dibagian hulu akibat penebangan pohon secara liar.

Baca Juga :


      Perlunya tindakan prefentif dari pemerintah desa setempat dan bekerjasama dengan dinas terkait untuk mengambil solusi dalam melestarikan serta mengembangkan kawasan hutan didaerah ini agar kelangsungan dan keberadaan air terjun Ai Ketimis tetap terjaga sehingga pesonanya dapat terus dinikmati sepanjang tahun. (rp)



 
KM. Rampak Nulang

KM. Rampak Nulang

KM Rampak Nulang didirikan tanggal 2 Nopember 2011. Mengusung semangat "menyampaikan informasi secara ringan, inspiratif dan edukatif. Email: goranspatisamba@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan